Bagi-bagi Bom Takjil untuk Lawan Diskriminasi, Aksi Wanita Bercadar di Malang Tuai Protes Netizen Karena Dianggap Tidak Peka Pada Perasaan Keluarga Korban Bom

Di Kota Malang, puluhan komunitas bercadar ingin menghapus stigma negatif terhadap wanita bercadar dengan membagikan bom takjil pada pengguna jalan
1

Serangan bom beruntun yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo memicu kekhawatiran bagi masyarakat. Terlebih saat mengetahui bahwa pelaku pengeboman memakai cadar.

Hal tersebut membuat beberapa wanita bercadar merasa ada diskriminasi kepada mereka. Ingin menghapus stigma negatif itu. Mereka membagikan takjil gratis kepada pengguna jalan yang diberi nama "Bom Takjil Gratis". Tujuannya adalah untuk menghilangkan pandangan negatif masyarakat terhadap wanita bercadar

VK @vctrkmng

"loh kok pada menjauh yha?" pic.twitter.com/0hjK7H1lJj

25/05/2018 08:56:35 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
شبح فيلق يشتت PKS @K0RSAIND0NESIA

Ngeri kan takjil gratis tapi bom takjil! Sudah tidak salah kelompok bercadar familiar dng bom. pic.twitter.com/K9UHNpbpw8

25/05/2018 10:24:24 WIB
Expand pic
BULLFRONT @BULLFRONT

Cara mereka ubah stigma negatif: 1. Ajaklah teman-teman bercadarmu dalam grup2 WA untuk tak menjudge perempuan lain yang berdandan hotpants/tangtop. 2. Berteman dengan yang tak bercadar. 3. Kutuk tiap perbuatan teror dan radikal. Cara peluk, apalagi bom takjil jelas unfaedah. pic.twitter.com/LvuuPMQ5gx

25/05/2018 09:40:44 WIB
Expand pic

Sayangnya aksi tersebut mendapat protes dari netizen karena dinilai tidak peka terhadap korban bom

DOLAN JATENG @dolanjateng

@negativisme @habibthink menurut KBBI; arti Bom = senjata yang bentuknya seperti peluru besar yang berisi bahan peledak untuk menimbulkan kerusakan besar. Takjil = makanan untuk berbuka puasa. Jadi artinya Bom Takjil adalah?

25/05/2018 11:57:38 WIB
Birgaldo Sinaga @BirgaldoS

Ini namanya gak sensitif. Gak peka. Dipikirnya canda soal bom itu gak bikin takut dan trauma. Bagaimana mungkin mau bagi takjil ada poster Bomb Takjil? Mbok ya mikir dan bisa berempati pada rakyat Indonesia yang marah pada teror bom bunuh diri. Bkn malah membanyol gak lucu pic.twitter.com/Po6V5MnrL7

25/05/2018 09:47:58 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Yosua Manurung @YosuaStripper

@negativisme @postivisme Mereka membagikan takjil dalam bentuk bom apa bom dalam bentuk takjil?

25/05/2018 11:37:41 WIB
ais @aisyahtriaa

@victorkamang Alangkah lebih mulia jikalau mereka tetap dirumah daripada pasang badan di jalanan

25/05/2018 08:59:42 WIB
BreakForawhile @fbrctedeg

@triaanyan @victorkamang Ya namanya juga usaha pingin menghapus stigma negatif perempuan bercadar mba.

25/05/2018 09:46:11 WIB
VIDIE YALL @VidieYall

@victorkamang Gak ngerti lagi sama yg pertama bikin ide kayak begini. Niat baik kalo disampaikan dengan cara kurang tepat, maksud & tujuannya jadi gak kena.

25/05/2018 10:24:36 WIB
📷🎙️ @kamar_agung

@victorkamang Pake kata "bomb" nunjukin kalo mereka gak peka sama perasaan keluarga korban. Cuma sibuk mikirin kelompoknya sendiri.

25/05/2018 11:36:48 WIB
Adhiadzikri @adhiadzikri

Kelompok yang sedikit banyak punya afiliasi dengan para tukang ngebom, bikin acara bagi-bagi "bom takjil"... Apa mungkin sedang menggiring opini bahwa bom itu gak perlu diseriusin yah?

25/05/2018 11:41:33 WIB
❄️ zi @kleponwajik

@negativisme @glrhn Saya kok melihat ini seperti sebuah upaya bikin "bom" terdengar sebagai sesuatu yang lumrah, dan tidak identik dengan bahaya. "Kita emang bawa bom kok, tapi bom takjil hehehehe..." Astaghfirullah pengin napuki. 😔

25/05/2018 08:26:01 WIB
Takviri @Takviri

Melawan diskriminasi atau menciptakan stigma buat diri sendiri? setelah ini jgn salahkan muncul persepsi negatif kpd wanita bercadar karena aksi konyol ini pic.twitter.com/txEH27mpP3

25/05/2018 08:34:22 WIB
Expand pic
funkymommy @freethima

@Risdiyan @Takviri Yang konyol itu berusaha memperbaiki image dengan bercanda melalui hal yg menyakitkan dan menakutkan.. otak loe dimane mbaaa.. "bom" takjil? tuh kata bom barusan mbunuh banyak org... mending elo2 aja yg bljr sosialisasi yg bener aja d.. br kluar..

25/05/2018 08:51:33 WIB
Galcao @galcaopanuntun

setelah Aksi minta dipeluk skrg di pinggir jalan Aksi Bom Takjil. Empatinya pd kemana ya mereka? pic.twitter.com/4fdVvEOHTA

25/05/2018 10:51:56 WIB
Expand pic
budi @bud_sl

Wth, smh. Kok gw gimana gitu yha, takutnya malah misspersepsi, seperti seolah2 bom itu "biasa/lumrah". - Hei, aku bawa bom lho....tp bom takjil, ehehehe.. pic.twitter.com/L4CK5RkOiF

25/05/2018 09:06:06 WIB
Expand pic
❄️ zi @kleponwajik

@negativisme @glrhn Saya kok melihat ini seperti sebuah upaya bikin "bom" terdengar sebagai sesuatu yang lumrah, dan tidak identik dengan bahaya. "Kita emang bawa bom kok, tapi bom takjil hehehehe..." Astaghfirullah pengin napuki. 😔

25/05/2018 08:26:01 WIB
GaluhP @GaluhP19

@BirgaldoS Abis minta peluk trus buat ulah ga lucul Gimana mau simpati😩

25/05/2018 10:24:34 WIB
tusormin Siregar @Tusormin

@BirgaldoS Sangat tidak lucu, joke mereka egois, tdk bisa merasakan kesedihan korban terrorism, jngn2 mereka jg mnganggap semua settingan...

25/05/2018 11:36:43 WIB
TheCrazyChicken @OnlyOnesia

@VIVAcoid ((((( BOM TAKJIL ))))) Sekedar nama, siih.... Tapi sungguh, Sungguh tidak berperasaan.

25/05/2018 09:38:20 WIB
fullest @jump2nov

@VIVAcoid sebaiknya mereka tidak gunaan kata bom meski di belakangnya ada embel2 takjil krn kt bom msh sgt sensitif utk warga sby terutama keluarga korban setidaknya utk sekarang ini..

25/05/2018 09:52:27 WIB
ing sasmita @inganggita

bagi takjil? great namanya bom takjil? bom?! mbak, please twitter.com/victorkamang/s…

25/05/2018 08:47:17 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!