0
ㅁㅅㅁ @yeoreoja

pusinq akan ketampanan im jaebum

des @yeoreoja
// Ditolak PTN berkali-kali, alhamdulillah dapet beasiswa ke Jepang // A Thread ✨
des @yeoreoja
Hi! gue buat thread ini buat nunjukin ke kalian yang ditolak ptn kalo sukses itu bisa darimana aja. selamat membaca~
des @yeoreoja
Sebelumnya gue mau cerita dulu, gue bukan anak pinter di kelasan gue saat SMA. percaya apa enggak gue dapet ranking ke 26 dari 30 siswa hahaha. tapi dari kelas 11 gue udah mutusin kalo kuliah nanti gue mau ambil jurusan Bahasa/Sastra Jepang. gatau kenapa minat aja di jurusan itu.
des @yeoreoja
gue SMA jurusan IPA btw, dan iya dengan otak yang pas-pasan gini gue tersiksa bgt di IPA. gue mau masuk bahasa tapi waktu itu peminatnya dikit dan akhirnya kelas untuk jurusan bahasa ditiadakan.
des @yeoreoja
kebetulan di kelas 11 gue emang dapet matkul bahasa Jepang. gue selalu penasaran sama aksara dan pelafalannya makanya gue berminat mendalami bahasa itu setelah gue lulus nanti.
des @yeoreoja
Singkat cerita tahun 2015 gue lulus SMA dan di tahun itu gue juga sibuk tes sana sini buat masuk ptn impian gue. dan keinginan gue masih sama pokoknya gue mau ambil jurusan Sastra/Bahasa Jepang titik!
des @yeoreoja
dari mulai SNMPTN gue ambil sasjep di beberapa ptn ternama dan nyatanya gue ditolak. yaiyalah orang nilai raport gue jelek wkwkwk. gue udah yakin juga ditolak SNM jadi ga sedih2 amat. masih bisa berjuang di SBM dan UM fikir gue saat itu.
des @yeoreoja
gue emang seniat itu ikut SBM sampe2 H-7 UN gue bukannya belajar mapel UN malah fokus belajar SBM. karna posisinya gue lintas jurusan juga waktu itu makanya gue harus belajar extra. bodrex kali extra.
des @yeoreoja
yaudah gue beneran belajar mati2an buat SBM, gue beli buku2 sbmptn dan gue pelajarin semuanya sampe abis 2 buku percaya gak?? sampe nyokap gue bingung "kakak tumben belajarnya rajin?" saking pemalasnya gue semasa SMA.
des @yeoreoja
waktu itu gue bener2 berambisi pokoknya harus dapet negeri! karena kalo masuk ptn pasti gue sukses dan orang tua gue bangga. begitu yg ada di fikiran gue 3 tahun lalu. di sbmptn kan pilihannya 3 kampus ya, dan iya di 3 kampus itu pilihan gue bahasa Jepang semua gaada yg lain.
des @yeoreoja
gue pilih depok, bandung, sama surabaya saat itu. tentunya dengan sudah memperhitungkan passing grade masing2 kampus.
des @yeoreoja
dah tuh kan tes sbm akhirnya tiba juga. gue dengan pedenya berfikiran "gue pasti lulus kok. pasti. gue kan udah berusaha dan berdoa" dan gue sama sekali gak mikirin kemungkinan terburuk.
des @yeoreoja
yaa ternyata takdir berkata lain. dari ke-3 ptn yang gue pilih, gaada satupun yang nyangkut di gue. dengan kata lain, gue ditolak. nangis? ya iyalah kejer banget. kecewa? pasti. pokoknya saat itu gue merasa jadi orang paling bodoh.
des @yeoreoja
pas pengumuman tuh lagi bulan puasa kan, ya dari abis maghrib sampe besoknya gue ngurung diri di kamar sampe gue gak sahur. gue bener2 gamau ketemu sama siapapun apalagi orang tua gue. gue gak mau liat muka kecewanya mereka dulu.
des @yeoreoja
bahkan waktu itu gue sampe marah sama Allah. gue sampe bilang "yaAllah aku udah usaha dan doa sepanjang hari sepanjang malem kenapa gak dikabulin sih?" jahat bgt ya gue hahaha jangan ditiru ya!
des @yeoreoja
sampe akhirnya nyokap gue masuk ke kamar gue dengan kondisi gue masih seg-segan (kalo diinget2 lebay juga ya w dulu). nyokap gue duduk di kasur gue tanpa ngomong sepatah kata apapun. ya gue gaeanak ya ngediemin nyokap gue kayak gt akhirnya gue berenti nangis.
des @yeoreoja
dan saat itu nyokap nasihatin gue begini kira2 "kakak boleh sedih, boleh kecewa, tapi gak baik kalo berlebihan" trus lanjut ngomong lagi "mama gak masalah kakak ga masuk negeri kok. dimanapun kuliah nya, sukses itu kamu yg nentuin" gue makin ngejer.
des @yeoreoja
pokoknya disitu nyokap nasihatin gue panjang lebar, tapi yg ngena bgt buat gue waktu dia ngomong "percaya sama mama kak, beberapa bulan atau beberapa tahun ke depan pasti kakak bersyukur karena ptn udah nolak kakak" sampe skrg gue masih pegang kata2 itu.
des @yeoreoja
yaudah kan gue udah gak sedih lagi gue udah ikhlas lah gak lolos sbm, masih ada ujian mandiri dan gue masih bisa berjuang di sana. akhirnya gue ikut ujian mandiri dari 4 ptn. pilihan gue masih sama yaitu bahasa Jepang.
des @yeoreoja
hari demi hari hasil dari ujian mandiri masing2 ptn keluar dan tetep aja nama gue gak nyantol disana. sebel banget. tapi gue udah gak sesedih waktu ditolak ptn, karena gue udah nyiapin kemungkinan terburuknya sih jadi ya udah b aja gue gak nangis.
des @yeoreoja
udah kan tuh gue gagal masuk ptn. nyokap gue nawarin gue buat ronin tapi gue gak mau, jadi yaudah gue masuk pts yang ada jurusan bahasa Jepang nya (teteuuup). emang gak se prestis ptn yg gue pilih, tapi gue janji sama diri gue waktu itu kalo gue bakal rajin belajar.
des @yeoreoja
karena kampus gue juga udah kerja sama bareng universitas yg ada di Jepang, jadi tiap tahunnya pasti ada mahasiswa yg dikirim ke Jepang buat kuliah di sana. rentang waktunya macem2 ada yg 2 minggu, 40hari, dan paling lama setahun. dan gue bertekad untuk itu.
des @yeoreoja
akhirnya gue coba ikhlas melepas ptn idaman gue itu dan kuliah di kampus gue skrg. satu semester berlangsung gue ngerasa nyaman2 aja dan lebih enjoy karna gue ada minat di jurusan ini.
Load Remaining (28)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.