3
Daemoen @Mentimoen
1. SEJARAH SINGKAT PERBATASAN ISRAEL - GAZA. Mungkin banyak yg blm tahu, Gaza adalah wilayah yg dikelola oleh pemerintahan Palestina Gaza secara mandiri, saat ini oleh Hamas. Wilayah itu bukan wilayah Israel, makanya ada garis batas dgn pagar kawat, dijaga oleh tentara Israel. pic.twitter.com/NVTi7ev4UH
Expand pic
Daemoen @Mentimoen
2. Gaza adalah tempat strategis di Palestina, menghadap Laut Mediterania, dulu sdh menjadi kota ramai. Sesudah Perang Dunia II, wilayah itu diserahkan oleh Inggris untuk diadministrasi oleh Mesir. Gaza menjadi bagian dari Mesir sampai thn 1967, waktu Israel mengalahkan Mesir. pic.twitter.com/tG4uGPSFY9
Expand pic
'Ain Ba Sin - Sin Ba Kaf @nanpadisalibu
@Mentimoen Penjelasan anda seperti penjelasan ISIS. Israel merampas wilayah Palestina. Dan ISIS hanya berkoar-koar tapi tdk pernah menyerang Israel. Walau hanya dengan kerikil sekalipun. Kami tidak percaya jika ISIS membela Islam. Kami membenci ISIS, catat itu.
Daemoen @Mentimoen
3. Dibawah Israel, Palestina bergolak, dibawah pimpinan Yasser Arafat. Akhirnya dicapai perdamaian 1993 antara Yidzak Rabin & Yasser Arafat, bahwa PLO diberi kekuasaan mengadministrasi wilayah2nya sendiri, tetapi jangan menyerang2 Israel dan org2 Yahudi lagi.
Daemoen @Mentimoen
4. Masalahnya, PLO setelah sekian lama mendorong2 warga Palestina untuk menyerang Israel, ga bisa mengendalikan warga2 Palestina itu. Negara2 Arab dan Iran juga terus menghasut, seakan2 menyerang itu perbuatan mulia. Di Gaza, pemukiman Yahudi diserang terus oleh warga Palestina.
Daemoen @Mentimoen
5. Antara wkt itu sampai 2005, Israel melakukan banyak kebijakan. Pertama, Israel menyerahkan hak untuk mengurus perbatasan Gaza - Mesir kepada pasukan Mesir. Dgn demikian, tentara Israel ditarik dari Perbatasan Gaza - Mesir.
Daemoen @Mentimoen
6. Walaupun administrasi Gaza sdh diberikan pada PLO Al Fatah, tetap saja serangan2 warga Palestina dilancarkan pada pemukiman2 Yahudi di Gaza, sehingga tentara Israel bertahan disana, untuk menjaga keamanan. pic.twitter.com/aYiTYGZLPS
Expand pic
Daemoen @Mentimoen
7. Sementara itu, Israel membangun pagar kawat di perbatasan Israel Gaza untuk mencegah serangan2 org Gaza pada penduduk di wilayah Israel. Tetapi terjadi Intifada thn 2000, org2 Palestina menghancurkan pagar2 itu dan kembali menyerang, lalu rame banget berantem dgn IDF.
FFx @fndmntlfx
@Wika7Group @Mentimoen Gaza dulunya wilayah Mesir. Pada perang 6 hari, aliansi 3 negara Arab dibantu 5 negara Islam menyerang Israel tapi kalah. Gaza jatuh di bawah kekuasaan Israel. id.m.wikipedia.org/wiki/Perang_En…
Daemoen @Mentimoen
8. 2005, Israel memutuskan tidak mampu lagi melindungi pemukim Yahudi di Gaza. Lalu memaksa pemukim Yahudi itu meninggalkan rumah2 & tanah2 mereka di Gaza. Terjadi protes besar2an org Yahudi thd negara Israel. Tentara Israel melawan pemukim2 Yahudi, menarik mrk keluar. pic.twitter.com/8VHP7M47X8
Expand pic
Expand pic
Daemoen @Mentimoen
9. Dunia internasional menonton aja, krn kan yg diusir itu org Yahudi, jadi ga perlu dibela. Pengusiran paksa melibatkan ribuan tentara Israel, sering mrk terlihat menangis waktu harus menarik sesama org Yahudi dari tanah mereka. pic.twitter.com/DaaTgQAZib
Expand pic
Expand pic
Daemoen @Mentimoen
10. Ada 21 pemukiman Yahudi yg dikosongkan oleh tentara Israel. Setelah tidak ada lagi org Yahudi yg bermukim di Gaza, tentara Israel keluar dari Gaza, menyerahkan administrasi dan pengaturan keamanan Gaza sepenuhnya pada pemerintahan Palestina.
Daemoen @Mentimoen
11. Dengan keluarnya tentara Israel dari Gaza, mereka memperkuat pertahanan di perbatasan Gaza-Israel. Gaza diperlakukan sepenuhnya spt negara lain. Walaupun supply dari Israel terus dilakukan, demi kemanusiaan.
Daemoen @Mentimoen
12. Sesudah tentara Israel keluar dari Gaza, ternyata menciptakan vakum, yg kemudian dipergunakan oleh kelompok garis keras Hamas, yg dianggap terroris oleh Amerika dan Israel. Hebatnya, warga Gaza mendukung Hamas, mendepak kelompok Al-Fatah keluar.
Daemoen @Mentimoen
13. Hanya dlm wkt singkat setelah tentara Israel ditarik dari Gaza, Hamas berhasil menguasai pemerintahan Gaza. Israel menanggapi perkembangan ini dgn menutup perbatasan dgn Gaza, yg dinamakan blokade. Tapi Gaza masih ada perbatasan lain, dgn Mesir.
Daemoen @Mentimoen
14. Ternyata Mesir juga menutup perbatasannya dgn Gaza. Ini hebat, padahal dulunya Gaza itu wilayah Mesir lho. Cuma Mesir tahu kelakukan org Gaza, mrk ga mau negaranya kacau, jadi ditutup deh perbatasannya. Dimulut dibilang mendukung Gaza & Palestina, tetapi perbuatan beda.
Daemoen @Mentimoen
15. Gaza wkt itu berpenduduk lebih dari 1 juta, sdh padat. Tetapi mrk ga ada sumber ekonomi lainnya. Dunia internasional merasa kasihan, dan mengalirlah bantuan ke Gaza. Iran & negara Arab yg mendukung Hamas juga memberikan bantuan... dan senjata.
Daemoen @Mentimoen
16. Kayaknya penguasa Gaza memerlukan banyak manusia. Gaza sdh padat, bukannya pake keluarga berencana, tapi malah beranak melulu kek kelinci. Akhirnya saat ini penduduk Gaza sdh 2 juta jiwa. Gila banget.. Nah, anak2 yg merasa ga punya masa depan itu berani mati buat apapun.
Daemoen @Mentimoen
17. Saat ini Gaza itu sumber penyakit, ga ada negara Arab yg mau ikut campur kecuali memberikan duit untuk pencitraan. Siapa yg mau menanggung Gaza dgn 2 juta jiwa dan terus bertambah krn mrk sengaja bikin banyak2 anak? Jelas Mesir ketakutan, perbatasan di tutup rapat2.
Daemoen @Mentimoen
18. Siapa yg bisa menyalahkan Israel yg mencoba melindungi negaranya dari invasi jutaan org Gaza? Gitu, Israel pasti berusaha dgn segala daya upaya untuk mempertahankan pagar batas Gaza - Israel. Kalo kelompok Hamas masuk Israel, ya kacau deh. Jd jgn harap Israel akan diam saja.
Daemoen @Mentimoen
19. Menurut sy, masalah Gaza adalah bom waktu bagi wilayah itu. Itu adalah hasil kebodohan dan kemunafikan org2 Timteng wkt itu. Kalo PLO wkt itu ga minta otoritas sendiri di wilayah itu, mrk termasuk Israel, masih enak tuh jadi penduduk Israel.
Daemoen @Mentimoen
20. Ancaman instabilitas Gaza itu mengancam Israel dan Mesir. Kalo ga hati2, Mesir bisa diinvasi org2 Gaza. Mrk sdh puluhan tahun hidup dlm cara pikir dan cara pandang Hamas, pasti akan bentrok dgn tentara Mesir.
Daemoen @Mentimoen
21. Sy yakin 100%, kalopun warga Gaza minta perbatasan dicabut dan wilayahnya diambil kembali menjadi wilayah Israel, pemerintah Israel pasti ga akan mau. Jadi Gaza adalah sisa masalah yg ga terselesaikan, entah gimana jadinya ntar.
Daemoen @Mentimoen
22. Pertanyaan di benak semua pihak. Hamas tahu jelas2 pertahanan Israel di balik perbatasan Gaza-Israel kuat sekali. Kalau berusaha menjebol pertahanan itu pasti gagal dan akan mengakibatkan banyak korban pihak warga Gaza. Lalu kenapa mrk mendorong2 warga Gaza membobol batas?
Daemoen @Mentimoen
23. Mungkin jawabannya u/ pertanyaan diatas sederhana. Gaza tidak berhasil menciptakan aktifitas ekonomi yg benar. Penduduk Gaza bertahan hidup dari bantuan internasional. Kalo situasi damai2 saja, dunia internasional akan lupa akan adanya Gaza, termasuk lupa mengirim bantuan.
Load Remaining (54)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.