Stop Impor Dosen!

Mendatangkan dosen asing membuat dosen-dosen lokal tidak dapat didayagunakan ilmunya oleh PTN. Mengajar adalah salah satu cara bagi akademisi untuk meningkatkan kemampuannya.
asing pendidikan publicpolicy Indonesia dikti dosen impor Jokowi
1024 View 0 comments
Add to Favorite
0
Partai Gerindra @Gerindra
1. Anggota Komisi X @DPR_RI Fraksi Gerindra, @nizarzahro menyatakan tidak setuju dengan wacana @menristekdikti M Natsir mendatangkan dosen asing untuk mengajar bidang sains dan teknologi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.
Partai Gerindra @Gerindra
2. Wacana tersebut dapat membuat dosen-dosen lokal tidak dapat didayagunakan ilmunya oleh PTN. Padahal, mengajar salah satu cara bagi akademisi untuk meningkatkan kemampuannya. @menristekdikti
Partai Gerindra @Gerindra
3. Selain itu, perihal gaji dosen asing yang diwacanakan sebesar Rp 65 juta akan menimbulkan kecemburuan dari dosen-dosen lokal yang selama ini masih digaji minim, terutama dosen honorer.
Partai Gerindra @Gerindra
4. Partai Gerindra menilai lebih baik uang dalam jumlah besar itu digunakan untuk membiayai lulusan PTN dan dosen-dosen yang telah ada ke jenjang selanjutnya agar dapat meningkatkan kemampuan mereka dan menutupi kekurangan dosen di Indonesia.
Partai Gerindra @Gerindra
5. Fraksi Partai Gerindra di @DPR_RI akan membahas, bahkan akan meminta kepada @menristekdikti untuk mencabut peraturan impor dosen itu kalau memang sudah telanjur dibuat peraturannya.
Partai Gerindra @Gerindra
6. Pemerintah tetap harus ekstra hati-hati. Bukan tidak mungkin timbul kecemburuan di dunia akademisi. Siapa yang bisa menjamin Pemerintah tidak pilih kasih dan memberikan perlakukan berbeda antara dosen Indonesia dan dosen asing?
Partai Gerindra @Gerindra
7. Apalagi hingga saat ini, aturan ataupun mekanisme untuk dosen asing belum benar-benar selesai dibuat. Yang juga sangat penting adalah proses adaptasi dosen asing dengan budaya Indonesia serta kekhawatiran tentang goyahnya nasionalisme di sektor pendidikan.
Partai Gerindra @Gerindra
8. Kita harus inget ide nasionalisme tidak dengan sendirinya tersebar luas tanpa peranan dari lembaga seperti birokrasi lembaga pendidikan, partai politik, dan lembaga komunikasi dan transportasi.
Partai Gerindra @Gerindra
9. Seorang Charles Tilly juga pernah mengatakan tentang pentingnya ketahanan pangan, lembaga keuangan dan fiscal serta lembaga keamanan sepeti polisi dan intelijen untuk negara bangsa yang modern.
Partai Gerindra @Gerindra
10. Dengan kata lain, lembaga dan sistem pendidikan nasional adalah alat yang dipakai untuk menumbuhkan nasionalisme dan mampu mengintegrasikan bangsa Indonesia yang beraneka ragam.
Partai Gerindra @Gerindra
11. Admin ingin bertanya; Apakah dengan adanya dosen asing di lembaga pendidikan yang notabene adalah alat untuk integrasi dan pembentukan nasionalisme tidak akan dimanfaatkan atau bahkan disusupi kepentingan asing? @menristekdikti
Partai Gerindra @Gerindra
12. Setelah impor pangan, impor buruh, sekarang kita impor dosen. Ada apa dengan ini semua? Semoga Pemerintah @jokowi cepat sadar atas segala keputusan atau kebijak-kebijakan yang tidak pro-rakyat. pic.twitter.com/U1XVMaTrXS
 Expand pic
Login and hide ads.