0
Hans Kwee @hans_kwee
Selamat siang, Senin, 07 Mei 2018, mari kita review market, #ekonomi #Indonesia #America #Europe
Hans Kwee @hans_kwee
1. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada perdagangan hari terakhir pekan kemarin, Jumat (4/5/2018). IHSG melemah menyusul kekhawatiran investor akan pertumbuhan PDB kuartal pertama yang dijadwalkan rilis Senin pekan depan.
Hans Kwee @hans_kwee
2. Di sisi lain, Optimisme konsumen di bulan April 2018 tipis menguat, setelah tiga bulan berturut-turut terus melemah. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2018 yang meningkat tipis 0,6 poin dari bulan sebelumnya menjadi 122,2.
Hans Kwee @hans_kwee
3. Peningkatan optimisme konsumen tersebut utamanya didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan. Meski IKK naik di Apri, inflasi inti April justru turun menjadi 0,15% dari bulan sebelumnya sebesar 0,2%.
Hans Kwee @hans_kwee
4. Penurunan inflasi inti itu meneruskan penurunan di Januari dan Februari 2018. Artinya, permintaan masih lemah. Jika dilihat IKK per kelompok, yang paling optimis adalah kelompok pengeluaran di atas 5 juta per bulan.
Hans Kwee @hans_kwee
5. Sementara yang IKK-nya menurun ada di kelompok pengeluaran menengah bawah. Ini menandakan tekanan daya beli kelas menengah ke bawah masih cukup besar. Hal ini lantaran masyarakat cukup khawatir terhadap penyerapan tenaga kerja.
Hans Kwee @hans_kwee
6. Bursa saham Wall Street di Amerika Serikat menguat signifikan pada penutupan perdagangan akhir pekan kemarin.
Hans Kwee @hans_kwee
7. Pelaku pasar mengabaikan data lapangan kerja namun merespon pergerakan saham Apple Inc yang mencetak all time high sehingga menjadi lokomotif penguatan saham-saham tekno.
Hans Kwee @hans_kwee
8. Indeks Dow Jones Industrial Average ( DJIA ) naik 332,36 poin ke posisi 24.262,51 berkat rally harga saham Apple sebesar 3,9 persen. Sementara itu Indeks S&P 500 naik 1,2 persen ke level 2.663,42 setelah sempat tumbang 0,4 persen pada sesi sebelumnya.
Hans Kwee @hans_kwee
9. Adapun Indeks Nasdaq naik 1,7 persen ke posisi 7.209,62. Bursa saham Eropa bergerak menguat pada final perdagangan akhir pekan kemarin seiring hasil laporan keuangan emiten yang positif walaupun saham-saham kapitalisasi besar, HSBC ,
Hans Kwee @hans_kwee
10. BNP Paribas dan Societe Generale menampilkan kinerja mengecewakan. Sektor banking dalam indeks benchmark market Eropa, the Stoxx 600 turun 0,7 persen. Sedangkan Indeks Stoxx 600 naik 0,3 persen.
Hans Kwee @hans_kwee
Sekian Market Review hari ini, selamat menjalankan aktifitas kembali.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.