Created on App

Kenali sistem penilaian terbaru SBMPTN 2018

0
Meity MU @Meity_MU

2. Mungkin ada yang sudah tau kalau sistem penilaian SBMPTN 2018 ini tidak lagi menggunakan sistem nilai 4-0-(-1), tapi menjadi 1-0-0. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:33:04 WIB
Meity MU @Meity_MU

3. Gue akan mengulangi detail-nya sekali lagi di sini supaya lebih jelas. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:33:22 WIB
Meity MU @Meity_MU

4. Dari tahun-tahun sebelumnya sampai pada tahun 2017 kemarin, sistem penilaian SBMPTN yang kita semua tau adalah 4-0-(-1), maksudnya: #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:33:47 WIB
Meity MU @Meity_MU

5. Kita akan mendapat skor 4 untuk tiap soal yang kita jawab dengan BENAR, #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:34:11 WIB
Meity MU @Meity_MU

6. Kita akan mendapat skor 0 untuk tiap soal yang TIDAK JAWAB atau KOSONG, dan #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:34:33 WIB
Meity MU @Meity_MU

7. Kita akan mendapat skor (-1) untuk tiap soal yang kita jawab SALAH. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:34:52 WIB
Meity MU @Meity_MU

8. Nah, tahun 2018 ini, sistem penilaiannya akan menjadi 1-0-0, maksudnya: kita akan mendapat skor 1 untuk tiap soal yang kita jawab dengan BENAR #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:35:14 WIB
Meity MU @Meity_MU

9. Kita akan mendapat skor 0 untuk tiap soal yang TIDAK JAWAB atau KOSONG, dan #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:35:32 WIB
Meity MU @Meity_MU

10. Kita akan mendapat skor 0 untuk tiap soal yang kita jawab SALAH. Sampai di sini sudah mengerti kan ya perbedaannya? Okee. Kita lanjut ya. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:35:54 WIB
Meity MU @Meity_MU

11. Selain sistem scoring, metode penilaian di tahun 2018 ini juga akan memperhatikan karakteristik tiap soalnya, khususnya di tingkat kesulitan untuk membedakan kemampuan peserta. Dan akan dilakukan 3 tahap: #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:39:42 WIB
Meity MU @Meity_MU

12. Tahap I. Seluruh jawaban peserta SBMPTN 2018 akan diproses dan diberi skor 1-0-0 seperti yang sudah dijelaskan di atas. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:40:05 WIB
Meity MU @Meity_MU

13. Tahap II. Tiap soal akan dianalisis karakteristiknya dengan pendekatan Teori Respons Butir (Item Response Theory). #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:40:26 WIB
Meity MU @Meity_MU

14. Salah satunya, akan dilihat tingkat kesulitan relatifnya terhadap soal yang lain dengan melihat respons jawaban yang masuk dari semua peserta SBMPTN tahun 2018. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:40:49 WIB
Meity MU @Meity_MU

15. Dengan perhitungan tertentu, akan terlihat soal mana yang masuk kategori susah, sedang, atau gampang. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:41:07 WIB
Meity MU @Meity_MU

16. Tahap III. Karakteristik soal yang diperoleh di Tahap II kemudian akan digunakan untuk menghitung skor tiap peserta. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:41:22 WIB
Meity MU @Meity_MU

17. Jadi, akan ada pembobotan soal. Soal yang dianggap susah nantinya pasti akan mendapat bobot lebih tinggi dibanding soal yang dianggap mudah. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:41:37 WIB
Meity MU @Meity_MU

18. Jadi, kalo ada peserta yang menjawab JUMLAH SOAL yang SAMA dengan BENAR, maka skornya BELUM TENTU SAMA, tergantung dari nomor soal mana yang mereka jawab. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:41:56 WIB
Meity MU @Meity_MU

19. Misalnya, nih: Peserta A menjawab lima soal dengan BENAR, yaitu nomor 1, 2, 3, 5, 6. Sedangkan peserta B menjawab lima soal dengan BENAR di nomor 1, 2, 3, 7, 8. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:42:10 WIB
Meity MU @Meity_MU

20 . Nilai keduanya belum tentu sama, tergantung bobot soal di tiap nomor yang mereka kerjakan. Kebayang? #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:42:25 WIB
Meity MU @Meity_MU

21. Nah. Pertanyaan yang akan muncul biasanya begini: "Jadi, saat tes, gimana kita tau, nomor soal yang sedang kita kerjakan itu termasuk nomor soal yang bobotnya susah atau enggak?" #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:42:38 WIB
Meity MU @Meity_MU

22. Selain ngumpulin skor dari soal gampang, lo juga pasti pengen dan penasaran dong untuk mengerjakan soal yang termasuk kategori susah, supaya skor yang dikumpulin bisa lebih banyak lagi. Ya, gak? #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:43:28 WIB
Meity MU @Meity_MU

23. Singkatnya, saat mengerjakan soal, kita GAK BISA TAU mana nomor2 soal yang termasuk kategori susah, sedang / yang gampang karena penilaiannya akan bergantung pada jawaban yang masuk dari seluruh peserta SBMPTN 2018. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:44:46 WIB
Meity MU @Meity_MU

24. Jadi, setelah seluruh jawaban peserta SBMPTN masuk, baru bisa dianalisis karakteristiknya. Soal-soal nomor berapa saja yang paling banyak dijawab benar oleh peserta tahun 2018 itu. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:45:14 WIB
Meity MU @Meity_MU

25. Semakin banyak yang menjawab dengan benar, berarti ada kemungkinan nomor soal tsb termasuk kategori gampang. Begitu juga sebaliknya. Gampangnya sih, gitu walaupun sebenarnya perhitungan IRT jauh lebih kompleks dari ini. #tryoutSBMPTNPDIP2018 #tryoutPDIP2018 #tryoutM3TAL2018

29/04/2018 12:45:43 WIB
Load Remaining (4)

Comment

No comments yet. Write yours!