1
Rudi Valinka @kurawa
Gue akan bahas soal TKA tiongkok ini jika kalian mereply twit gue ini dengan menulis hestek #AMCA minimal 222 x πŸ˜ŽπŸ˜‹
Rudi Valinka @kurawa
Mantap reply #AMCA nya sdh 300an neh πŸ‘πŸ‘ kita mulai yah soal TKA tiongkok neh, menjawab semua serangan isu ini apakah benar atau fitnah? Dijelaskan dengan bahasa yg gak ribet yah
Rudi Valinka @kurawa
Sebelum membahas ke TKA tiongkok gue mau tarik mundur dulu beberapa tahun silam..mengapa isu TKA baru ada menjelang pilpres 2019 padahal trend TKA tiongkok sdh ada sejak tahun 2012 dimasa SBY presiden
Rudi Valinka @kurawa
Tahun 2012 gue pernah bikin kultwit soal TKA yang berasal dari Korea Selatan dimana posisi kita benar2 dibodohi oleh mereka saat itu (pabrik sepatu) , kalo followers lama gue pasti masih ingat πŸ˜‚
Rudi Valinka @kurawa
Sebagai pengingat sedikit banyak pekerja2 kasar di korsel (supir bis, penjaga toko dll) dibawa ke Indonesia lalu dijadikan manajer pabrik agar mengawasi pekerja indonesia layaknya mandor dijaman tanam paksa
Rudi Valinka @kurawa
Sejak akhir tahun 90 an banyak sekali pekerja2 asal korsel mendatangi jakarta.. mereka digaji dikisaran US$ 3000 kemudian dipotong 20% oleh yang bawanya orang korsel juga..
Rudi Valinka @kurawa
Dimasa itu pekerja korsel memenuhi jabodetabek bersaing dengan pekerja2 asal jepang, terutama di daerah industri seperti tangerang, cikarang, ciawi, kalo di perkotaan ada di daerah blok M, kelapa gading
Rudi Valinka @kurawa
Di masa itulah tumbuh banyak restoran2, pub, cafe hingga karaoke ++ khusus buat mereka πŸ˜€.. iya kan? Sampai sekarang pun masih banyak bahkan banyak dari mereka yg sdh mengajukan diri menjadi WNI
Rudi Valinka @kurawa
Walau sama2 sipit matanya dgn TKA tiongkok πŸ˜€ herannya keberadaan TKA jepang dan korsel ini gak ada yang permasalahin loh sama politikus2 ini.. apa jangan2 karena suka temenan di tempat karaoke kali yah (saudara sepersusuan 🀣🀣)
Rudi Valinka @kurawa
Nah iya ini masih bisa dibaca salah satu Xfiles hasil audit gue saat membahas TKA korsel RT @RobbySuliantoro: Bantu link kur chirpstory.com/li/25768
Rudi Valinka @kurawa
Pertanyaannya mengapa Indonesia hanya menjadi daya tarik bagi TKA jepang dan korsel pada saat itu, lalu kemana TKA tiongkok? Kok baru tahun 2012 mereka mengunjungi indonesia?
Rudi Valinka @kurawa
Jawabannya mudah karena orang Indonesia LUCU sekali 😁 mereka hanya minta jadi pekerja saja setiap kali mereka buka usaha, mentalnya kan mental gajian gak ada tuntutan alih tehnologi pokoknya disuruh2 dikasih gaji Alhamdulillah
Rudi Valinka @kurawa
Kata orang jepang ke orang korea dalam sebuah acara minum soju dan sake : lihat aja Astra International sudah 60 tahun berada di Indonesia tapi sampai skr mereka belum dikasih ilmu cara buat mobil πŸ˜‚ blok mesinnya hanya boleh dibuat di jepang
Rudi Valinka @kurawa
Jangan ditulis Bodoh karena gue juga orang Indonesia πŸ˜‹, cukup dengan kata LUCU karena permintaan kita sederhana banget cuma minta jadi jongos aja uppss maaf maksudnya pekerja
Rudi Valinka @kurawa
Berapa jumlah TKA jepang dan korsel saat itu? Kalo dari data yang ada lebih banyak dari TKA tiongkok saat ini, bahkan korsel sampai membentuk Korindo (korea indonesia) utk melindungi warga korsel yg ada di sini
Rudi Valinka @kurawa
Enaknya "Kue" di Indonesia yang dinikmati jepang dan korea banyak membuat iri negara lain..salah satu negara yg mereka khawatirkan adalah RRC negara yg ekonominya melesat di tahun 2000an dengan kekuatan dananya
Rudi Valinka @kurawa
Tiongkok yang berniat ekspansi mencoba mematahkan dominasi jepang di indonesia, usaha mereka sampai skr belum memuaskan karena peringkat RRC masih kalah jauh dengan jepang sbg negara investor sekaligus kreditor buat RI
Rudi Valinka @kurawa
Utk melawan dominasi jepang dan korea di Indonesia Tiongkok menawarkan skema menarik dalam melakukan investasi seperti kecepatan, alih tehnologi hingga permodalan yang lebih murah
Rudi Valinka @kurawa
Yah gue harus jalan twitnya disambung besok lagi yah.. πŸ˜€ masih banyak kok ceritanya nanti ujungnya bisa menyimpulkan isu ini utk jadi bahan diskusi kalian

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.