2
Terry Perdanawati @tey_saja
โ€œPernah gak sih ketemu orang Yahudi?โ€ Sesungguhnya saya udah lama pingin cerita ttg ini. Tp ragu2 krn biasanya ini isu jd sensitif bgt. Tp buat belajar dan melebarkan pengetahuan boleh lah ya. Btw, klo kamu baperan atau sensian, mending gak usah diterusin bacanya ya ๐Ÿ˜‰
Terry Perdanawati @tey_saja
Sblm saya cerita interaksi saya dgn org Yahudi di AS, saya mau ksh tau bbrp istilah dulu supaya lebih mudah memahami cerita saya. โ€œYahudiโ€ bisa berarti dua hal: (1) keturunan suku Yahudi, disebut Jewish atau (2) org yg menganut agama Yahudi, agamanya disebut Judaism. CMIIW
Terry Perdanawati @tey_saja
Sedangkan Zionist adlh org yg menganut Zionism, gerakan org Yahudi untuk kembali ke Jerusalem sebagai tanah suci mereka dan mendirikan negara Yahudi di sana, yg dinamakan negara Israel. CMIIW Knp saya mesti jelasin dulu istilah2 ini? Krn ada hubungannya sama cerita saya.
Terry Perdanawati @tey_saja
Tdk semua keturunan suku Yahudi beragama Yahudi (Judaism), salah satunya adlh kenalan saya, dia Christian Jew, alias keturunan Yahudi tapi agamanya Kristen. Juga, tdk semua penganut agama Yahudi (Judaism) selalu keturunan suku Yahudi, contohnya Ivanka anaknya presiden AS.
Terry Perdanawati @tey_saja
...dan tidak semua orang keturunan Yahudi (Jewish) dan penganut agama Yahudi (Judaism) selalu mendukung Zionism. Salah satunya tmn akrab saya. Nanti ada bagian saya ceritain khusus ttg dia. Bagian ini penting dipahami supaya nggak menggeneralisasi dan supaya nambah pengetahuan.
Terry Perdanawati @tey_saja
Org Yahudi pertama yg saya temui di AS adlh juga org yg menjemput kami di bandara sesampainya kami di Minnesota. Beliau dosen pembimbingnya PakJay. Beliau keturunan Yahudi dan beragama Yahudi. Eh lupa blm bilang ya, garis keturunan Yahudi itu diturunkan dr ibu, bkn ayah.
Terry Perdanawati @tey_saja
Profesor satu ini ibunya keturunan Yahudi, jd dia secara keturunan adlh Yahudi, dan agamanya jg Yahudi. Tp beliau org pertama yg hubungi saya waktu saya ngalami jd korban Islamophobia, dia belain saya. Beliau pernah mengundang kami makan di rmhnya & memastikan sajiannya halal.
Terry Perdanawati @tey_saja
Beliau suka memasak, sama seperti saya. Jd suka ngobrol ttg masak-memasak. Tapi kami berbeda pendapat ttg konflik Palestina-Israel. Krn itu, kami lebih sering ngobrolin masakan atau hal lain, atau ttg Amerika. Beliau jg profesor American Studies, ilmu yg saya pelajari di S2.
Terry Perdanawati @tey_saja
Intinya, bergaul dengan beliau mah asyik aja. Cuma saya menghindari obrolan perkara konflik Palestina-Israel, soalnya udah jelas berbeda pendapat. Walau pun demikian, dia tahu kok saya dan Pak Jay pny pendapat berbeda dari dia, tp ya woles aja. Secara hubungan sosial ttp baik.
Terry Perdanawati @tey_saja
Org Yahudi kedua yg saya temui di AS adlh teman kosan kami dulu wkt ngekos di rmh pak tentara. Sesungguhnya dia bkn keturunan Yahudi asli, krn yg Yahudi adlh bapaknya, ibunya bkn keturunan Yahudi. Agamanya jg bkn Yahudi, tp Kristen.
Terry Perdanawati @tey_saja
Walaupun dia Kristen, tapi terbiasa masak makanan kosher di rmhnya. Kosher itu aturannya ada yg mirip halal, tapi ya gak sama persis. Bagian ini, saya beruntung krn kalau dia masak makanan khoser, pasti lah tdk masak pakai babi. Lumayan bisa gantian pakai alat masaknya ๐Ÿ˜‰
Terry Perdanawati @tey_saja
Dia ini mbak-mbak ilmuwan, kerja di salah satu lab di Minnesota. Barusan pindah dr Chicago wkt itu, jd dia ngekos dulu sementara sebelum beli rmh. Orgnya baik & kami sering ngobrol di dapur. Dr dia, saya jd tahu ttg aturan kosher yg bnyk bgt ternyata. Lebih rumit dr yg ku kira.
Terry Perdanawati @tey_saja
Yg ketiga, adlh teman akrab saya. Temannya Pak Jay juga. Hobi menanam cabe. Keturunan Yahudi, ibunya Yahudi, tapi dia dlm hal agama aku tak tau dia agamanya apa. Pokmen rumit, dan yg jelas bkn agama Yahudi. Uniknya lagi, dia ini anti zionisme dan terang-terangan lagi.
Terry Perdanawati @tey_saja
Bahkan dia ini pernah nulis di FB kalau dia menyerukan boikot Israel. Bagian ini, dan juga ttg makanan, tentang bacaan, dan tetang remeh-temeh lainnya, kami bnyk sepakatnya. Walaupun ku tak sepakat bhw cabe yg dia tanam lebih pedas drpd jempol netijen. #halah
Terry Perdanawati @tey_saja
Selain org2 yg sudah saya ceritain di atas, sebetulnya mungkin kami punya teman2 lain yg keturunan Yahudi atau beragama Yahudi (atau keduanya), tapi gak sadar ya krn di mamahrika kan gak kepo nanya2 org ttg agama juga gitu lah klo gak akrab-akrab bgt.
Terry Perdanawati @tey_saja
Intinya sih, meskipun bnyk sentimen antar umat beragama Islam-Yahudi (dan juga agama Kristen/Katholik), tapi sbnrnya sama2 penganut agama Samawi. Kalau mereka gak nyenggol, saya ya woles. Hidup berdampingan aja lah, masing-masing aja gitu. Lakum dinukum waliyaddin.
Terry Perdanawati @tey_saja
Kalau ada yg mulai ngedebat ttg agama gmn? Saya ngikut Quran aja (29:46), berdebat dgn cara yg baik dgn ahli kitab kecuali dgn mereka yg zalim. Kalau sama yg zalim? Eike dadah babay aja. Gak usah naggepin. Krn Gusti Allah lebih suka org meninggalkan perdebatan kan? ๐Ÿ™๐Ÿป
Stemawa_gokeel @Stemawa_gokeel
@tey_saja udah mb, lanjutin dl ceritanya. Klo ada yg nanya skip dlu. Kentang nih
Terry Perdanawati @tey_saja
@Stemawa_gokeel Waaa... Mau apalagi ya yg diceritain? Saya malah jadi bingung.. ๐Ÿ˜…
Stemawa_gokeel @Stemawa_gokeel
@tey_saja oh, td udh ending toh, kirain msh bersambung. Wkwk
Terry Perdanawati @tey_saja
@Stemawa_gokeel Saya malah bingung mau cerita apalagi krn pertemanan kami ya biasa aja kayak pertemanan pada umumnya. Mungkin saya tambahin sedikit lagi deh ya....
Fadhlan Basiluddin R @FadhlanBR
@tey_saja @Stemawa_gokeel Boleh dijelaskan mungkin mbak dicerita orang yahudi pertama, letak perbedaan pendapat terkait konflik israel-palestinanya dimana hehe Biar sudut pandangnya semakin luas
Terry Perdanawati @tey_saja
@FadhlanBR @Stemawa_gokeel Kami sepakat bhw konflik Palestina-Israel adl konflik politik bkn konflik agama. Tp beliau pendukung zionisme & kebijakan2 Israel. Klo saya, pendudukan wilayah Palestina oleh Israel selain yg tertuang di perjanjian thn 1967 adlh ilegal. Klo didebatin gak bakal selesai ๐Ÿ˜…
Fadhlan Basiluddin R @FadhlanBR
@tey_saja @Stemawa_gokeel Yaa begitulah mbak. Tetap dgn pendirian mbak saja. Terimakasih atas penjelasannya mbak ๐Ÿ™
Terry Perdanawati @tey_saja
@FadhlanBR @Stemawa_gokeel Sama-sama. ๐Ÿ™๐Ÿป Ya memang beda pendapat itu gak apa-apa kok ya. Kalau udah beda yg prinsip bgt dan gak bisa disamakan lagi ya tidak perlu dipaksakan. Biarin aja berbeda. ๐Ÿ˜
Load Remaining (36)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.