1
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
Ngabuburit hari Minggu ini asyiknya ngapain, ya? Pantengin TL Twitter aja, karena @chirpstory_ed bakal ngobrol seru seputar Diet Berpuasa & Mitosnya bareng dokter kece dr @GiaPratamaMD, hari ini 3 Juni 2018 dari jam 16.30 sore! Bakalan seru lho, jadi jangan sampai kelewatan yaa~ pic.twitter.com/HSb2EQt8Ar
Expand pic
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
Haloo Dokter @GiaPratamaMD, lancar Dok puasanya? Tiap Ramadhan segala macam kuliner unjuk diri buat dilahap. Godaan banget. Bukannya sehat dapat badan ideal, tapi kok makin melebar ke samping dan depan. Timbangannya salah atau apa ya Dok? Naik mulu😑
dr. Gia Pratama #Perikardia @GiaPratamaMD

Head of Emergency Room, Entrepreneur, Story Teller, Traveller, Syafira's Husband. penulis Novel #BERHENTIDIKAMU dan #PERIKARDIA. Pengabdi Kemanusiaan. #GGMU

dr. Gia Pratama - Buku #Perikardia open PO sd 8/12 @GiaPratamaMD
@chirpstory_ed Hallo min. Puasa sejatinya adlh alat kita merubah hal2 yg kurang baik spt mkn berlebihan, bkn hnya MeNahan Lapar, "nih aku tahan nih aku tahan" trus pas Magrib Brutal lg mknnya. Udh gitu diawali sm mkn sahur yg byk kyk ketakutan klaparan. Ya psti mlh jd lébaran pas Lebaran nanti.
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
@GiaPratamaMD Intinya asupan makan malah gak terkontrol gitu ya Dok? Tapi gimana buat yg kurus, pengen naikin berat badan pas puasa, makan yang disengaja nambah porsinya itu baik tidak atau ada cara menyiasatinya? Pilihan makanannya mungkin, Dok?#RamadanCSBarengGiaPratamaMD
dr. Gia Pratama - Buku #Perikardia open PO sd 8/12 @GiaPratamaMD
@chirpstory_ed Kita harus bedakan makan berlebihan dengan makan sembarangan, untuk naik berat badan perlu makan yg lebih dari yg tubuh butuhkan tapi bukan makanan yg full gula. Yg terjadi tdk membesar tp malah membuncit. Pilihan makanannya adalah yg tinggi Protein dengan jumlah yg banyak.
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
@GiaPratamaMD Nah itu dia. Ada anjuran “berbukalah dengan yang manis”. Kalau dari kacamata kedokteran, itu anjuran relevan gak saat berbuka? Bukanya kolak, minumnya sirop, makannya nasi yg banyak glukosa juga udah pasti tiap hari ketika puasa #RamadanCSBarengGiaPratamaMD
dr. Gia Pratama - Buku #Perikardia open PO sd 8/12 @GiaPratamaMD
@chirpstory_ed berbukalah dengan yang manis adalah ungkapan marketing dari perusahaan minuman, bukan saran Medis sama sekali. Yg benar adalah berbukalah dengan yang Segar, buah potong asli tnpa kuah krim kntal manis, Kurma, Air Putih hangat dan sesekali Teh hangat dgn gula ga lebih dari 5 gr.
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
@GiaPratamaMD Noted nih, Dok. Jadi salah kaprah banget dong budaya kita selama ini. Tapi kok air hangat yang disaranin Dok? Tanya deh followers dr. Gia, pasti keseringannya banyak pake es, apakah karena bikin cepat naik berat badan jugakah? #RamadanCSBarengGiaPratamaMD
dr. Gia Pratama - Buku #Perikardia open PO sd 8/12 @GiaPratamaMD
@chirpstory_ed Bkn krna naikin BB tp krn kondisi lambung kita setelah lbh dari 13 jam kosong itu mengecil,pembuluh darahnya pun secara diameter lbh kecil dari biasanya, air dingin spt Es batu itu lbh mengecilkan lg pembuluh drh dan itu tdk baik utk kesehatan. Baiknya air hangat terlebih dahulu.
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
@GiaPratamaMD Air hangat, baru kalo mau air es. I see. Mitos mengantuk di siang hari saat puasa itu disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi saat sahur, itu benar atau tidak? Abis solat subuh suka kesiangan malah 😅 #RamadanCSBarengGiaPratamaMD pic.twitter.com/O9NFQxZ8es
dr. Gia Pratama - Buku #Perikardia open PO sd 8/12 @GiaPratamaMD
@chirpstory_ed Betul min, Jumlah dan jenis makanan sahur kita sangat amat berpengaruh. Semakin tinggi indeks glikemik dari makanan yg kita makan dan semakin berlebihan yg kita makan saat sahur, semakin kita cepat lelah dan mengantuk siang harinya. pic.twitter.com/0m6jN7YPeM
Expand pic
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
@GiaPratamaMD Wah, maafkan threadnya terputus 🙏 bahasan lanjutannya bisa disimak di sini 👇 twitter.com/chirpstory_ed/…
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
Indeks glikemik berkaitan dengan makanan mengandung kalori ya, Dok. Cara sederhana buat mengukurnya secara praktis saat sahur gimana dong supaya pas dengan kebutuhan tubuh tiap orang? #RamadanCSBarengGiaPratamaMD twitter.com/GiaPratamaMD/s…
dr. Gia Pratama - Buku #Perikardia open PO sd 8/12 @GiaPratamaMD
@chirpstory_ed Indeks glikemik itu kecepatan suatu makanan berubah menjadi gula di dlm darah. Dan betul biasanya kalorinya juga tinggi. Contoh makanan yg rendah iG nya adalah sayur2an, daun singkong, daun kangkung,buah2an salak dll. Telur ayam jg rendah.
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
@GiaPratamaMD Kalo terpaksa tidur, karena malamnya taraweh atau lembur kerja gak apa-apa tidur abis subuh Dok? Apalagi kita yang di Jabodetabek nih, sambil di busway atau KRL bobo cantik dulu pas mau ke kantor😂 ~ini gak pas puasa doang, hehe... #RamadanCSBarengGiaPratamaMD
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
@GiaPratamaMD Oiya kalau temen-temen ada yang kepo dan mau nanya-nanya lansung ke dr Gia soal diet dan mitos-mitosnya, boleh banget lho~ Reply langsung aja ya di thread ini 🙌
dr. Gia Pratama - Buku #Perikardia open PO sd 8/12 @GiaPratamaMD
@chirpstory_ed Hehe iya, Ada perbedaan signifikan secara fisiologis tubuh manusia saat tdr pules dgn saat terjaga, khususnya di organ2 dalam dan otot2. Bila kita setelah makan lgs tidur lagi, mknan td tdk 'dibutuhkan' otot2 dan organ2 kita, sehingga akan menumpuk menjadi lemak dibawah kulit.
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
@GiaPratamaMD Alamat deh diet lewat puasa gagal... Eya, kepo boleh ya. Ada pengalaman unik yg mengharuskan pasien dr Gia tidak puasa Ramadan karena kondisi medis, semisal ada yg ‘bandel’ tetap puasa sehingga kesehatannya terganggu/bahkan sampai kritis? #RamadanCSBarengGiaPratamaMD
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
@GiaPratamaMD Nah karena sudah waktunya berbuka, diskusi serunya kita jeda sejenak dulu ya~ Diskusinya akan kita lanjutkan setelah berbuka, jadi terus pantau timeline ya 😊 #RamadanCSBarengGiaPratamaMD selamat berbuka puasa sehat buat dr Gia dan netizen sekalian 🙏
dr. Gia Pratama - Buku #Perikardia open PO sd 8/12 @GiaPratamaMD
@chirpstory_ed Iya mohon maaf terpotong, saya d buka puasa dulu, trus sholat jamaahan sm istri lanjut ngaji bareng. Skrg udh bisa jawab lagi.
dr. Gia Pratama - Buku #Perikardia open PO sd 8/12 @GiaPratamaMD
@chirpstory_ed Iya betul, puasa hanya wajib bagi yang mampu, byk keringanan bagi yg tdk mampu, khususnya yg sakit. Ada byk pasien saya yg memaksa puasa saat demam tinggi, pdhl naik 1 derajat suhu menaikkan 10% kebutuhan cairan, alhasil dia dehidrasi dan malah harus "diguyur" infusan.
Chirpstory Editor @chirpstory_ed
@GiaPratamaMD Buat catatan nih, puasa ramadhan juga bisa diganti dengan fidyah/ganti waktu lain kan yha Dok 😬. Trus, emang benar para dokter biasanya "panen" pasien pasca lebaran Dok, gegara pola makan amburadul saat buka dan sahur? #RamadanCSBarengGiaPratamaMD
dr. Gia Pratama - Buku #Perikardia open PO sd 8/12 @GiaPratamaMD
@chirpstory_ed Betul min. Puasa adalah perisai penyakit bila kita gunakan dengan tepat.
Load Remaining (5)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.