Add to Favorite
0
πŸ¦‚ @teofillin
pengen kultwit nirfaedah ada yg nyimak nga?
πŸ¦‚ @teofillin
yaudah nga peduli, jalan kebenaran memang tidak mudah, maka sy lanjutkan
πŸ¦‚ @teofillin
menyambut bulan suci Ramadan, semoga semua netijen selalu menjaga kesehatan agar tetap kuat nahan nyinyir sampai waktu berbuka tiba *dikeplak setemlen*
πŸ¦‚ @teofillin
menjaga kesehatan itu penting, tapi gimana klo di bulan Ramadan nanti kita dikasih sakit? yang sabar, ini ujian 😌 pic.twitter.com/ixbQMgAyFV
 Expand pic
πŸ¦‚ @teofillin
lalu gimana cara minum obat ketika puasa? pic.twitter.com/p1tLhRlYo1
 Expand pic
πŸ¦‚ @teofillin
beberapa infografis yg mimin bagikan mungkin udah banyak beredar, tapi gapapa, diulang dikit ya, manusia kadang lupa
πŸ¦‚ @teofillin
catat ya, tidak semua obat membatalkan puasa pic.twitter.com/w4blqTIGou
 Expand pic
πŸ¦‚ @teofillin
mungkin yg dimaksud di sini adl obat spray ya, karena klo tetes hidung disebutkan tidak boleh (membatalkan puasa) pic.twitter.com/ZI1ShtX1FC
 Expand pic
πŸ¦‚ @teofillin
apasih yg bikin obat beda2 aturan pakenya? ada yg 1x, 2x, bahkan 5x sehari? ada yg bisa bantu jawab? mimin kasih hadiah, folbek :) *sok nyelebtwit*
πŸ¦‚ @teofillin
jadi yg bikin aturan pakai obat berbeda adalah waktu paruhnya (T 1/2), dan waktu paruh obat ini berbeda antara 1 dengan yg lain, makanya ga semua obat diminum 3x sehari. Obat aja ga mau disamain, apalagi aku dan dia, tekan semene paham mz?
πŸ¦‚ @teofillin
mimin ga akan bahas lebih jauh, berat, klean nga kuat, Dilan apalagi, mimin aja dapet nilai jelek pas matkul Farmakokinetik gegara kurva ini yha Robb 😭😭😭 tapi klo mau iseng lihat kurva kadar obat vs waktu ya begini :| pic.twitter.com/pQ1JOnrrQn
 Expand pic
πŸ¦‚ @teofillin
so, klo pemberian 1x atau 2x ga masalah lah ya, kita bisa tetap puasa tanpa khawatir dengan jadwal minum obat pic.twitter.com/ahzygEs8Aw
 Expand pic
πŸ¦‚ @teofillin
nah sekarang gimana dengan yang 3, 4 bahkan 5x sehari? bingung ga? bingung dong biar kita bisa pegangan :')
πŸ¦‚ @teofillin
ada pendapat yang seperti ini (lihat no 2) tapi jujur, mimin ga cocok dengan pendapat ini, karena jika merujuk pada gambar kurva yg tadi dibagikan, kadar obatnya pasti akan kacau klo waktu minumnya terlalu dekat dan terlalu jauh pic.twitter.com/wEIjtOAvPX
 Expand pic
πŸ¦‚ @teofillin
jadi gimana? yg pertama, kita ambil poin no. 1 konsultasikan pada dokter anda, "dok, saya mau tetap puasa, klo bisa obatnya yg yg cukup sekali atau 2x minum aja sehari, semoga ada pilihan obat yg tepat sesuai penyakit saya ya dok" *pasang senyum manis*
πŸ¦‚ @teofillin
respon dokternya pas udah dikasih senyum manis *dikeplak DokDay* pic.twitter.com/bZkeYeL9u3
 Expand pic
πŸ¦‚ @teofillin
yg kedua begini, yg sering mimin temui, utk aturan pakai yg 3x sehari biasanya obat2 yg indikasinya untuk mengurangi gejala, misal nyeri, demam, batuk, dsb nah, alternatifnya, obat tsb diminum pas ada gejalanya aja misal ga kuat sama pusing/demam/bapil, ya silahkan diminum
πŸ¦‚ @teofillin
kadang klo obatnya cespleng, cukup sekali minum, keluhan udah hilang, maka obat boleh dihentikan, KECUALI ANTIBIOTIK
πŸ¦‚ @teofillin
untuk obat2 penyakit hipertensi, diabetes, biasanya ada alternatif sediaan obat yg bisa dipakai 1 atau 2x sehari, jadi aman lah ya..
πŸ¦‚ @teofillin
jadi hemat mimin begini; klo lagi sakit, utamakan kesehatan, ikuti aturan pakai yg seharusnya. toh Allah meringankan kita utk tidak berpuasa klo sakit, bisa diganti di lain waktu, yg penting pengobatan bisa tuntas apalagi utk penyakit yg pake terapi antibiotik misal
πŸ¦‚ @teofillin
semoga twitnya bermanfaat, semoga netijen budiman diberi kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa πŸ™
Login and hide ads.