1
Terry Perdanawati @tey_saja
“Pernah gak sih ketemu orang Yahudi?” Sesungguhnya saya udah lama pingin cerita ttg ini. Tp ragu2 krn biasanya ini isu jd sensitif bgt. Tp buat belajar dan melebarkan pengetahuan boleh lah ya. Btw, klo kamu baperan atau sensian, mending gak usah diterusin bacanya ya 😉
Terry Perdanawati @tey_saja
Sblm saya cerita interaksi saya dgn org Yahudi di AS, saya mau ksh tau bbrp istilah dulu supaya lebih mudah memahami cerita saya. “Yahudi” bisa berarti dua hal: (1) keturunan suku Yahudi, disebut Jewish atau (2) org yg menganut agama Yahudi, agamanya disebut Judaism. CMIIW
Terry Perdanawati @tey_saja
Sedangkan Zionist adlh org yg menganut Zionism, gerakan org Yahudi untuk kembali ke Jerusalem sebagai tanah suci mereka dan mendirikan negara Yahudi di sana, yg dinamakan negara Israel. CMIIW Knp saya mesti jelasin dulu istilah2 ini? Krn ada hubungannya sama cerita saya.
Terry Perdanawati @tey_saja
Tdk semua keturunan suku Yahudi beragama Yahudi (Judaism), salah satunya adlh kenalan saya, dia Christian Jew, alias keturunan Yahudi tapi agamanya Kristen. Juga, tdk semua penganut agama Yahudi (Judaism) selalu keturunan suku Yahudi, contohnya Ivanka anaknya presiden AS.
Terry Perdanawati @tey_saja
...dan tidak semua orang keturunan Yahudi (Jewish) dan penganut agama Yahudi (Judaism) selalu mendukung Zionism. Salah satunya tmn akrab saya. Nanti ada bagian saya ceritain khusus ttg dia. Bagian ini penting dipahami supaya nggak menggeneralisasi dan supaya nambah pengetahuan.
Terry Perdanawati @tey_saja
Org Yahudi pertama yg saya temui di AS adlh juga org yg menjemput kami di bandara sesampainya kami di Minnesota. Beliau dosen pembimbingnya PakJay. Beliau keturunan Yahudi dan beragama Yahudi. Eh lupa blm bilang ya, garis keturunan Yahudi itu diturunkan dr ibu, bkn ayah.
Terry Perdanawati @tey_saja
Profesor satu ini ibunya keturunan Yahudi, jd dia secara keturunan adlh Yahudi, dan agamanya jg Yahudi. Tp beliau org pertama yg hubungi saya waktu saya ngalami jd korban Islamophobia, dia belain saya. Beliau pernah mengundang kami makan di rmhnya & memastikan sajiannya halal.
Terry Perdanawati @tey_saja
Beliau suka memasak, sama seperti saya. Jd suka ngobrol ttg masak-memasak. Tapi kami berbeda pendapat ttg konflik Palestina-Israel. Krn itu, kami lebih sering ngobrolin masakan atau hal lain, atau ttg Amerika. Beliau jg profesor American Studies, ilmu yg saya pelajari di S2.
Terry Perdanawati @tey_saja
Intinya, bergaul dengan beliau mah asyik aja. Cuma saya menghindari obrolan perkara konflik Palestina-Israel, soalnya udah jelas berbeda pendapat. Walau pun demikian, dia tahu kok saya dan Pak Jay pny pendapat berbeda dari dia, tp ya woles aja. Secara hubungan sosial ttp baik.
Terry Perdanawati @tey_saja
Org Yahudi kedua yg saya temui di AS adlh teman kosan kami dulu wkt ngekos di rmh pak tentara. Sesungguhnya dia bkn keturunan Yahudi asli, krn yg Yahudi adlh bapaknya, ibunya bkn keturunan Yahudi. Agamanya jg bkn Yahudi, tp Kristen.
Terry Perdanawati @tey_saja
Walaupun dia Kristen, tapi terbiasa masak makanan kosher di rmhnya. Kosher itu aturannya ada yg mirip halal, tapi ya gak sama persis. Bagian ini, saya beruntung krn kalau dia masak makanan khoser, pasti lah tdk masak pakai babi. Lumayan bisa gantian pakai alat masaknya 😉
Terry Perdanawati @tey_saja
Dia ini mbak-mbak ilmuwan, kerja di salah satu lab di Minnesota. Barusan pindah dr Chicago wkt itu, jd dia ngekos dulu sementara sebelum beli rmh. Orgnya baik & kami sering ngobrol di dapur. Dr dia, saya jd tahu ttg aturan kosher yg bnyk bgt ternyata. Lebih rumit dr yg ku kira.
Terry Perdanawati @tey_saja
Yg ketiga, adlh teman akrab saya. Temannya Pak Jay juga. Hobi menanam cabe. Keturunan Yahudi, ibunya Yahudi, tapi dia dlm hal agama aku tak tau dia agamanya apa. Pokmen rumit, dan yg jelas bkn agama Yahudi. Uniknya lagi, dia ini anti zionisme dan terang-terangan lagi.
Terry Perdanawati @tey_saja
Bahkan dia ini pernah nulis di FB kalau dia menyerukan boikot Israel. Bagian ini, dan juga ttg makanan, tentang bacaan, dan tetang remeh-temeh lainnya, kami bnyk sepakatnya. Walaupun ku tak sepakat bhw cabe yg dia tanam lebih pedas drpd jempol netijen. #halah
Terry Perdanawati @tey_saja
Selain org2 yg sudah saya ceritain di atas, sebetulnya mungkin kami punya teman2 lain yg keturunan Yahudi atau beragama Yahudi (atau keduanya), tapi gak sadar ya krn di mamahrika kan gak kepo nanya2 org ttg agama juga gitu lah klo gak akrab-akrab bgt.
Terry Perdanawati @tey_saja
Intinya sih, meskipun bnyk sentimen antar umat beragama Islam-Yahudi (dan juga agama Kristen/Katholik), tapi sbnrnya sama2 penganut agama Samawi. Kalau mereka gak nyenggol, saya ya woles. Hidup berdampingan aja lah, masing-masing aja gitu. Lakum dinukum waliyaddin.
Terry Perdanawati @tey_saja
Kalau ada yg mulai ngedebat ttg agama gmn? Saya ngikut Quran aja (29:46), berdebat dgn cara yg baik dgn ahli kitab kecuali dgn mereka yg zalim. Kalau sama yg zalim? Eike dadah babay aja. Gak usah naggepin. Krn Gusti Allah lebih suka org meninggalkan perdebatan kan? 🙏🏻
anief ancelotti 🔴⚫ @anieferdianto
@tey_saja Kalo orang Islam yang zalim, anda belain yahudi gak?
Terry Perdanawati @tey_saja
@anieferdianto Dlm Islam, keadilan berlaku utk seluruh manusia, bukan hanya khusus untuk muslim saja. Muslim yg zalim jg termasuk yg dilaknat dalam Islam. Kalau ada org berkonflik ya tergantung konfliknya gmn dulu, generalisasi mesti belain yg ini atau yg itu justru gak bikin org objektif.
anief ancelotti 🔴⚫ @anieferdianto
@tey_saja Sulit ya belain yahudi kl beragama Islam. Padahal soalnya udah jelas kalo ada yahudi dizalimi anda belain dia gak. Pasalnya kita sejak dari kecil diindoktrinasi benci yahudi, di sisi lain kita disuruh adil. Inkoherensi cara berpikir bikin kita lebih mudah bicara drpd menjalani.
Terry Perdanawati @tey_saja
@anieferdianto Sebentar tho mas. Gini lho, sampeyan gak ngasih contoh konkret. Misal gini: org Islam maling di rmh org Yahudi, apakah saya lapor polisi? Ya lapor lah... Ini bukan masalah org Islam vs org Yahudi. Tapi perkara maling vs org yg kemalingan. Gak ada urusan sama agamanya.
Terry Perdanawati @tey_saja
@anieferdianto Kalau Anda baca thread saya secara lengkap, Anda pasti tahu tujuan saya menulis itu adalah ngurang-ngurangi tuh konflik antar agama. Saya mendukung dialog antar agama, di masjid tempat saya biasa shalat di AS biasa ada bukber bareng org Yahudi & Kristen. Santai dan damai.
anief ancelotti 🔴⚫ @anieferdianto
@tey_saja Dari jawaban tercermin pola pikir. Sebenernya kan cukup jawab "kl ada yahudi dizalimi, saya bela dia". Maaf kl menyinggung, di sini banyak banget orang sok agamis, sok toleran, sok pancasilais. Agama saya bilang bla .. bla .. bla tapi minoritas diperlakukan tidak adil.
Terry Perdanawati @tey_saja
@anieferdianto Kalo maksud Anda adalah “self-criticism”, kritik utk org muslim yg blm bisa berlaku adil ya silakan aja. Justru bagus. Tapi lebih baik lagi sampeyan tawarkan solusi yg produktif. Apa gitu. Bukan cuma mau bilang pihak sini gini, atau pihak situ gitu.
Load Remaining (26)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.