7
Tirta @romeogadungan
Oke, gue bakal cerita sedikit kenapa menurut gue pemerintahan Jokowi makin gak jelas belakangan ini.
Tirta @romeogadungan
Gue akan komen di bidang yg sedikit gue pahami. Bisnis, finansial dan keuangan.
Tirta @romeogadungan
Yg paling gue rasakan adalah harga minyak, nilai tukar rupiah, dan pasar saham. Diliat dari harga minyak dunia yg udah semakin naik, udah saatnya pemerintah naikin harga jual bbm bersubsidi.
Tirta @romeogadungan
Tapi yg terjadi apa? Harga nggak naik, alasannya jelas politis. Ini musim kampanye bung, naikin harga bbm sekarang ngerusak elektabilitas.
Tirta @romeogadungan
Masalah utang juga gue ngerasa aneh. Gue nggak anti utang tapi harusnya utang mempunyai leverage (daya ungkit) untuk perekonomian. Tapi sekarang apa? Utangnya naik, pertumbuhan ekonomi juga stagnan di 5%.
Tirta @romeogadungan
Padahal sekarang komoditas unggulan Indonesia (batubara) harganya lagi bagus. Kenapa nggak membantu trade deficit? Ekspor lebih kecil dari impor.
Tirta @romeogadungan
Nilai tukar rupiah sekarang juga udah hampir ke 14rb. Ngelesnya selalu sentimen dari luar. Gue setuju itu sentimen dari luar, tapi kok semacam gak ada barrier untuk itu. Setiap ada sentimen buruk, rupiah kita selalu yg terdampak paling parah.
Tirta @romeogadungan
IHSG Year to Date udah hampir minus 9%. Salah satu performa terburuk dibandingkan bursa lain.
Tirta @romeogadungan
Belum lagi kayak acara IMF di Bali. Ngabisin segitu banyak duit untuk acara kayak gitu gak masuk akal. Buat apa?
Tirta @romeogadungan
Belum lagi hal remeh temeh kayak Jokowi naek motor ada campaign berhestek di social media. Buat apa?
Tirta @romeogadungan
Keberhasilan incumbent itu adalah dari hasil kerja bukan dari hestek.
Tirta @romeogadungan
Alasan perekonomian Indonesia gak melaju kencang itu gue nggak mgerti sih. Rating udah naik, apbn gak bergantung pada subsidi lagi, suku bunga udah rendah. Tapi tetap di 5%? Kenapa?
Tirta @romeogadungan
Apakah akan kembali memilih Jokowi? Gue belum tau. Gue akan melihat alternatif penggantinya. Prabowo? Suka sih. Tapi gak suka orang2 di belakangnya.
Tirta @romeogadungan
Apapun yg membuat ormas radikal semakin dekat dengan kekuasaan akan gue lawan. Gue gak mau Indonesia kayak Timur Tengah. Jadi, capres yg deket2 ama ormas radikal ya mohon maaf aja. You won't get my vote.
Tirta @romeogadungan
Udah gitu doang. #2019GantiPresiden? Ganti ama siapa? Calonnya aja belum ada yg nongol. Programnya belum keliatan. Kalau udah ada, baru diadu ama program Jokowi. Berantemnya di tataran ide dan gagasan. Bukan ngata2in cebong onta doang di TL.
Evan Fabio @evanfabio
@romeogadungan Spot on. Meski pro Jokowi, ada masa dimana emang sangat sulit utk gue nge-defend Pemerintah. Kadang sebagai pendukung harusnya kita jadi benteng pertama untuk ngekritik dan mengingatkan, bukan apologists yang buta.
Tirta @romeogadungan
Susah memang untuk membela program2 Jokowi. Bagus sih infrastruktur dibangun, tapi kalau gak ngefek ke ekonomi buat apa? Sejauh ini belum keliatan sih.
Yona_Sukmalara @yonasukmalara
@romeogadungan Apa yang buat suka sama Prabowo bang? Aku agak kaget karena pernyataan ini.
Tirta @romeogadungan
Tapi lo harus ngasih kredit ke pemerintahan Jokowi. Ada hal2 yg emang beres selama dia menjabat. 1. Infrastruktrur dibangun. 2. Daerah selain Jawa diperhatikan. 3. Kebakaran hutan yg dulu tiap tahun udah gak terjadi lagi.
Tirta @romeogadungan
Gue punya satu asumsi sih. Ini pendapat gue doang tanpa dukungan data apapun. Pertumbuhan ekonomi itu harusnya gak cuma tataran nasional, tapi harusnya sampe level ke pemerintah daerah.
Tirta @romeogadungan
Apalagi sejak otonomi daerah, peran pemda thd kemajuan ekonomi satu daerah itu gak kalah penting dibandingkan pemerintah pusat.
Tirta @romeogadungan
Dan menurut gue, Jokowi belum bisa mengkonsolidasikan kekuatan dan kebijakannya sampe ke level pemerintahan daerah. Ntah karena alasan politis atau apa. Jadinya ya kebijakannya mandek. Di bawah nggak jalan.
Load Remaining (24)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.