0
Bitte langsam, Awe! @awemany
Kemarin di RL ada yang nanya gue. Kenapa masih buanyak orang yang suka ama Jokowi. Padahal banyak fakta yang diungkap di publik tentang kinerja rezim Jokowi. B aja. Kok bisa sefanatik itu?
Bitte langsam, Awe! @awemany
Ngga gampang menjawab itu. Namun saya melihat Jokowi ini dimaknai pendukungnya sebagai orang yang baik. Orang yg bersungguh" ingin membangun. Di mana kebaikan dan niat baik itu justru menjadikan blio korban dari politisi" busuk.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Dengan pemaknaan seperti ini ya wajar aja kalo orang ngga terlalu penting terhadap kinerja. Merasa terpanggil untuk membela orang baik yang sedang terancam oleh politisi" busuk. Orang yg mereka persepsikan punya niat yg mulia banget.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Jadi saya memang paham kenapa konsultan pencitraan Jokowi perlu untuk melabel atau membangun framing bahwa semua lawan Jokowi adalah politisi busuk. Ini adalah aspek penting dari narasi Jokowi.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Kalau anda mengamati serangan yang ditujukan kepada saya misalnya, verbatim utamanya adalah jahat, spin doctor, orang bayaran dsj. Mereka ngga bahas argumennya. Narasi.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Narasi berikut yang terus dibangun adalah presiden sebelumnya ngga seniat Jokowi dalam membangun. Walaupun fakta dan data ngga mendukung, narasi ini harus tetap hidup. Agar fanatisme itu terjaga. Fakta toh ngga akan pernah diliat juga ama mereka yg fanatik.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Orang baik sebenarnya titik central dalam pencitraan itu. Makanya buat saya agak aneh kalo ingin diinject machismo di situ. Ngga nyambung. Pak Jokowi itu justru ngga boleh garang/galak. Nanti ngga dipercaya sebagai victim.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Ngga gampang untuk meruntuhkan narasi ini. Kalo saya liatin fakta betapa kinerjanya B aja, saya justru akan dianggap sebagai bagian dari politisi" busuk itu. Ngga akan masuk juga ke benak pendukungnya.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Makanya, kalo anda lihat, saya ngga ngabisin waktu untuk meyakinkan pendukung Jokowi. Buang" umur. Target audience saya selalu mereka yang males ama Jokowi. Lebih baik lagi kalo juga males ama Prabowo. Kasih fakta dan argumennya. Minta mereka mikir baik".
Bitte langsam, Awe! @awemany
Kalo saya terlibat dalam debat atau pembicaraan dengan pendukung/buzzer Jokowi, saya selalu gunakan itu untuk memperlihatkan bahwa mereka itu sedang pakai kacamata kuda. Yg saya ajak debat mah ngga mungkin berubah pikiran. Yg nyimak mungkin aja.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Untung aja, jumlah pendukung (fanatik) Jokowi ini cuma 40% an. Udah gitu, mereka kayaknya ngga pengen nambah dukungan. Semua orang dibully. Jadi masih terbuka kesempatan untuk mengalahkan Jokowi di 2019.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Yang bakal sulit bagi lawan" Jokowi itu kalo ada orang yg waras di kubu Jokowi. Yg melihat dukungan  sekarang ini masih kurang. Ngasih komando buat berhenti membully dan memulai percakapan yang sehat. Kalo ini kejadian, ya saya ngurus temen" yg mau jadi caleg aja :p.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Para buzzer dan dedengkot pendukung Jokowi saya kira kesal dengan saya. Yang memojokkan mereka sebagai tukang bully yg ngga punya otak. Bukannya ngaca malah ngebully. Melabel saya dungu dan radikal. Ya malah terlihat kalo saya benar. Ngga taktikal.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Kata" saya itu memang disengaja untuk nylekit. Tanpa itu orang ngga mau mikir. Tapi marahnya lebih cepet dari mikirnya. Seandainya pinteran dikit aja, mereka akan melihat apa yg saya kritik dan nyinyirin itu sebagai sumber perbaikan. Ngapain musuhin saya?
Bitte langsam, Awe! @awemany
Dan, for the record, yang saya nyinyirin lebih banyak itu kelakuan pendukung Jokowi. Untuk pak Jokowinya sendiri, saya beneran melakukan kritik. Kalopun ada nyinyiran ngga akan banyak. Maki"? Hampir ngga pernah. Boleh dicek.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Karena saya paham betul soal apa yang harus dipermasalahkan dalam kontestasi politik. Bagi inkumben adalah baiknya kinerja dan track yang sudah benar. Bagi oposan adalah buruknya kinerja dan ide" perubahan untuk perbaikan.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Problem saya, kontestasi pilpres yang sekarang ini terlalu berpusat pada simbol dan konten emosional. Ngga asik. Walaupun saya tahu ini memang faktor doninan. Tapi kalo ngga muncul konten utilitas, kapan mau maju bangsa ini?
Bitte langsam, Awe! @awemany
Ada yang nyinyir no mention. Tiap hari nyinyirin Jokowi begitu Prabowo deklarasi malah mikir mau golput. Lha? Saya nyinyir atau mengkritik Jokowi itu untuk memperlihatkan kita mustinya bisa dapet pemimpin yang lebih baik. Kalo Prabowo juga ya ngapain?

Comment

wahai_jiwa-jiwaYGtenang @KahartmKahar 17/04/2018 08:54:05 WIB
Mungkin ada janji juga utk mereka jika kelak aku terpilih lagi kalian akaan....????
Login and hide ads.