1

Serangan bom beruntun yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo memicu kekhawatiran bagi masyarakat. Terlebih saat mengetahui bahwa pelaku pengeboman memakai cadar.

Hal tersebut membuat beberapa wanita bercadar merasa ada diskriminasi kepada mereka. Ingin menghapus stigma negatif itu. Mereka membagikan takjil gratis kepada pengguna jalan yang diberi nama "Bom Takjil Gratis". Tujuannya adalah untuk menghilangkan pandangan negatif masyarakat terhadap wanita bercadar

v c t r k m n g @vctrkmng
"loh kok pada menjauh yha?" pic.twitter.com/0hjK7H1lJj
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
شبح فيلق يشتت PKS @K0RSAIND0NESIA
Ngeri kan takjil gratis tapi bom takjil! Sudah tidak salah kelompok bercadar familiar dng bom. pic.twitter.com/K9UHNpbpw8
Expand pic
BULLFRONT @BULLFRONT
Cara mereka ubah stigma negatif: 1. Ajaklah teman-teman bercadarmu dalam grup2 WA untuk tak menjudge perempuan lain yang berdandan hotpants/tangtop. 2. Berteman dengan yang tak bercadar. 3. Kutuk tiap perbuatan teror dan radikal. Cara peluk, apalagi bom takjil jelas unfaedah. pic.twitter.com/LvuuPMQ5gx
Expand pic

Sayangnya aksi tersebut mendapat protes dari netizen karena dinilai tidak peka terhadap korban bom

DOLAN JATENG @dolanjateng
@negativisme @habibthink menurut KBBI; arti Bom = senjata yang bentuknya seperti peluru besar yang berisi bahan peledak untuk menimbulkan kerusakan besar. Takjil = makanan untuk berbuka puasa. Jadi artinya Bom Takjil adalah?
#kitalawanrasisme @BirgaldoS
Ini namanya gak sensitif. Gak peka. Dipikirnya canda soal bom itu gak bikin takut dan trauma. Bagaimana mungkin mau bagi takjil ada poster Bomb Takjil? Mbok ya mikir dan bisa berempati pada rakyat Indonesia yang marah pada teror bom bunuh diri. Bkn malah membanyol gak lucu pic.twitter.com/Po6V5MnrL7
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Sinnerman @YosuaStripper
@negativisme @postivisme Mereka membagikan takjil dalam bentuk bom apa bom dalam bentuk takjil?
ais @aisyiaahp
@victorkamang Alangkah lebih mulia jikalau mereka tetap dirumah daripada pasang badan di jalanan
BreakForawhile @fbrctedeg
@triaanyan @victorkamang Ya namanya juga usaha pingin menghapus stigma negatif perempuan bercadar mba.
VIDIE YALL @VidieYall
@victorkamang Gak ngerti lagi sama yg pertama bikin ide kayak begini. Niat baik kalo disampaikan dengan cara kurang tepat, maksud & tujuannya jadi gak kena.
Bujang Dara 🎙️ @kamar_agung
@victorkamang Pake kata "bomb" nunjukin kalo mereka gak peka sama perasaan keluarga korban. Cuma sibuk mikirin kelompoknya sendiri.
Adhiadzikri @adhiadzikri
Kelompok yang sedikit banyak punya afiliasi dengan para tukang ngebom, bikin acara bagi-bagi "bom takjil"... Apa mungkin sedang menggiring opini bahwa bom itu gak perlu diseriusin yah?
zi @kleponwajik
@negativisme @glrhn Saya kok melihat ini seperti sebuah upaya bikin "bom" terdengar sebagai sesuatu yang lumrah, dan tidak identik dengan bahaya. "Kita emang bawa bom kok, tapi bom takjil hehehehe..." Astaghfirullah pengin napuki. 😔
takviri @Takviri
Melawan diskriminasi atau menciptakan stigma buat diri sendiri? setelah ini jgn salahkan muncul persepsi negatif kpd wanita bercadar karena aksi konyol ini pic.twitter.com/txEH27mpP3
Expand pic
funkymommy @freethima
@Risdiyan @Takviri Yang konyol itu berusaha memperbaiki image dengan bercanda melalui hal yg menyakitkan dan menakutkan.. otak loe dimane mbaaa.. "bom" takjil? tuh kata bom barusan mbunuh banyak org... mending elo2 aja yg bljr sosialisasi yg bener aja d.. br kluar..
Galcao @galcaopanuntun
setelah Aksi minta dipeluk skrg di pinggir jalan Aksi Bom Takjil. Empatinya pd kemana ya mereka? pic.twitter.com/4fdVvEOHTA
Expand pic
budi @bud_sl
Wth, smh. Kok gw gimana gitu yha, takutnya malah misspersepsi, seperti seolah2 bom itu "biasa/lumrah". - Hei, aku bawa bom lho....tp bom takjil, ehehehe.. pic.twitter.com/L4CK5RkOiF
Expand pic
zi @kleponwajik
@negativisme @glrhn Saya kok melihat ini seperti sebuah upaya bikin "bom" terdengar sebagai sesuatu yang lumrah, dan tidak identik dengan bahaya. "Kita emang bawa bom kok, tapi bom takjil hehehehe..." Astaghfirullah pengin napuki. 😔
GaluhP @GaluhP19
@BirgaldoS Abis minta peluk trus buat ulah ga lucul Gimana mau simpati😩
tusormin Siregar @Tusormin
@BirgaldoS Sangat tidak lucu, joke mereka egois, tdk bisa merasakan kesedihan korban terrorism, jngn2 mereka jg mnganggap semua settingan...
TheCrazyChicken @OnlyOnesia
@VIVAcoid ((((( BOM TAKJIL ))))) Sekedar nama, siih.... Tapi sungguh, Sungguh tidak berperasaan.
fullest @jump2nov
@VIVAcoid sebaiknya mereka tidak gunaan kata bom meski di belakangnya ada embel2 takjil krn kt bom msh sgt sensitif utk warga sby terutama keluarga korban setidaknya utk sekarang ini..
@inganggita
bagi takjil? great namanya bom takjil? bom?! mbak, please twitter.com/victorkamang/s…

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.