0
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Sekalian aja deh ya cerita pengalaman pribadi selama jadi relawan salah satu beasiswa #CegahPutusSekolah. Semoga bisa jadi salah satu cara bersyukur dengan keadaan kita sekarangπŸ˜ŠπŸ™πŸ»
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Saya sendiri udah 3tahun jadi relawan beasiswa Anak-Anak Terang @beasiswaaat dan kerjaan saya itu sebelum Anak Asuh itu diterima, kita harus melewati seleksi wawancara dulu sama calon Anak Asuh dan mereka cerita tentang kehidupan mereka #CegahPutusSekolah
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Saya dan teman2 relawan lainnya mewawancarai ke sekolah yg jaraknya berpuluh-puluh kilo meter dari tempat asal kita. Dan selalu naik motor. Gak kebayang bokong jadi apaan dah tuh😫 #CegahPutusSekolah
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Gak kebayang lepeknya badan, kena matahari, dan asap selama di jalan. Berangkat cantik sampe sekolah lusuh. Dan harus dalam mood yg bagus karna harus dengerin cerita mereka dengan seksama. Gak cuma setengah jam. Kadang ada yg sampe sejamπŸ˜… #CegahPutusSekolah
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Lewat cerita merekalah saya gak berhenti mengucap syukur dengan keadaan saya kemarin dan hari ini. Yg kadang suka ngeluh, denger cerita mereka saya jadi malu. Baiklah kita mulai cerita calon Anak Asik yg pernah saya wawancarai selama jadi relawan #CegahPutusSekolah
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Jadi saya pernah mewawancarai salah satu anak laki-laki yg mempunyai 9 saudara. Jadi dia anak ke 4 dari 10 bersaudara. 3 kakaknya masih sekolah di SMA. Adik adiknya masih duduk di bangku SMP dan SD. Orang taunya bekerja sebagai kuli bangunan. Sedangkan Ibunya sakit sudah 3tahun
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Bayaran bapaknya aja setengah juta enggak sampe😭😭 tapi harus memenuhi kebutuhan sehari2 anaknya dan kebutuhan sekolah anak2nya. Gak kebayang itu uang lewatnya gak ada lebih dari 5detik kayaknya. Dari cerita anak tsb dia bilang uang sekolahnya di bayar secara berurutan -cont-
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Jadi kalo bulan kemaren bayar uang sekolah anak yg ke-5, berarti bulan depan bayar uang sekolah anak yg ke-6😱 dan seterusnya bgtu. Ini berapa total tunggakannya ya kalo begitu 😭😭
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Cerita dari anak yg lain adalah dia bayar sekolah dengan uang kerja kerasnya sendiri. Pas pertama kali dia bilang bgtu saya kira kerjanya dia lumayanlah ya (misal montir bengkel), ternyata kerjanya ngarit (ngumpulin) rumput buat di jual ke tetangganya yg punya sapi atau kambing
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Bayarannya cuma 10rb/karung, pas denger saya langsung ngitung biaya sekolahnya dia sama yang hasil kerjanya. Yg ada itungan saya itu MINUS!! Iya MINUS. Gak ada lebih superset pun😭
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Sehari bisa dapet 2-3karung. Paling banyak 5karung. Karna kalo gak ada rumput liat di deket rumah ya. Dia nyari ke desa sebelah. Belum lagi berebut rumput sama orang lain yg punya sapi atau kambing😭rumput aja berebutan coba
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Pas saya Tanya orang tuanya kemana, dia bilang orang tuanya jadi TKI dari dia masih bayi. Dia tinggal sama neneknya. Dan neneknya pun udah pikun. Jadi sebelum berangkat sekolah dia masak dulu buat neneknya. Pulang sekolah masak lagi buat makan siang. Setelah itu ngarit rumput
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Pulang ngarit cari orang yg mau beli rumputnya. Karna kalo di desa kadang orang udah cari rumput sendiri kan. Kalo laris pulang kerumah lebih cepet. Kalo enggak ya sampe rumah baru isya. Pulang2 masak buat makan malem. Nyuci. Belajar. Baru tidurπŸ˜”
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Pas saya wawancara dia, seragamnya tuh udah tipis bgt. Ketarik langsung robek yg adaπŸ˜”aroma badannya, gak sedap bgt. Bau keringet gtu. Karna mungkin bajunya dicuci seminggu sekali aja. Karna dia cuma punya satu seragam. Yaitu putih abu2 aja. Seragam lainnya gak kuat nebus.
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Cerita dari anak lainnya itu adalah dia anak yg gak tau siapa ibunya dan bapaknya. Karna dia dari lahir tinggal di sebuah panti asuhan. Waktu saya tanya dia tinggal sama siapa Skrng dia langsung nangis. Nangis sejadi-jadinya. Info dari gurunya dia itu anak periang bgt -cont-
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Nangis? Gk pernah. Tapi hari itu pas saya belum wawancara dia, dia udah langsung nangis dluan. Sampai saya ngebiarin dia nangis dulu baru saya ajak bicara. Tapi setelah dia nangis, dia yg tanya ke saya duluan. Dan pertanyaannya bikin saya gak bisa jawab. Dalam hati saya nangis😭
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Pertanyaannya dia adalah "salah saya apa sih Kak? Kenapa orang tua saya gk mau membesarkan saya? Kenapa orang tua saya pergi ninggalin saya? Kenapa orang tua saya naro saya di panti asuhan? Emang saya salah ya kak? Saya berdosa kah kak? Sampe orang tua saya sendiri ninggalin" GOD
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Dan saya gk bsa jawab pertanyaannya😭 saya pegang tangannya biar dia tenang. Gak lama dia ngomong lagi "gak usah di jawab kak. Karna aku udah tanya ke lebih dari 10 orang dan mereka gak bsa jawab pertanyaan aku". Dada saya makin sakit karna nahan nangis. Wey nangis nih beneran😭
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
"Kalo aku pada akhirnya cuma di buang kenapa dulu aku dilahirin kak?" dan masih banyak kata kata dan pertanyaan dia yg bikin saya kaku seketika. Saya pancing dengan Tanya cita2nya, dan dia jawab "cita2 ku mau cari orang tua aku kak. Kok rela ninggalin aku sendirian"😭😭
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Saya akhirnya bsa ngomong juga, setelah mulut kaku nahan nangis, saya jawab "semua disini sayang sama kamu. Bu guru. Pak guru. Temen sekelas kamu. Jangan sedih lagi. Mereka semua disini ada buat kamu" dia cuma bisa nunduk aja.
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Dia bilang dia suka iri dan cemburu sama anak anak lain yg bsa manja manjaan ke orang tuanya. Katanya kalo ambil Rapot yg lain sama orang tuanya. Dia sendirian aja. Karna ibu asuhnya di panti asuhan gak selalu bsa ngambilin. Anak ini baru SMP kelas 1 waktu saya wawancarai.
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Cerita anak asuh lainnya ini dari Kupang pergi ke pulau Jawa demi buat sekolah aja. Baru lulus SD. masih bocah bgt ini anak tapi udah jauh sama orang tuanya demi biar bisa sekolah. Orang tuanya gak rela sebenernya. Cuma karna emang gak bisa ngebiayain sekolah ya mau Gmana lagi.
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Dia bilang, "aku gak mau kak jadi kayak anak2 disana. Kalo sekolah itu setelah bantu orang tua dari kebun. Pulangnya aja sore kak. Masa mau sekolah sore2. Paling lama sekolah disana itu 3bulan kak. Habis itu gak masuk2 sekolah lagi".
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Pas di tawarin sekolah gratis di pulau Jawa dia langsung bilang iya tanpa persetujuan orang tuanya. Pas waktu pihak sekolah ke rumah anak ini orang tuanya gak setuju. Tp anak ini tetep pengen sekolah. Dia bilang ke orang tuanya "kalo aku sekolah. Aku bisa lebih baik dr sekarang"
tik πŸ€ #DAY_OUT πŸŒΊπŸŒ™ @ponyomymood
Akhirnya pihak sekolah bawa dia dan 7anak lainnya ke Jawa. Awalnya mereka bilang takut. Tp mereka terus berdoa, Tuhan bakalan melindungi mereka karna mereka niat mau sekolah. Mereka tinggal di asrama sekolah. Semua kebutuhannya dari para donatur, buku sampai baju sehari2
Load Remaining (18)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.