Temui Titik Terang, Polisi Kantongi Bukti Penyebab Putusnya Pipa Pertamina

Penyebab putusnya Pipa minyak mentah PT Pertamina (Persero) yang terbentang antara Terminal Lawe-Lawe dan Kilang Balikpapan beberapa waktu yang lalu mulai menemui titik terang. 
pertamina minyaktumpah
206 View 0 comments
Add to Favorite
0
Login and hide ads.
Dinda Aulia @Dinda15aul 16/04/2018 17:47:39 WIB
Temui Titik Terang, Polisi Kantongi Bukti Penyebab Putusnya Pipa Pertamina m.monitor.co.id/berita/12759/t…

MONITOR, Jakarta - Penyebab putusnya Pipa minyak mentah PT Pertamina (Persero) yang terbentang antara Terminal Lawe-Lawe dan Kilang Balikpapan beberapa waktu yang lalu mulai menemui titik terang. 

Hal itu lantaran dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI yang berlangsung hari ini, Senin (16/4), Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kaltim Kombes Yustan Alpiani menuturkan, pihak kepolisian kini telah melakukan investigasi terkait kejadian yang menyebabkan tumpahan minyak hingga 40 ribu barel tersebut.

"Semua yang berkaitan kami periksa, baik dari Pertamina atau dari pemilik kapal dan awak kapal," kata Yustan Alpiani dalam rapat tersebut.

Kecurigaan atas putusnya pipa tersebut mengkerucut ke arah Kapal MT Ever Judger yang saat kejadian berada di sekitar area. Pasalnya, satu-satunya benda yang dapat menggeser pipa hingga bocor, bahkan putus hanyalah aktifitas pembuangan jangkar. MT Ever Judger lah yang kala itu berada di sekitar area.

Kapal kapal MT Ever Judger sendiri mengalami kebakaran pada Sabtu (31/3) lalu.

"Saat ini kami sedang menyiapkan tim penyelam untuk memeriksa potongan pipa di bawah pengawasan pihak kepolisian," katanya.

Sejalan dengan hal itu, Yustin mengaku, pihaknya kini telah mengantongi pihak terkuat yang bisa dijadikan tersangkat, namun Kepolisian kini menunggu setidaknya dua alat bukti yang sah guna menetapkan pihak yang harus bertanggung jawab.

Selain itu, tujuh saksi ahli pun telah disiapkan, namun saksi ahli tersebut kini belum bisa dimintai kesaksiannya jika hasil laboratorium terkait putusnya pipa tersebut belum keluar.

"Keterangan saksi sudah ada, tapi keterangan ahli dan petunjuk belum, kami berharap lima bukti terkumpul baru lah bisa disampaikan," tuturnya.

(hans)

Collect tweets from around the world and make a story

Bookmarked tags

No tags
Login and hide ads.