1
Login and hide ads.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga di seluruh daerah sudah dapat diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Hal itu bisa diterapkan saat pemerintah telah mencabut subsidi BBM

Sedangkan, pada pemerintahan sebelumnya, terdapat subsidi BBM sebesar Rp 340 triliun. Namun, ia mempertanyakan mengapa BBM satu harga tak bisa diterapkan di seluruh daerah di Indonesia pada saat itu.

"Dulu subsidi Rp 340 triliun kenapa harga nggak bisa sama. Ada apa? Kenapa nggak ditanyakan? Sekarang subsidi sudah nggak ada untuk di BBM, tapi harga bisa disamakan dengan di sini. Ini yang harus ditanyakan. Tanyanya ke saya, saya jawab nanti. Ini yang harus juga disampaikan ke masyarakat," ujar Jokowi.

Ia menceritakan kebijakan BBM satu harga perlu diterapkan untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab, harga BBM terutama di Indonesia bagian Timur sangat mahal dibandingkan dengan harga BBM di Jawa.

"Kita sering di Jawa, bensin naik Rp 500 perak saja demo tiga bulan. Bensin naik Rp 1.000 demonya enam bulan, tujuh bulan. Coba saudara kita di Papua, bensin Rp 60 ribu. Rp 60 ribu sudah berpuluh-puluh tahun nggak pernah demo mereka," kata dia saat menghadiri penutupan Workshop Nasional Anggota DPRD PPP se-Indonesia 2018 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Selasa (15/5).

Tukang seblak @Indra_Gumulya 15/05/2018 14:54:09 WIB
@republikaonline Kerja semaksimal mungkin demi kemakmuran rakyatmu pak, jangan suka membandingkan, yang suka membandingkan biasanya tidak punya rasa percaya diri loh.
Bang Iful @IfulAlfanisi 15/05/2018 14:55:45 WIB
@republikaonline Jelas beda jaman SBY BBM naik demonya dimana mana sekarang BBM naik gak ada yg demo, karena yg naikin yg dulu demen demo
#WaspadaBahayaKomunis *رجيم كيبول* @rior_13033 15/05/2018 15:02:12 WIB
@republikaonline Udah tau di rezimnya BBM selalu langka, kok mau dibanding2in segala? Dibandingin ama rezim SBY, ya jelas bedalah pakde @jokowi Rakyat mau beli gas melon aja harus ngantri berjam2, membelipun pake KTP pula! Tarif TDL itu cuma di jamanmu naiknya berkali-kali berlipat! 😒 pic.twitter.com/sogfQ7TFJW
 Expand pic
 Expand pic
Redi Susilo @MrReady3 15/05/2018 15:16:05 WIB
@republikaonline Bapak ini semangkin banyak ngomong semangkin keliatan kelemahan. Kalau dulu BBM naik banyak yg nangis, kalau sekarang naiknya BBM ngk tau2. Itu aja
#Duka Untuk Lombok# @tensai_tetsu 15/05/2018 15:35:28 WIB
@republikaonline Udah dibandingin. Murah jaman SBY. Mau naik diumumkan, nggak diem2 seperti jaman Jokowi. Kalau minyak dunia turun, jg diturunkan. Premium sekarang hilang. Adanya Pertalite dll. Harganya naik tiap bulan. BBM satu harga ngibul.
Merdeka untuk berjuang!!! @Misba1794 15/05/2018 15:37:54 WIB
@republikaonline Apa sekarang serbah susahdeh kami kapok!!! Mau di bandingin apanya pak SBY tetap gagah dan baik yg pro rakyat sama dengan Pak Prabowo , Pokoknya apapun kau omongin kami tetap ingin #2019GantiPresiden
Ricky @Sirqieee 15/05/2018 15:47:28 WIB
@republikaonline Beda bagai langit dan bumi atuh jok.. Jaman pak @SBYudhoyono bbm naik, partai wong cilik menolak ampe mewek".. Jaman ente bbm naek, partai wong cilik hepi",nyanyi" ketawa ketiwi.. Kan goblok..bener ga jok?
H@£IM J○u @solor_ 15/05/2018 17:18:51 WIB
@Sirqieee @republikaonline @SBYudhoyono Jaman SBY yg nikmati subsidi bbm lbh byk orang kaya (orang kaya yg punya mobil 4, 1 isi pertamax yg 3 nya isi premiun dst) rakyat yg dibodohi. Jmn JKW, subsidi dialihkan ke KIS dan KIP dll, bangun infrastruktur untuk kemakmuran rakyat byk.
andi arief @AndiArief__ 15/05/2018 17:30:52 WIB
jaman Jokowi harga minyak dunia rendah aekali. Subsidi dicabut sana sini. Ekonomi stagnan, Hutang menggunung, daya beli melorot, kurs meroket. Kemana uang cabut subsidi energi? kalau harga minyak meroket akan kemakan omongan republika.co.id/berita/ekonomi…
Arie Dirgantara @TheArieAir 16/05/2018 07:00:51 WIB
Jika gaya SBY yang abai pada pembangunan infrastruktur bukan saja menutup pintu bagi investasi, bagaimana bisa bersaing dengan negara2 tetangga jika pasokan listrik utk industri tidak cukup, biaya transport akan membuat tingginya capital cost
Arie Dirgantara @TheArieAir 16/05/2018 05:10:41 WIB
Periode Presiden: Kondisi global ekonomi dunia era Jokowi sebenarnya tidak sebagus era SBY. Namun keuletan dan kegigihan JKW mampu menembus berbagai rintangan tantangan kondisi dunia tsb.
Arie Dirgantara @TheArieAir 16/05/2018 05:13:46 WIB
Seandainya 10th era SBY menggunakan pola JKW dg pembangunan Infrastruktur yg mendorong investasi, menghidupkan industri dan export... niscaya kemajuan pesat bagi bangsa ini. Karena kondisi ekonomi dunia saat itu sdg kondusif. Sayang momentum tsb terlewat.
Arie Dirgantara @TheArieAir 16/05/2018 05:17:04 WIB
Type leadership JKW dan SBY mempunyai perbedaan strategy yg jauh berbeda. JKW menekankan pada arah kemandirian ekonomi bangsa sementara SBY memilih memanjakan rakyat dg bbg subsidi yg dlm jangka panjang akan membunuh kemandirian ekonomi bangsa.
Arie Dirgantara @TheArieAir 16/05/2018 05:20:36 WIB
Tentu stabilitas semu yg diciptakan pada era SBY adalah stabilitas semu karena subsidi tdk mendorong kemajuan bangsa dlm jangka panjang, subsidi akan menjadi beban generatif yg sekarang ditanggung era Jokowi dg pembayaran pokok pinjaman dan bunga yg dipergunakan subsidi era SBY.
Arie Dirgantara @TheArieAir 16/05/2018 05:24:18 WIB
BLT unconditional cash transfer era SBY menjadi alat politik telah melenakan rakyat mjd manja dan kehilangan daya juang. BLT seharusnya digunakan tepat sasaran dan tepat waktu hanya jk negara mengalami kondisi shock. Namun era SBY BLT dipermanenkan.
Arie Dirgantara @TheArieAir 16/05/2018 05:27:38 WIB
Keberanian JKW mengubah budaya dg mencabut berbagai subsidi yg dinilainya tdk membawa kearah kemajuan dan kemandirian ekonomi menjadi berorientasi pada industri dengan menarik investasi dan export yg mana prasyarat awal negara harus memiliki infrastruktur yg dpt menunjang.
Arie Dirgantara @TheArieAir 16/05/2018 05:31:45 WIB
Kemandhegan ekonomi rakyat era SBY saat itu tertutupi oleh berbagai subsidi yg beliau jalankan, ekonomi tumbuh karena ditunjang harga2 komoditas di pasar dunia yang sedang bagus. Namun efek kemandhegan tsb akan terasa jk ekonomi dunia memburuk spt saat ini.
Arie Dirgantara @TheArieAir 16/05/2018 05:34:27 WIB
Beruntung strategi ekonomi yg salah arah era SBY tsb dikoreksi JKW. anda bisa membayangkan jika JKW meneruskan gaya SBY yg populis dg bagi2 uang anggaran utk SUBSIDI dan abai terhadap pembangunan infrastruktur dan pemerataan.
Arie Dirgantara @TheArieAir 16/05/2018 05:40:10 WIB
BLT subsidi utk rakyat miskin di era SBY ini ternyata alokasinya lebih kecil dari subsidi untuk orang kaya (BBM). Subsidi itupun tidak merata karena hanya dinikmati orang kota di jawa dan sumatera.
Load Remaining (47)

Bookmarked tags

No tags
Login and hide ads.