6
Akbar Surya @akbarsurya

Savvy traveler | Blogger | Aviation Enthusiasts | Swimming | Technophiles | #AmazingRace

https://t.co/RyHhRvs3Ll
Akbar Surya @akbarsurya
Ga kerasa laptop udah berumur 6 tahun lebih dan alhamdulillaah masih baik-baik aja. Ada beberapa tips perawatan sampai optimasi laptop nih supaya awet dan tetap nyaman dipakai. Semoga bermanfaat ya. #RawatLaptop
Akbar Surya @akbarsurya
1a. Bersihkan cache laptop secara berkala. Cache adalah temporary file yg dibuat di harddisk untuk mempercepat akses data, sayangnya file yang sudah tidak terpakai masih tetap tersimpan, sehingga hanya menuh-menuhin harddisk.
Akbar Surya @akbarsurya
1b. Gimana caranya? Gunakan software "CCleaner" untuk membersihkan cache di harddisk. Googling aja, gratis kok itu. Rata-rata proses ini memakan waktu yang relatif sebentar, paling ga sampai 5 menit, tapi tergantung kondisi laptop ya.
Akbar Surya @akbarsurya
2a. Lakukan Defragment harddisk, Optimizing kalau di Win 8/8.1/10. Defragment ini menyusun kembali file yang terpisah sektor penyimpanannya. Ibarat kita mau bikin kopi, kalau gulanya ada di lemari, kopinya masih di toko, air panasnya di rumah tetangga, bakal lama kan bikinnya.
Akbar Surya @akbarsurya
2b. Buka Windows Eksplorer, itu yg buat nyari file. Pilih harddisk yg akan di-defrag, klik kanan, pilih Properties Pilih tab Tools, lalu klik Defragment/Optimize. Klik analyze, tunggu. Lalu defrag yg % fragment-nya paling besar dulu Proses ini agak lama, >6 jam kalau %nya besar
Akbar Surya @akbarsurya
3a. Kurangi program Auto Startup, program yang jalan saat Windows pertama kali hidup, krn ini dpt memperlambat "kesiapan" laptop utk dipakai. Cara Win7: Tekan tombol Windows + R di keyboard, ketik msconfig lalu tekan Enter, di tab Startup, uncheck program yang dirasa ga butuh.
Akbar Surya @akbarsurya
3b. Cara Win8/8.1/10: Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc di keyboard, lalu di Task Manager pilih Startup, pilih software lalu klik kanan di statusnya, pilih Disable. Pemilihan software ini agak tricky, krn kita ga boleh disable software penting, nanti malah ga running windowsnya.
Akbar Surya @akbarsurya
4. Update antivirus dan scan harddisk secara berkala. Sebenarnya pada kebanyakan anti virus, program ini sudah berjalan otomatis, tapi otomatis scan system saja. Scan rutin secara menyeluruh untuk seluruh harddisk, perlu dilakukan, paling tidak sebulan sekali.
Akbar Surya @akbarsurya
5. Ini agak ribet, lakukan Registry Cleaning. Karena komputer sudah di-install berbagai macam software, seringkali registry default berubah, dan ini bisa menyebabkan penurunan performa. Cleaning bisa dilakukan dgn CCleaner, tapi hati-hati, sebaiknya lakukan Backup sebelum mulai.
Akbar Surya @akbarsurya
6. Kalau harddisk mulai penuh dan belum berencana beli baru, bersihkan file tak terpakai, rapikan foldernya. Ini basic, tapi seringkali basic pun tidak dilakukan. Pertimbangan pula penggunaan cloud storage, OneDrive atau GoogleDrive utk simpan file yang jarang terpakai.
Akbar Surya @akbarsurya
7. Untuk pengguna SSD, aktifkan TRIM-nya, supaya manajemen sektornya lebih baik, dan umur SSD bisa lebih panjang. Hindari juga untuk terlalu sering melakukan tes kecepatan SSD.
Akbar Surya @akbarsurya
8. Sekarang pindah ke sisi hardware. Gunakan laptop di atas permukaan datar, dan jangan bungkus laptop dengan softcase ketika digunakan. Ini untuk menjaga aliran udara ke dalam laptop tetap baik utk pendinginan, sekaligus menjaga posisi harddisk agak tetap stabil putarannya.
Akbar Surya @akbarsurya
9. Bersihkan sela-sela keyboard, di beberapa tipe laptop sela-sela itu berfungsi sebagai ventilasi udara. Gunakan kuas kecil, lebih baik lagi dengan vacuum cleaner. Alternatif lain, gunakan cleaning gel, go Google "Keyboard cleaning gel".
Akbar Surya @akbarsurya
10. Lakukan hal yang sama di ventilasi udara buangan panas. Jika berani, lakukan pembersihan menyeluruh dgn membongkar laptop. Lakukan juga penggantian thermal paste di prosesor dan graphic card. Atau bawa ke tukang servis, jasa pembersihan sekitar 250rb-400rb per laptop.
Akbar Surya @akbarsurya
11. Kenapa panas jadi masalah? Panas yang tertahan di dalam laptop bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen di dalamnya yang dapat berujung pada kerusakan laptop bahkan bisa mati total karena komponennya meleleh.
Akbar Surya @akbarsurya
12. Total cleaning ini sebaiknya dilakukan setelah dua tahun pertama sejak laptop dibeli atau sampai habis masa garansi, lalu diulangi setiap tahun sekali. Kalau belum pernah dibersihkan? Segera lakukan, sebelum terlambat.
Akbar Surya @akbarsurya
13. Udah mentok semua cara dilakukan tapi masih lemot? Cara terakhir yang mungkin bisa dilakukan tanpa mengganti atau menambah hardware adalah.. install ulang sistem operasi @Windows-nya. Ibaratnya mulai dari nol. Oh ya, jangan pakai software bajakan ya!
Akbar Surya @akbarsurya
14. Punya dana lebih? Bisa cicil upgrade RAM dulu, lalu ganti HDD ke SSD. Penambahan kapasitas RAM bs meningkatkan jumlah software yang dapat dijalankan secara bersamaan. Penggantian ke SSD bisa meningkatkan kecepatan akses data paling tidak 8x kecepatan dari HDD.
Akbar Surya @akbarsurya
15. Untuk menjaga umur baterai, segera cabut charger jika sudah penuh, jangan dicolok terus menerus. Karena mau se-smart apapun charging protection juga bisa jebol lama-lama. Bisa juga pakai timer, jadi bisa otomatis mati setelah beberapa waktu charging.
Akbar Surya @akbarsurya
15b. Ini bukan promosi atau endorse ya, tapi kayaknya cuma ini merk yang ada di pasaran. Timer ini bisa mati setelah waktu yang kita tentukan, misal 2H, dia akan mati setelah 2 jam. Cukup efektif mengamankan proses charging laptop. *gambar dari tokopedia pic.twitter.com/sDQhlUFy8y
Expand pic
Akbar Surya @akbarsurya
16. Oh ya, jangan Sleep laptop jika akan dibawa pergi, sebaiknya Shutdown saja. Karena harddisk (HDD) masih berputar dalam posisi sleep itu, sehingga rentan rusak karena guncangan-guncangan. Ini ga berlaku untuk laptop dengan SSD (Solid State Drive).
Akbar Surya @akbarsurya
17a. Seiring umur, biasanya kipas internal laptop juga bisa melemah kekuatannya. Supaya bisa ngurangin suhu panas di dalam, bisa pakai penyedot panas/laptop cooler yg model di foto. Jangan cooling pad yg model tatakan, ga akan ngefek banyak. *gambar dari tokopedia pic.twitter.com/6UzGIcsa49
Expand pic
Akbar Surya @akbarsurya
17b. Kalau laptop jaman now biasanya buangan panasnya di belakang, dekat engsel monitor, kalau ini biasanya lebih bagus sistem pendinginnya. Again, gunakan laptop di permukaan datar, jangan di karpet, kasur, apalagi dipangku.
Akbar Surya @akbarsurya
17c. Cooler yg model penyedot tadi dipasangnya tepat di buangan panas ya dan harus rapat karetnya, jangan kebalik dipasang di tempat CD/DVD drive.
Load Remaining (6)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.