Thread Berfaedah: Membongkar Mitos Populer Seputar Penyakit Mata @ferdiriva

Peenah denger mitos soal mata minus atau mata plus? @tumbenlucu
dokter kesehatan penyakit CURE health mata Twitter disease ferdiriva
467 View 0 comments
Add to Favorite
0
IG: ferdirivahamzah @ferdiriva
Wanita minus tinggi tidak bisa melahirkan normal? Bisa dong! Penelitian mengatakan tidak ada hubungannya retinanya lepas akibat mengejan.
IG: ferdirivahamzah @ferdiriva
Orang bermata minus mau cewek atau cowok, mau cewek hamil atau gak adalah risiko lepas retina mata, terutama minus tinggi (di atas minus 6). Makanya segera cek retina mata ke dokter mata kalo mata kamu minus, apalagi minus tinggi.
IG: ferdirivahamzah @ferdiriva
Retina lepas (retinal detachment) ini bisa terjadi kapan saja, di mana saja. Gejalanya: Mendadak banyak melihat banyak benang-benang terbang, kilatan cahaya dan setengah penglihatan seperti tertutup tirai hitam.
IG: ferdirivahamzah @ferdiriva
Kalau sudah terjadi harus dioperasi karena bisa berakibat penglihatan tambah buram dan permanen.
IG: ferdirivahamzah @ferdiriva
Kejadiannya sering? Sering. Hampir tiap minggu dapat pasien dengan retinal detachment. Awasi gejalanya buat kamu bermata minus tinggi.
IG: ferdirivahamzah @ferdiriva
Minus ringan : -0.25 s/d -3.00 D Minus sedang : -3.25 s/d -6.00 D Minus tinggi : > -6.25 D
IG: ferdirivahamzah @ferdiriva
Gak usah banyak-banyak minum jus wortel, ngunyah rimbang, gak usah beli kacamata bolong-bolong, karena minus dan silinder cuma bisa diterapi dengan LASIK, Ortho-k contact lens dan operasi lensa mata.
IG: ferdirivahamzah @ferdiriva
Banyak yang percaya kalo pake kacamata justru bikin nambah minus dan silinder. Salah sih. Kacamata itu alat bantu. Gak menyembuhkan dan gak memperparah. Kalo minus mau nambah ya nambah aja.
IG: ferdirivahamzah @ferdiriva
Umumnya usia 18 thn udah mulai stabil minus dan silindernya. Kalo udah usia misalnya 20-an naik-naik melulu dan naiknya banyak, segera ke dokter mata. Siapa tau ada yang patologis.
IG: ferdirivahamzah @ferdiriva
Kacamata plus itu bisa untuk rabun jauh ataupun rabun dekat (susah membaca). Nah, yang terakhir nih nyebelin banget. Umumnya kita pasti butuh kacamata baca jika usianya sudah > 40thn karena lensa mata udah mulai mengeras karena wis tuek. 😥
IG: ferdirivahamzah @ferdiriva
Kalo mata kamu jauhnya normal, pasti butuh kacamata baca +1.00 di usia 40 thn dan bertambah terus seiring usia. Gak mau pake? Denial? Siap-siap pusing dan cepat lelah kalo membaca.
Login and hide ads.