Created on App

Oval, Kenyal, Keras dan Padat, Begini Pengalaman Seorang Mantan Terkena FAM alias Tumor Jinak Payudara yang Survived

Pengalaman terkena FAM by @awheurin
General knowledge
1
πŸ’ @kalengpringles
Thread sebuah cerita. Yang ditulis waktu lagi gabut.
πŸ’ @kalengpringles
Mau sedikit cerita aja waktu gue terkena fam. Bahasa halusnya sih fibroadenoma mammae dan bahasa kasarnya tumor jinak payudara. Awalnya gamau cerita ini ke siapa pun karna waktu itu gue mikirnya ini aib. Iya aib gue kena tumor. Penyakit. Dengernya aja udah serem.
πŸ’ @kalengpringles
Desember 2017. Bulan itu gue stress kali ya? Tempat kerja gue lagi ngejar target akhir tahun belum lagi urusan kuliah. Ini otak udah bekerja keras mikir gimana caranya ini semua selesai dengan hasil yang memuaskan. Kalau hasilnya buruk gue kepikiran mulu.
πŸ’ @kalengpringles
Oh iya lupa, imboost gue habis. Lupa beli. Hobi banget gue minum vitamin. Karna emang disini yg sering drop kalau gak gue ya adek gue. Kita bedua dan alm. ayah punya alergi yg sama. Beda sama ibu dia kuat bgt gak pernah sakit. Ah, atau lebih tepatnya dia gak nunjukin itu ke kita.
πŸ’ @kalengpringles
Jadi awalnya, gue ngerasa payudara kanan gatel banget. Pernah gue garuk sampe perih saking gatelnya. Tapi aneh yg kiri gak gatel sama sekali. Gue positif thinking aja mungkin gegara gue gak pernah mandi tiap balik. Yaudah besok malemnya gue coba mandi tapi kok masih gatel ya?
πŸ’ @kalengpringles
Eh pas mandi pagi, trs kebetulan pagi itu gue sadari pas di pijit kok ada benjolan? gue bengong. Yang ada diotak gue cuman satu, "kanker". Gue search aja "benjolan dipayudara" dan sedikit lega karna gak semua benjolan dipayudara itu kanker.
πŸ’ @kalengpringles
Tapi kanker bisa tumbuh di tempat benjolan muncul tadi. Gue nanya aja ke temen sma yg seinget gue dia pernah ada benjolan juga. Gue nanya ciri-cirinya gimana, dan itu sama persis kayak yg gue rasain. Disitu gue yakin kalo gue emang kena fam.
πŸ’ @kalengpringles
Ciri benjolan yg gue rasain: oval, kenyal, tegas, padet, dia punya batas sendiri gitu, guclak giclek apa ya indo nya? kayak bisa gerak gitu benjolannya bisa bergeser dan gak sakit waktu di teken. Gue periksa ke puskesmas dulu buat mastiin udah gitu baru ke rumah sakit.
πŸ’ @kalengpringles
Di rs gue periksa ke bagian bedah. Abis itu kata dokter nya "operasi yah" trs asisten nya bilang "iya neng ini mah harus di operasi biar diangkat kalo ngga nanti membesar gimana" ibu gue setuju banget. Gue nggak. Gue gamau operasi dan gamau dibedah.
πŸ’ @kalengpringles
Gue maunya pengobatan tradisional aja. Di bdg ada satu yg udah kesohor. Tapi ibu gue gak setuju. Dia bilang "Pengobatan tradisional blm tentu berhasil. Gimana kalo makin parah? ibu ridha, ikhlas kalo teteh di operasi". Gue cari pembelaan dong. Gue telpon abang gue. Dan dia setuju
πŸ’ @kalengpringles
Tapi pas nelpon ibu, dia malah setuju sama pilihan ibu. Labil bgt tuh cowok, kesel. Oh iya gue nanya ke kating yg anak fk. Dia antusias banget heran. Dia bilang gini "Iyalah kalo ke bagian bedah pasti disaranin operasi" "Harusnya ke bagian dalem dulu, jgn bilang fam"
πŸ’ @kalengpringles
"Nanti disaranin terapi hormon". Bener juga ya. Disitu makin kekeuh gamau operasi. Sabtunya gue ke rs lagi buat ambil hasil lab sama rontgen. Ini hasil rontgen nya. Trs pas mau diambil darah, kating gue ngechat gini. Ternyata dia kena fam sebelah kiri. Udah setahun. pic.twitter.com/H3ntkQgevT
Expand pic
Expand pic
πŸ’ @kalengpringles
Gue kalo lagi marah atau apa suka keinget kata-kata ini. Pokoknya disitu otak gue encer dan akhirnya gue memutuskan buat operasi. Eh pas mau balik, nama gue dipanggil. Gue disuruh operasi besok minggu. Gak ada persiapan woy.
πŸ’ @kalengpringles
Malem nya gue nginep di rs ditemenin sama ibu dan adek cowok gue. Harus puasa dulu ya. Jadwal operasi jam 10 pagi. Itu pertama kalinya gue masuk ruang operasi dingin bgt wkwkwk karna emg harus steril kali ya. Biasanya cuman liat di drakor doang.
πŸ’ @kalengpringles
Β±2 jam operasi, pas sadar udah di ruang inap aja. Ibu gue gak keingetan buat foto benjolannya padahal ditawarin. Merah kayak daging aja gimana segede garis pertama jari kelingking ibu gue katanya. Seminggu setelahnya, gue lepas jaitan.
πŸ’ @kalengpringles
Oh iya gue gak pake jaitan yg nyatu sama kulit ya. Pas benangnya dilepas nyut nyutan:( Benangnya mirip gelasan. Trs belum nyatu semua masih ngebuka gitu otomatis gue bisa liat isi dalem payudara gue gimana ya walaupun dikit. Udah gitu dibentonin kayak di rekatkan gitu biar nyatu.
πŸ’ @kalengpringles
Januari itu gue gak mandi sebulan cuman di lap aja.πŸ˜‚πŸ˜‚ Banyak step step nya sampe lepas benton dan kering gue baru boleh mandi. Bahagia banget woy dan langsung keramas. Banyak pantangan makanan dan gue disuruh minum vitamin terus.
πŸ’ @kalengpringles
Jangan sampe drop pokoknya biar si tumor tidak berkembang lebih cepet lagi. Tumornya gak ilang. Temen gue aja udah operasi benjolannya ada lagi trs operasi lagi. Jadi apa ya intinya?ini kali ya 1. Berserah diri sama Allah. Ikhlas dan ridha maka semuanya akan terasa mudah
πŸ’ @kalengpringles
2. Biasakan SADARI. Itu penting banget. Lakukan setelah haid, pijit payudara searah jarum jam. Itu cara efektif buat cegah kanker/tumor sejak dini. 3. Kalo kalian ngerasain ada benjolan, jgn langsung panik. Gue pernah baca artikel di payudara emang ada benjolan.-
πŸ’ @kalengpringles
Jadi gak semua benjolan di payudara itu tumor. Tapi gue gatau bedanya gimana. Kalau pengen lebih yakin, periksain aja dulu ke puskesmas.
πŸ’ @kalengpringles
4. Jangan khawatir soal biaya. Sekarang udah ada bpjs kan? gue juga make bpjs, tapi punyanya yg bayar. Temen gue yg operasi itu di pake bpjs yg full gratis. Bisa juga kok. Cuman ya prosedurnya ribet.
πŸ’ @kalengpringles
5. Buat kalian mungkin ada yg kayak gue, semangat ya! Jaga makanan kalian inget. Makan sedikit makanan yg dipantang boleh lah gue juga gitu kok wkwkwkkw.
πŸ’ @kalengpringles
Segitu aja cerita dari gue. Semoga bermanfaat ya. Semoga kita dan orang yang kita sayangi diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan-Nya. Amin. Oh iya, selalu bersyukur! pic.twitter.com/T8fNtpep3Z
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.