2
Temporary Hiatus @OkeOnta
Semua manusia pasti pernah mengalami cobaan. Semua cobaan yang di berikan Allah kepada kita itu tidak sia-sia diberikan. Namun ada hikmah dibalik semua yang diberikan Allah. Tergantung bagaimana kita menanggapinya.
Temporary Hiatus @OkeOnta
Kita harus yakin bahwa Allah tidak menciptakan sesuatu secara sia-sia karena Allah Maha Bijaksana. Keimanan seseorang akan bertambah sesudah ia mengalami cobaan. Oleh karena itu orang tidak bisa dikatakan beriman ketika orang itu belum dicoba keimanannya dengan cobaan.
Temporary Hiatus @OkeOnta
Kesabaran dan keikhlasan sangat-sangat diperlukan dalam menghadapi cobaan yang tengah menimpa kita. Memang terkadang sulit untuk menumbuhkan dua hal itu. Tapi itu adalah kunci uatama dalam kehidupan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik.
Temporary Hiatus @OkeOnta
Hidup ini seperti roda yang berputar, kadang berada diatas dan kadang pula berada dibawah. Tergantung bagaimana kita memposisikannya, pastinya bahwa musibah adalah sebuah ujian yang datang dari Allah SWT untuk menguji hambaNya sebagai pembersih dan penghapus dosa-dosanya.
Temporary Hiatus @OkeOnta
Adapun hal-hal yang harus dilakukan dalam menghadapi musibah : - Mengetahui bahwa dunia adalah tempat ujian dan cobaan - Memahami bahwa musibah merupakan sebuah ketetapan Allah. - Memahami bahwa di sana masih ada musibah yang lebih besar dan banyak jumlahnya
Temporary Hiatus @OkeOnta
- Mengambil pelajaran dari keadaan orang-orang yang tertimpa musibah yang sama. - Berdo’a dan mengharapkan yang lebih baik dari Allah - Mengharap pahala dan balasan kebaikan dari Allah Ta’ala dengan bersabar. - Kita harus mengetahui bahwa bagaimana pun berjalannya sebuah taqdir
Temporary Hiatus @OkeOnta
- Mengetahui bahwa beratnya cobaan dan dahsyatnya ujian hal itu adalah dikhususkan bagi orang-orang pilihan. - Musibah yang terjadi adalah berdasarkan ridha dari Allah, maka sudah merupakan kewajiban bagi seorang hamba untuk ridha terhadap apa yang diridhai oleh Allah SWT
Temporary Hiatus @OkeOnta
- Mengoreksi diri ketika ia bersedih akibat musibah - Memahami bahwa musibah adalah hanya sesaat saja, seolah-olah ia tidak pernah terjadi.
Temporary Hiatus @OkeOnta
Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya jika Allah mencintai suatu kaum maka Dia akan menguji mereka. Barang siapa yang ridho (terhadap ujian tersebut) maka baginya ridho Allah dan barang siapa yang marah maka baginya murka-Nya” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.