2
𝒷. @sailorholmes
❝Ke psikolog atau psikiater tuh ngapain aja sih? Butuh biaya berapa??❞ a thread.
𝒷. @sailorholmes
Latar belakang aku bikin thread ini adalah saking banyaknya menfess yang isinya "Kalo ke psikolog berapa ya ngapain aja?" Atau "Aku ngerasa beda banget nih saran harus ke psikolog atau psikiater gak ya?"
𝒷. @sailorholmes
Aku bikin thread ini bukan asal main copas dari internet kok aku ngalamin sendiri! Jadi ayo mulai! Q. Apa sih bedanya ke psikolog sama psikiater? A. Bedanya psikiater terapinya berbarengan dengan obat-obatan.
𝒷. @sailorholmes
Awal aku memutuskan ke psikolog adalah pas aku SMP kelas 9 aku ngerasa 'hampa' aku sakit-sakitan sering keluar masuk RS Hermina. Terus juga aku sering ngunci diri di kamar, gak nafsu makan. Dan itu berlangsung selama 1,5 tahun.
𝒷. @sailorholmes
Pas masuk jenjang SMA ruang BP tuh kayak second home HAHA. Aku sering curhat kenapa ya Bu saya sering sakit pas saya ke dokter cuman bilang kurang tidur aja padahal aku tidur sehari bisa lebih dari 10 jam.
𝒷. @sailorholmes
Aku dirujuk ke psikiater dulu karena aku nyari jalan pintas lagi UTS kalo gak salah aku harus fokus. Aku mampir ke psikolog di RS Hermina Depok. Aku cerita gimana-gimana dari sudut pandang aku dan pihak Mama dan Papa.
𝒷. @sailorholmes
Dan masalah yang aku hadapi itu "Susah tidur" mau aku tidur jam 8 pasti jam satu atau dua pagi selalu bangun. Dan jujur itu ganggu banget. Aku dikasih obat tidur dalam satu minggu. Ini aku coba jelaskan polanya yaa!
𝒷. @sailorholmes
Jadi aku dikasih obat tidur sehari sekali dan bener aku minum langsung tidur pulas. Minggu pertama obat tidur (Aku gak tahu menahu nama obatnya apa Mama gak ngasih liat aku) Biaya 750 dengan BPJS.
𝒷. @sailorholmes
Minggu kedua aku dikasih obat semacam 'happy pill' dokternya ngasih tau kalo aku harus minum ini setiap jam 9 malam gak boleh lebih. Sebelum tidur pokoknya, obat itu bisa bikin mood aku jadi bagus seharian. pic.twitter.com/2hwKpit4SY
Expand pic
Expand pic
𝒷. @sailorholmes
Mulai dari perminggu jadi perbulan. Setiap bulan dosisnya ditambah pelan-pelan. Sampe suatu saat aku stop. Aku ngerasa ketergantungan. Kalo gak minum aku ngerasa hampa banget dan gak bisa tidur sampe aku sekolah aja gak tidur seharian.
𝒷. @sailorholmes
Tapi kalo emang anak berkebutuhan khusus sih beda, bakal ada terapi yang lainnya berhubungan dengan buku, interaksi sosial, dll. Psikiater stop di sini, lanjut konsul ke psikolog.
𝒷. @sailorholmes
Awal mula aku ke psikolog dipaksa sama wali kelas WKWK. Ya allah inget banget sampe nyasar ke komplek lain naik mobil walas. Aku doang anak murid kelas 10 yang bisa naik mobil itu inget banget. Ok skip.
𝒷. @sailorholmes
Biaya pertemuan pertama psikolog di Depok 250 ribu. Ngapain aja sih? Di sana aku suruh gambar orang. Iya ya aku gambar aja seadanya. Dan ternyata psikolog nya kayak kaget gitu dan ada korelasi antara gambar yang kita buat (Sesuai perintah ya bukan asal-asalan) dengan kondisi-
𝒷. @sailorholmes
mental kamu. Terus aku disuruh cerita apa yang aku rasain. Di sini aku kebanyakan diem aja senyam senyum jawab seadanya. Terus disuruh balik lagi pake izin orangtua buat konsul ke psikolog.
𝒷. @sailorholmes
Terus aku iyain pas ditanya mau terapi gak? Dan harga terapi itu totalnya 5 juta. Berlaku 13 pertemuan sama dua psikolog. Setiap terapi aku dikasih tau harus ngapain aja kalo tiba-tiba suka sesak nafas, atau pikiran buruk dateng.
𝒷. @sailorholmes
ps aku suka berpikiran buruk sengaja dan tidak sengaja. emosi yang sulit di kontrol dan juga gampang marah atau tempramental.
𝒷. @sailorholmes
Aku masih ada berkas-berkasnya. Ini aku videoin aja yaa! Yang iseng mau baca boleh DM aku buat kasih detaile nya! (Maaf suaraku jelek banget lagi bengek :() pic.twitter.com/t63Ll52Rv7
𝒷. @sailorholmes
Alhamdulilah aku udah lumayan sembuh. Walaupun masih ada kendala yaitu susah banget masuk sekolah. Akademik aku lumayan tapi gak tau kenapa aku 'takut' ketemu orang banyak. Aku takut sama pendapat orang lain di kelas. Gak tau harus mulai interaksi sosial gimana-gimana.
𝒷. @sailorholmes
Alhasil aku pindah sekolah 2 kali dan ternyata... aku emang gak bisa jalanin sekolah kayak orang biasanya yang setiap hari. Aku.. beda? Jadi aku homeschool terus aku ikut kelas makeup sama nge GYM. Intinya making myself confident with my own skin.
𝒷. @sailorholmes
Oh ya nyelip sedikit kalo misalnya aku sakit-sakitan itu karena pengaruh pikiran.. HAYO! Yang suka mikir aneh-aneh coba dialihkan ya. Aku pernah di rukiyah dan... GAK ADA JIN NYA. Lalu ustad nya bilang gini ke Mama aku.
𝒷. @sailorholmes
"Bu, jangan labeli anak kamu sendiri dengan 'pemalas' 'malas sekolah' dll. Ini hasil instalan kamu. Gak bisa hanya dengan doa doang, jangan menyalahkan anak atas hasil installan yang kamu buat sendiri. Makin stress dianya" Me @ Pak Ustad pic.twitter.com/9loREAKz4S
𝒷. @sailorholmes
Intinya bagi yang struggling semoga thread di atas bisa bantu sedikit yaa πŸ’• dan kalo mau curhat atau sekadar didengarkan boleh DM @sailorhoImes. Kalo orang lain suskes itu biasa hidup mereka penuh sama senyum. Kalo kamu jadi orang sukses itu luar biasa πŸ‘ πŸ‘
𝒷. @sailorholmes
❝Kalo aku 'kambuh' harus ngapain??❞ a thread part 2
𝒷. @sailorholmes
Dan latar belakang thread ini juga beberapa dari kalian gak bisa ke psikolog atau psikiater karena alasan ekonomi atau hal tertentu. Semoga ini bisa handle waktu kalian 'kambuh' tapi tolong ya seek for professional help as soon as possible πŸ˜‰
Load Remaining (9)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.