Arcandra Pastikan Kualitas Pipa Pertamina Layak Operasi

Pipa minyak mentah PT Pertamina yang putus di antara Terminal Lawe-Lawe dan Kilang Balikpapan, menurut Arcandra, memiliki kuiitas yang baik dan layak operasi.
pertamina DPR Kementerian ESDM economy
346 View 0 comments
Add to Favorite
0
Login and hide ads.
Dinda Aulia @Dinda15aul 17/04/2018 12:49:58 WIB
Arcandra Pastikan Kualitas Pipa Pertamina Layak Operasi m.monitor.co.id/berita/12785/a…

MONITOR, Jakarta - Pipa minyak mentah PT Pertamina yang putus di antara Terminal Lawe-Lawe dan Kilang Balikpapan, menurut Arcandra, memiliki kuiitas yang baik dan layak operasi. Ini berdasarkan standar kualifikasi pipa, dimana pipa Pertamina masuk dalam standar ANSI B 3.14.

"Pipa penyalur minyak diameter 20 inch telah sesuai dengan standar ASME/ANSI B 3.14 dan spesifikasi teknis, sehingga pipa ini dalam keadaan layak operasi, Instalasi kilang RU V juga sudah ditetapkan objek vital nasional," ungkap Arcandra saat rapat bersama dengan Komisi VII DPR, di Ruang Rapat Komisi VII Gedung Nusantara I, Jakarta, Senin (16/4).

Dalam Rapat kerja DPR, Acandra juga sampaikan bahwa perairan tempat pipa minyak itu merupakan daerah terbatas dan daerah terlarang bagi kapal, dalam standar operasi nya, jarak 500 meter samping sisi pipa merupakan wilayah yang semestinya tak dilalui kapal.

"Jadi mustinya tidak ada kapal yang boleh lewat," ujar Arcandra.

"Pemerintah juga sudah mengeluarkan peraturan yang wajib ditaati bahwa 500 meter dari sisi pipa itu wilayah terlarang dan 1.750 meter dari sisi pipa itu wilayah terbatas. Kapal-kapal tidak boleh membuang jangkar di wilayah tersebut," jelas Arcandra lagi.

Sesuai dengan koordinasi bersama Kemenhub dan TNI Angkatan Laut untuk memberikan penanda buih pada garis batas wilayah terbatas dan terlarang.

"Instalasi kilang RU V juga sudah ditetapkan objek vital nasional. Pipa penyalur itu juga sudah ditetapkan daerah terbatas terlarang," imbuh Arcandra.

(tsar)

Sumber : http://m.monitor.co.id/berita/12785/arcandra-pastikan-kualitas-pipa-pertamina-layak-operasi

Bookmarked tags

No tags
Login and hide ads.