0
Fadli Zon @fadlizon
1) Sy menilai keterangan Pemerintah mengenai Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) RAPBN 2019 yg dibacakan oleh Menteri Keuangan dlm Rapat Paripurna DPR kmrn (18/5) terlalu datar dan kurang greget.
Fadli Zon @fadlizon
2) Padahal, kita saat ini sdg menghadapi ancaman terjadinya krisis ekonomi di depan mata malah sudah masuk tahap awal krisis.
Fadli Zon @fadlizon
3) Depresiasi nilai tukar rupiah, capital outflow, serta terus terkereknya harga minyak dunia, adalah contoh bbrp situasi terkini yg akan berdampak besar bagi perekonomian kita.
Fadli Zon @fadlizon
4) Pemerintah tak bisa terus-menerus menyalahkan faktor eksternal saat menghadapi kesulitan-kesulitan tadi. Dalih semacam itu menunjukkan pemerintah tak siap mengantisipasi terjadinya berbagai kemungkinan buruk ekonomi di masa depan.
Fadli Zon @fadlizon
5) Ketidakpastian kurs rupiah, misalnya, bukan hanya disebabkan faktor global, tapi jg karena fundamental ekonomi kita sejak lama bermasalah.
Fadli Zon @fadlizon
6) Defisit neraca perdagangan yg mencapai US$1,63 miliar pada April lalu, misalnya, yang merupakan angka terendah sejak tahun 2014, menunjukkan betapa keroposnya fundamental perekonomian kita.
Fadli Zon @fadlizon
7) Dalam catatan saya, sepanjang tahun 2018, hanya pd bulan Maret kemarin neraca perdagangan kita surplus.
Fadli Zon @fadlizon
8) Kita jg bisa melihat bhw pemerintah cukup lamban dlm memberi respon kebijakan moneter. Hal-hal semacam itu telah memperburuk situasi kita dlm menghadapi dinamika perekonomian global.
Fadli Zon @fadlizon
9) Perekonomian kita sebenarnya memiliki potensi yang besar. Meski fundamental ekonomi kita kurang kuat, namun daya tahan rakyat kita sebenarnya luar biasa. Jika potensi itu tdk bisa mencuat, itu terjadi krn salah kelola kebijakan.
Fadli Zon @fadlizon
10) Coba Anda bayangkan, selama triwulan pertama 2018, penerimaan remitansi dari para TKI kita mencapai US$2,63 miliar.
Fadli Zon @fadlizon
11) Sebagai catatan, total remitansi buruh migran Indonesia selama tahun 2017 mencapai US$8,78 miliar. Mereka adlh penyumbang devisa besar.
Fadli Zon @fadlizon
12) Berbeda dgn penerimaan devisa dari sejumlah komoditas ekspor, remitansi buruh migran ini hampir tak memiliki komponen impor sama sekali. Kenyataan ini mestinya membuat malu pemerintah.
Fadli Zon @fadlizon
13) Alih-alih berusaha memberikan perlindungan maksimal thdp tenaga kerja Indonesia, khususnya buruh migran, pemerintah malah kian memanjakan tenaga kerja asing melalui berbagai relaksasi aturan ketenagakerjaan.
Fadli Zon @fadlizon
14) Sungguh ironis. Buruh migran kita yang mendatangkan devisa miskin perlindungan, tapi buruh asing yang menyedot devisa malah terus-menerus dibela.
Fadli Zon @fadlizon
15) Kebijakan-kebijakan keliru semacam itulah yang telah melemahkan perekonomian kita selama ini. Jadi, bukan semata-mata karena faktor global.
Fadli Zon @fadlizon
16) Tingginya komponen impor dlm perekonomian kita telah membuat kenapa anjloknya nilai tukar rupiah tak membuat ekspor kita jadi lebih kompetitif.
Fadli Zon @fadlizon
17) Karena melambungnya nilai tukar dollar telah membuat biaya komponen impor juga jadi ikut melambung. Itu sebabnya neraca perdagangan kita defisit cukup besar.
Fadli Zon @fadlizon
18) Untuk memperbaiki itu, kita membutuhkan perbaikan struktur ekspor dan struktur industri, sehingga ketergantungan thdp ekspor komoditas dan bahan baku serta barang modal impor dpt dikurangi.
Fadli Zon @fadlizon
19) Harusnya pemerintah menekan atau menseleksi impor, tapi malah cenderung boros membuka keran impor. Menjelang musim panen kemarin, misalnya, pemerintah tiba-tiba membuka keran impor 500 ribu ton beras.
Fadli Zon @fadlizon
20) Meskipun mendapatkan banyak protes, eh saat kini petani baru saja usai panen, pemerintah kembali mengimpor 500 ribu ton beras. Kebijakan-kebijakan aneh semacam itulah yg selama ini merusak fundamental perekonomian kita.
Fadli Zon @fadlizon
21) Dari pidato yang disampaikan Menteri Keuangan, sy jg melihat bhw pemerintah belum menunjukkan usaha keras untuk mengurangi ketimpangan ekonomi.
Fadli Zon @fadlizon
22) Mengingat pemerintah hanya menargetkan rasio gini tahun 2019 berada di kisaran 0,38 hingga 0,39 saja. Artinya, tidak berbeda jauh dgn angka rasio gini tiga tahun terakhir.
Fadli Zon @fadlizon
23) Memang, meskipun sedikit, dlm tiga tahun terakhir rasio gini kita cenderung turun. Namun, penurunan itu sy kira terjadi bukan krn membaiknya perekonomian rakyat kecil.
Fadli Zon @fadlizon
24) tapi lebih krn penurunan spending dari golongan kelas menengah kita, shgga kini gap-nya jadi lebih kecil. Artinya, turunnya angka rasio gini tadi tdk menunjukkan adanya perbaikan ekonomi.
Fadli Zon @fadlizon
25) Dalam pidatonya, Menteri Keuangan jg mengungkapkan desain APBN di tahun 2019 akan difokuskan untuk pengembangan sumber daya manusia. Ini terdengar bagus, tapi dgn catatan jika dilakukan tiga atau empat tahun lalu.
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.