Created on App

(BEWARE SPOILER) Penasaran Dengan Novel Bumi Manusia, Berikut Review Singkat Cerita Romance Tragis yang Akan Diperankan Iqbal

Thread by @mingdongbanga
3
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

. 🌙『 BUMI MANUSIA 』🌙 This Earth of Mankind . sebuah thread perkenalan singkat untuk yg mendadak tertarik ttg novel ini karena akan difilmkan dan tokoh utamanya diperankan oleh Dilan (Iqbaal) namun terlalu mager untuk membuka google 😂 . pic.twitter.com/iLRdAbeWDN

26/05/2018 23:38:49 WIB
Expand pic
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Bumi Manusia atau This Earth of Mankind, adalah sebuah novel karya Bapak Pramoedya Ananta Toer (1925-2006) yg diterbitkan pertama kali pd tahun 1980. Buku ini merupakan buku pertama dari 'Tetralogi Buru', yg beliau tulis ketika beliau berada di dalam tahanan di Pulau Buru (1975).

26/05/2018 23:47:09 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Sebelum ditulis (1975) cerita di dalam buku ini telah terlebih dahulu beliau ceritakan (lisan) kepada teman-temannya sejak tahun 1973. keempat judul Tetralogi Buru adalah: - Bumi Manusia - Anak Semua Bangsa - Jejak Langkah - Rumah Kaca

26/05/2018 23:52:37 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Pada 1 tahun sejak awal penerbitannya (1980-1981) buku ini telah mengalami cetak ulang sampai 10 kali, lalu kemudian dilarang untuk beredar oleh Jaksa Agung pada masa itu. Sampai sekarang, buku ini tercatat telah diterjemahkan ke 33 bahasa.

26/05/2018 23:52:38 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Untuk mengetahui lebih lanjut sejarah perjalanan buku ini dari Indonesia - keliling dunia, dan segudang penghargaan dan gelar kehormatan yg diberikan berbagai negara dan asosiasi kepada Bapak Pram karena telah menulis masterpiece ini silahkan kunjungi google/wikipedia.

26/05/2018 23:58:00 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

"So, ini buku/novel apa sih? Genrenya apa? Ceritanya tentang apa? Se-legendaris itu?" Well, untuk genre, menurut wikipedia, genrenya adalah Novel Sejarah. karena setting cerita di novel ini adalah Indonesia / Hindia Belanda pada masa Kolonialisme (1898-1918).

26/05/2018 23:58:03 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

"Ceritanya?" Kalau boleh aku bahasakan dengan lebih sederhana, ceritanya adalah romance, life tragedy/tragic romance maybe? Tentang kehidupan dan kisah cinta yg berakhir tragis karena status kewarganegaraan. semoga aku nggak kurang ajar mendeskripsikannya demikian 😂

27/05/2018 00:02:21 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

"Intinya aja deh, si Iqbaal/Dilan jadi siapa?" Iqbaal a.k.a Dilan Sejuta Umat 😂 dia akan memerankan tokoh terpenting alias tokoh utama pria dalam novel ini. Tokoh inilah yg akan mengalami perjalanan panjang betapa tragisnya kehidupan pada cerita itu.

27/05/2018 00:15:02 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Dia adalah Minke. Pria pribumi berpendidikan, anak seorang Gubernur/Bupati (?) yg bersekolah di HBS (pada waktu itu hanya orang2 keturunan Eropa yg bisa bersekolah di sana, namun karena orang tua Minke adalah orang yg cukup berkepentingan di Jawa, maka ia bisa bersekolah di HBS.

27/05/2018 00:15:03 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Cerita dimulai ketika Minke dan Robert Suurhof (temannya) berkunjung ke rumah seorang hartawan Belanda bernama Herman Mellema, rumah sekaligus peternakan/pertanian bernama Boerderij Buitenzorg, yg sangat terkenal sehingga seluruh penduduk Wonokromo, Surabaya mengetahuinya .

27/05/2018 00:25:54 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Perusahaan Pertanian ini dikelola oleh Nyai Ontosoroh (tokoh penting berikutnya setelah Minke), Nyai adalah gundik/selir/istri/wanita pribumi yg dinikahi oleh Herman Mellema saat di Indonesia. (sebenarnya menurutku kisah di Bumi Manusia ini Nyai-centric sekali karena..)

27/05/2018 00:25:55 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

(...karena semua ketragisan cerita ini bersumber dari status Nyai). ya, Herman Mellema sebenarnya telah memiliki keluarga dan istri sah di Belanda. Namun saat di Indonesia ia menikah dengan gadis pribumi bernama Sanikem, yg kemudian dipanggil Nyai Ontosoroh.

27/05/2018 00:34:35 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Tidak menikah secara bahagia dan sukarela, karena sebenarnya Sanikem, kembang desa Sidoarjo ini dijual oleh Bapaknya sendiri saat masih berumur 14 tahun kepada Tuan Besar Herman Mellema demi mendapatkan jabatan yg lebih tinggi.

27/05/2018 00:34:37 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Padahal Bapak nya Sanikem ini jabatannya sudah termasuk tinggi bagi pribumi yg biasanya hanya jadi buruh di pabrik. Bapak nya Sanikem jabatannya adalah juru tulis, karena pada saat itu jarang ada pribumi yg bisa baca tulis, dan dia satu2nya yg bisa di desa itu.

27/05/2018 00:38:53 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Juru tulis itu mungkin kalau jaman sekarang... admin? Dan jabatan yg dia inginkan adalah juru bayar (alias kasir). Karena dia beranggapan akan jadi pribumi yg paling disegani karena dialah yg memegang upah2 para buruh bahkan mandor pabrik.

27/05/2018 00:38:54 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Ya pada akhirnya Sanikem yg dikorbankan. Dia kemudian menjadi istri dari Herman Mellema di Indonesia. Sanikem/Nyai bersumpah tidak akan pulang dan mengingat rumahnya lagi, karena dia telah dibuang. Dia bersumpah untuk menjadi wanita pintar yg terhormat meskipun telah dijual.

27/05/2018 00:41:47 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Nyai kemudian tumbuh dan belajar segala hal mengenai tata krama, sejarah, kecantikan, keuangan, administrasi, memasak dll. Karena Nyai ingin mengangkat derajatnya dan tidak ingin bergantung kpd Herman Mellema. Hingga kemudian lahirlah Robert Mellema dan Annelis Mellema.

27/05/2018 00:46:44 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Tuan Herman Mellema yg sudah tua kemudian sakit-sakitan dan akhirnya Nyai lah yg mengurus dan membesarkan Perusahaan Pertanian itu. Dengan susah payah sambil membangun image-nya sebagai gundik/selir menjadi wanita terhormat yg disegani semua orang.

27/05/2018 00:48:47 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

back to Minke... yah intinya pada kunjungan Minke ke Boerderij Buitenzorg itu dia kemudian berkenalan dengan Nyai Ontosoroh, Robert Mellema (anak pertama) dan Annelis Mellema (anak bungsu) .

27/05/2018 00:54:50 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

singkat cerita.. (ya kalau mau detail baca aja bukunya heu 😅). Minke pribumi yg berprestasi ini jatuh cinta pada Annelis Mellema ! (mulai dari sini thread ini akan menjadi spoiler sadis 😏, yg gak ingin kena spoiler, silakan menjauh, yg masih mau lanjut, silahkan scroll hehe).

27/05/2018 00:54:51 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

bla bla bla.. Minke akhirnya menikah dengan Annelis, karena Annelis juga bucin ♡ kepada Minke yang sopan, berwibawa, pintar juga sering membantu dan bertukar pikiran dengan ibunya. (Minke dan Nyai memang sangat dekat, semacam.. teman curhat ?).

27/05/2018 01:07:17 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Namun keindahan pernikahan mereka tidak bertahan lama. Pada dasarnya, Robert (kakak Annelis) memang kurang setuju jika adiknya menikah dengan pribumi, bahkan dia pun tidak begitu menghormati fakta bahwa dia punya ibu pribumi juga.

27/05/2018 01:07:17 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Ditambah, Tuan Herman Mellema yg sudah sakit-sakitan itu kemudian meninggal dunia (cmiiw), dan hal ini menyebabkan keluarga besarnya di Belanda, ingin mengambil alih waris seluruh kekayaan Herman Mellema termasuk Boerderij Buitenzorg di Indonesia.

27/05/2018 01:07:18 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Keluarga Besar Mellema meminta Robert dan Annelis untuk pulang ke Belanda. Robert yg memang memihak kepada keluarga Eropa-nya dengan senang hati pulang, namun Annelis... Dia memihak pada darah pribuminya 😭. Annelis memihak kepada ibu kandungnya Nyai, dan suaminya Minke.

27/05/2018 01:07:19 WIB
SEESAW HAS KILLED ME @mindongbanga

Nyai dan Minke, dua pribumi ini memperjuangkan Annelis di depan muka persidangan Eropa. Agar hak asuh Annelis dapat berpihak ke ibu kandungnya, dan Annelis dapat tinggal di Indonesia bersama ibu dan suaminya.

27/05/2018 01:15:24 WIB
Load Remaining (28)

Comment

No comments yet. Write yours!