Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.
Created on App

Biar Gak Parno Lagi Sama Penyedap Rasa Alias MSG, Begini Cara Pembuatan MSG yang Perlu Kamu Tau

Kultwit dari @noe_roelz
0
ñöê @noe_roelz

Aku mau kultwit ttg proses pembuatan MSG boleh? Biar kalian ga parno sama MSG...

04/05/2018 12:41:53 WIB
ñöê @noe_roelz

Tahun 2010, berkesempatan magang di pabrik pembuatan MSG. Dari magang tersebut jadi tahu bagaimana MSG dibuat; meliputi bahan baku dan proses pembuatannya. Pabriknya PMA dr Korsel, jadi pas magang banyak barengan sama ahjussi2 anyonghasseo gitu. Oke. Fokus. MSG.

04/05/2018 16:09:22 WIB
ñöê @noe_roelz

MSG atau Monosodium Glutamat adalah garam glutamat yang dihasilkan dari asam glutamat yang digaramkan dengan sodium hidroksida. Asam glutamat dihasilkan dari proses fermentasi oleh bakteri.

04/05/2018 16:13:21 WIB
ñöê @noe_roelz

Beberapa jenis bakteri digunakan untuk memproduksi asam glutamat, salah satunya adalah Corynebacterium glutamicum yg digunakan di tempatku magang dulu. Komposisi genetik bakteri fermentor ini terus disempurnakan untuk menghasilkan strain baru yg optimal memproduksi asam glutamat

04/05/2018 16:19:50 WIB
ñöê @noe_roelz

Untuk memproduksi asam glutamat, bakteri ini butuh bahan baku dan makanan. Pernah denger kan iklan MSG yg bilang: terbuat dari saripati tetes tebu alami. Nah. Tetes tebu ini salah satu makanan si bakteri. Sumber karbon tepatnya. twitter.com/makIqal/status…

04/05/2018 16:35:51 WIB
ñöê @noe_roelz

Ada dua persiapan utama sebelum proses fermentasi dimulai, persiapan media (makanan bakteri) dan persiapan bakteri fermentor. Makanan bakteri ini harus mengandung gula sederhana yg mudah dicerna (bakteri ndak punya gigi yha) dan mengandung nitrogen untuk sintesis asam glutamat.

04/05/2018 16:49:18 WIB
ñöê @noe_roelz

Sumber gula sederhana yg digunakan antara lain tetes tebu, tetes bit, gula invert (raw sugar) dan dekstrosa hasil fermentasi enzymatis dari tepung tapioka. Sedangkan sumber nitrogen bebas yang digunakan adalah hidrolyzed soybean meal atau tepung kedelai yg telah dihidrolisis.

04/05/2018 16:49:19 WIB
ñöê @noe_roelz

Hidrolisis asam yang dilakukan pada tepung kedelai bertujuan untuk memecah ikatan asam amino dalam protein tepung kedelai sehingga dihasilkan nitrogen bebas yg siap digunakan oleh bakteri fermentor untuk memproduksi asam glutamat.

04/05/2018 17:04:20 WIB
ñöê @noe_roelz

Sementara bahan makanan disiapkan, bakteri fermentor juga disiapkan dalam tangki seed fermentor. Tujuan proses ini adalah untuk memperbanyak sel bakteri hingga mencapai jumlah optimal untuk proses fermentasi utama.

04/05/2018 17:04:21 WIB
ñöê @noe_roelz

Biakan murni Corynebacterium glutamicum diperbanyak dalam tangki seed fermentor dengan sumber makanan yg kurang lebih sama dengan sumber makanan dalam fermentasi utama.

04/05/2018 17:04:22 WIB
ñöê @noe_roelz

Nah. Setelah semua siap, makanan bakteri dan seed dialirkan ke dalam tangki fermentor utama. Pada tahapan ini, proses fermentasi asam glutamat siap dimulai.

04/05/2018 17:04:23 WIB
ñöê @noe_roelz

Fermentasi asam glutamat berlangsung selama kurang lebih 36jam pada suhu mesofilik (36-39°C) aerobik (membutuhkan oksigen). Asam glutamat berupa larutan (broth) kemudian dialirkan ke dalam tangki netralisasi.

04/05/2018 18:51:47 WIB
ñöê @noe_roelz

Tangki netralisasi ini merupakan awal dari proses pemurnian asam glutamat yg akan memisahkan glutamat dari broth dan membentuknya menjadi garam glutamat dengan mereaksikan dengan sodium hidroksida.

04/05/2018 18:51:48 WIB
ñöê @noe_roelz

Setelah proses refinery selesai, larutan berisi garam sodium glutamat masuk ke dalam tangki dekolorasi untuk memutihkan larutan sebelum proses kristalisasi dan pengeringan. NB. Tadi udah ngubek2 file magang, ga ketemu pic garam glutamat yg masih belum berbentuk mecin (-,-)"

04/05/2018 18:59:20 WIB
ñöê @noe_roelz

Nah proses pembuatan MSG udah kelar dibahas kulit2nya. Setelah tau bahan baku dan cara produksinya, masih parno sama MSG? FDA aja menyatakan MSG aman dikonsumsi koq, asaaaaaal tidak dalam jumlah berlebihan. Percayalah, segala sesuatu yg berlebihan (apalagi kangen) itu ga baik.

04/05/2018 19:11:39 WIB
ñöê @noe_roelz

Temen sekolah ponakanku, kalo mau mabu hemat cukup mencampurkan sebungkus mecin gopean ke dalam minuman bersoda. Teler! Wait, don't try this at home lho ya, sobat mabu...

04/05/2018 19:22:28 WIB
ñöê @noe_roelz

Hasil penelitian yg pernah dilakukan menunjukkan bahwa mencit yg diinjeksi MSG dalam jumlah berlebih mengalami gangguan syaraf, gangguan kesetimbangan dan tremor. Sayangnya, penelitian yg sama belum pernah dilakukan pada manusia. Yakaleeeeeee.

04/05/2018 19:26:38 WIB
ñöê @noe_roelz

Sensitifitas masing2 individu pada MSG berbeda2. Pada individu yang hipersensitif, konsumsi MSG dalam jumlah yg melebihi batas toleransi tubuh dapat menyebabkan mual, pusing dan ruam2 pada kulit. Dg dosis yg sama, bisa jadi tidak berdampak apapu pada individu yg tidak peka.

04/05/2018 19:30:01 WIB
ñöê @noe_roelz

KALO GA PEKA YA EMANG GITU SIH. MAU DIKASIH MECIN SEBERAPAPUN YA GA NGEFEK. KAYAK KAMU, DIKODEIN PAKE SANDIAGA YUNO JUGA GA BAKAL NGERESPON.

04/05/2018 19:32:03 WIB
ñöê @noe_roelz

Kalo mau baca lebih lanjut yes or no MSG, sila kulik artikel berikut.. Demikian curcolan sy di sela2 kultwit tentang MSG, terimakasih dan terima pertanyaan yg ga susah2... healthline.com/nutrition/msg-…

04/05/2018 19:34:11 WIB
ñöê @noe_roelz

@NakenOutlawz Oiya. Glutamat secara alami ada di dalam bahan pangan berprotein.. Yap. Chicken broth bisa

04/05/2018 21:10:00 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!