0
Dian Sekar @DianSekar2
1. Selama ini jerawat yang muncul di wajah dikaitkan dengan kebersihan area wajah. Padahal menurut pakar, faktor penyebab munculnya jerawat di wajah bukan hanya soal kebersihan.
Dian Sekar @DianSekar2
2. dr Adam Friedman, pakar dermatologi dari George Washington University mengatakan stres melepaskan hormon kortikotropin (CRH). Nah, hormon inilah yang bertanggung jawab terhadap produksi minyak wajah yang berlebih.
Dian Sekar @DianSekar2
3. Tak hanya menambah produksi minyak di wajah, stres juga membuat tubuh mengirimkan sinyal ke area kulit. Sinyal-sinyal ini membuat kulit lebih mudah terasa gatal dan digaruk.
Dian Sekar @DianSekar2
4. "Ketika kulit digaruk, kotoran dari tangan ditambah dengan produksi minyak berlebih bisa membuat jerawat bertambah banyak," ungkap Friedman, dikutip dari Channel News Asia.
Dian Sekar @DianSekar2
5. Stres yang berulang dikatakan Friedman bisa membuat kemampuan kulit menahan air berkurang. Akibatnya, kulit menjadi lebih mudah kering dan luka.
Dian Sekar @DianSekar2
6. Sebelumnya, dr Suksmagita Pratidina, SpKK, menyebut penyebab jerawat bermacam-macam. Selain stres, jerawat juga bisa terjadi karena kebiasaan merokok, pemakaian kosmetik dan kurang nutrisi.
Dian Sekar @DianSekar2
7. Penyebab utama jerawat dikatakan dr Gita yaitu peningkatan produksi sebum atau kelenjar minyak, yang kemudian jika terkena bakteri atau ada hiperkeratinisasi (penebalan lapisan kulit), maka akan mudah memicu radang dan jerawat.
Dian Sekar @DianSekar2
8. Keratinisasi kulit dan penyumbatan folikel dapat mempercepat terbentuknya jerawat, sementara bakteri normal pada kulit yang dikenal sebagai P.acnes, menghasilkan substansi yang mengiritasi sehingga dapat menyebabkan peradangan pada kulit.
Dian Sekar @DianSekar2
9. "Akumulasi dari faktor-faktor itu memang akan menjadi inflamasi atau peradangan, yang kemudian menjadi jerawat,"

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.