"Saya sampai membuka semua pakaian hingga celana dalam saya" Cerita Lawyer & Ex. Narapida Teroris ttg Perlakuan Aparat di Rutan Mako Brimob Depok, Jawa Barat

Namun pernyatan ini dibantah oleh Kepolisian
2

Tirto mendapatkan rekaman Abu Qutaibah, narapidana terorisme yang dituakan yang dipenjara di Mako Brimob. Abu Qutaibah menyebutkan makanan dari keluarga yang tidak boleh dibawa masuk akumulasi dari kekesalan narapidana karena perlakuan aparat. Di antaranya keluarga narapidana yang ditelanjangi saat pemeriksaan.

Kedah Tawakal @Kedah_Tawakal_

Ricuh di Mako Brimob ditengarai merupakan akumulasi kekesalan para napiter karena masalah barang titipan & perlakuan anggota polisi yang dianggap melecehkan istri mereka. tirto.id/cKem

12/05/2018 07:36:28 WIB
Agung WJS @Agungwjs

@TirtoID Rekaman ini sepertinya dibuat saat blm ada polisi yg gugur

11/05/2018 13:16:21 WIB
Story Beredar Kronologis Kejadian Kerusuhan di Mako Brimob via Rekaman Negosiasi Aman Abdurrah.. Dalam rekaan yang beredar Aman mengimbau agar napi terorisme yang sempat menduduki Rutan Mako Brimob untuk meredam emosi terlebih dahulu. 7827 pv 1 35

Selain rekaman Abu Qutaibah, perlakuan aparat terhadap narapidana teroris dan keluarga/pengacara yang membesuk diungkap oleh mereka yang pernah mengalaminya

tirtoid @TirtoID

Ricuh di Mako Brimob ditengarai merupakan akumulasi kekesalan para napiter karena masalah barang titipan & perlakuan anggota polisi yang dianggap melecehkan istri mereka. tirto.id/cKem

11/05/2018 18:30:01 WIB

Sebelum kami mendapatkan rekaman eksklusif Abu Qutaibah—orang yang dituakan dalam sel di tiga blok Rutan Salemba cabang Mako Brimob, pernyataan serupa juga kami dapatkan dari Muhammad Jibriel Abdul Rahman, mantan terpidana kasus tindak pidana terorisme Pemboman Hotel JW Marriot tahun 2009. Menurut Jibriel, kericuhan berdarah itu merupakan akumulasi dari perlakuan yang selama ini diterima para tahanan.

“Di saat orang divonis masuk ke dalam penjara, dia tidak akan pernah senyaman apa yang dia lakukan. Jadi, ketika kamu merasa dizalimi, itu wajar. Kalau enggak mau, ya bebas aja,” ujar Jibriel di sela-sela rapat persiapan aksi demonstrasi 11 Mei 2018 atau ‘Aksi 115’ di Monumen Nasional hari ini.

“Rentetan-rentetan terjadinya hal tersebut (kerusuhan di Rutan Mako Brimob) ini panjang,” katanya.

Ia menyebut kerusuhan Selasa malam (8/5) itu bermula dari perlakuan petugas di dalam rutan. Salah satunya prosedur pemeriksaan di dalam rutan yang membuat tahanan di blok khusus itu meradang.

Pernyataan serupa dikatakan oleh Firdaus Ghazali, pengacara deportan ISIS yang tertangkap di perbatasan Suriah. Di Rutan Mako Brimob, memang ada perlakuan yang membuat risih pembesuk. Ia pernah mengalami perlakuan yang dianggap melebihi batas ketika menemui kliennya di dalam rutan.

“Saya sampai membuka semua pakaian hingga celana dalam saya,” ujarnya.

Ia menyebut aturan ketat itu mulai berlaku baru-baru ini. Aturan itu, katanya, dibuat oleh Brimob yang menjaga keamanan di area rutan.

Ali Fauzi, mantan terpidana terorisme bom Bali sekaligus adik kandung Amrozi, juga mengatakan hal sama. Ia menilai ada perlakuan yang tak seharusnya diterapkan berlebihan pada prosedur pemeriksaan untuk para pembesuk di Rutan Brimob.

“Dalam beberapa hal, harusnya lelaki yang memeriksa. Ini yang membuat mereka tersinggung. Harusnya sesuai prosedurlah,” kata Ali Fauzi melalui sambungan telepon, Kamis (10/5).

Tirto mencoba mengonfirmasi ihwal pernyataan Abu Qutaibah seperti yang muncul dalam rekaman, bahwa ada perlakuan anggota polisi yang dianggap melecehkan istri mereka ketika membesuk tahanan di Mako Brimob, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto membantahnya.

"Enggak mungkin lah kalau itu. Hoaks itu saya berani jamin kalau yang menjenguk ditelanjangi, nggak mungkin," kata Setyo di Mabes Polri, Jumat (11/5)

moh.taufiq @muhtauf09

@hiongg @Agungwjs @TirtoID Petugas kadang juga membunuh tertuduh tidak manusiawi

11/05/2018 14:05:24 WIB
Agung WJS @Agungwjs

@muhtauf33355893 @hiongg @TirtoID Membunuh, apapun metodenya & siapapun pelakunya, gak ada yg manusiawi mas.

11/05/2018 16:04:07 WIB
B K Simamora(Bimo Prakoso) @simamora97

@TirtoID Apapun alasannya membunuh dgn sadis itu hanya dapat dilakukan psikopat

11/05/2018 18:39:32 WIB
Noise @e_bootle

@simamora97 @TirtoID Siyono dijemput dlm keadaan sehat di pulangkan sdh jadi mayat..

11/05/2018 19:04:18 WIB
Batik Pekalongan @BatikPekalongan

@arli_ardhi @TirtoID Lebih bahaya lagi jika pelaku penyiksa & pembunuh Sriyono sang guru ngaji tidak diadili. Ini jg bisa mjd legitimasi bahwa membunuh bisa dilakukan meski yg bersangkutan tdk terbukti sbg teroris.

12/05/2018 06:36:04 WIB
Sugar-free Daddy @Druginesia

@TirtoID Sekali menteror orang, kemerdekaan ente hangus, semua sesuai SOP, kalo ga mau diperlakukan seperti itu, caranya simple : JANGAN JADI TERORIS,

11/05/2018 19:17:11 WIB
Toblerone♔ @NugrohoAme

@TirtoID Polisi tak ada hak menelanjangi pembesuk karena mereka bukan tahanan

11/05/2018 19:33:56 WIB
Dana Rahmadiansyah @danaamang

@TirtoID Di luar dari tindakan para napiter yg emang gak manusiawi dan gak bisa ditolerir, tp utk menghubungkan beberapa kejanggalan di kasus ini kita jg butuh pandangan dari opini berbagai sisi. Semua punya versinya, versi polisi, napiter, bahkan versi politik. Nice one @TirtoID.

11/05/2018 20:05:50 WIB
LIAR @arli_ardhi

@TirtoID Ini narasi yang cukup berbahaya, Seakan-akan ada pembenaran pembunuhan 5 anggota polisi, Polri harus berbenah itu harus tapi narasi seperti ini hanya akan menjadi pemakluman akan aksi para napter !!!

11/05/2018 20:09:52 WIB
Toblerone♔ @NugrohoAme

@rizkigumellar56 @TirtoID Ya ampun mas aku kasian sama kamu jaman udah canggih masih ada yg berpikiran kayak gini percuma ada metal detector dan alat scan lainnya

11/05/2018 22:23:29 WIB
arafat @kopisanger

@TirtoID @ahokowi Kata orang dulu, tak ada asap bila tak ada api.. #alkisah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.. Semoga dapat menjadi bahan renungan pemimpin, bijak dalam bersikap, untuk Indonesia Raya 🇮🇩 #indonesiabersatu untuk #LawanPenguasaZalim

11/05/2018 23:33:08 WIB
- @berniemohammad

@mengusirkabut @TirtoID Kalau kamu ditelanjangin polisi brimob yang laki-laki, kamu mau? . Nanya aja sih ini.........

12/05/2018 00:49:35 WIB
🇳🇱нayyιvιra daιѕy araвella vanвergн💝 @Hayyi_ViRaDaisy

@TirtoID @AnonymousNdon Pastilah masalahnya sangat prinsip hingga terjadi chaos. Itulah sebabnya kita perlu Tabayyun supaya adil dalam menilai

12/05/2018 05:16:54 WIB
Load Remaining (23)

Comment

No comments yet. Write yours!