0
Story "Prihatinnya Atas Tercecernya E-KTP 'Rusak' Menurut Dirjen Dukcapil Di Bogor" by @Mardan.. Chirpified By @M4ngU5il BACA ~~> https://chirpstory.com/li/378814 1520 pv 14
Mardani Ali Sera @MardaniAliSera
1. Saya masih banyak ditanya wartawan tentang kasus EKTP yg tercecer. Pertanyaan seperti Adakah potensi kecurangan pilkada & pemilu?, bagaimana agar ini tak terjadi? bagaimana tanggapan melihat kasus ini?
Mardani Ali Sera @MardaniAliSera
2. Saya jwb agak panjang, Kasus ini serius. EKTP itu byk fungsi, program rujukn dari byk fungsi. Bukan cuma fungsi kependudukan, tapi fungsi pengentasan kemiskiann, fungsi kesesuaian pajak hingga fungsi kepemilikan lahan dlm bentuk sertifikat dasarnya single indentity number ini.
Mardani Ali Sera @MardaniAliSera
3. Fakta bahwa ada 800rban KTP el yg disebut invalid atau rusak dan teronggok begitu saja di gudang Kemendagri di Semplak selama beberapa tahun adalah sebuah bukti betapa pengelolaan data penting ini tidak profesional.
Mardani Ali Sera @MardaniAliSera
4. Sesudah beberapa tahun dan ramai di media, baru akan digunting. Padahal kita tidak dapat paspor baru sebelum paspor lama digunting. Begitupun buku tabungan atau kartu atm kita. Semua punya SOP yang jelas karena KTP el ini memiliki data diri yang lengkap dan bersifat rahasia.
Mardani Ali Sera @MardaniAliSera
5. Fakta lain bahwa untuk dapat mengetahui ktp el ini aspal (asli tapi invalid dan salah) tidak dapat dideteksi dengan mata telanjang. Harus ada card reader yg tdk setiap lelurahan punya. Jangan anggap remeh masalah ini. Pemerintah bermain api jika menganggap masalah ini kecil.
Mardani Ali Sera @MardaniAliSera
6. Sesudah negara mewajibkan warganya menyetor data diri termasuk sidik jari dan biometriknya maka tugas negara menjaga data ini. Pengelolaaan di Semplak menunjukkan Pemerintah gagal menjaga kerahasiaan ini.
Mardani Ali Sera @MardaniAliSera
7. Bersama dengan kasus TKA, gaji yang melangit dari BPIP hingga hutang luar negeri yg meroket, dan masalah2 lain, tidak salah kalau gerakan #2019GantiPresiden kian diterima oleh masyarakat luas.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.