Mengulas Meme Ikan Pari yang Kembali Viral Karena Durhaka Terhadap Mamanya Versus Berita Hoax

Beritanya bahkan sampai ke luar negeri
2
ZADA @ratuberhala
tiba2 ingin cerita soal meme ikan pari anak durhaka yang viral sekitar tahun 2006. Menurut gw ini merupakan meme yg cukup dewa mengingat keberadaannya yg sudah lebih dari 10tahun dan tetap melekat didalam hati.
ZADA @ratuberhala
jadi tahun 2006 lalu viral lah satu video berjudul anak durhaka. isinya sesosok makhluk aneh (ceritanya ga tau itu ikan pari ya..) dengan latar belakang suar ngaji ayat kursi.
ZADA @ratuberhala
buat yang belom pernah liat.. atau lupa kaya apa videonya bisa diliat disini: youtube.com/watch?v=EJcAEX…
Expand pic
ZADA @ratuberhala
akhir-akhir ini video ikan pari ini banyak dipost lagi dengan dalih: anak tidak menurut orang tua untuk memilih pemimpin islam dikutuk jadi ikan pari. SUCH WOW MUCH SENSE SO RELIGIOUS.
ZADA @ratuberhala
video ini sendiri meninggalkan kesan yg sungguh mendalam pada diri gw. karena gw takut banget untuk ga nurut ama ortu gw. dan dari kecil gw dihantui pikiran suatu saat nanti gw akan jadi ikan pari karena gw suka bandel
ZADA @ratuberhala
akhirnya gw banyak tanya kawan2 apakah mereka ingat video ini. rata-rata mereka ingat dan bilang "anjir dulu gw takut banget sama video ini. walau gw tau itu bego banget sih keliatan banget itu bukan manusia"
ZADA @ratuberhala
karena penasaran akhirnya gw banyak cari2 cerita tentang si anak durhaka ini. sumber ceritanya tidak jelas. ada yang bilang dari palembang, ada yg bilang dari kutai, ada yg bilang dari riau dsb dsb dsb.
ZADA @ratuberhala
tapi walau ceritanya gak seragam, berbagai sumber menyebutkan ini adalah anak yg ingin jadi TKW tapi tidak diijinkan oleh ortunya. lalu dia marah dan bilang "mending jadi ikan pari supaya bisa pergi kamana-mana"
ZADA @ratuberhala
pas doi lg kesel2nya dia nendang kepala ibunya pas ibunya solat. dan disitu terjadilaaaaah. doi berubah jadi ikan pari
ZADA @ratuberhala
menariknya, video ini gak hanya viral di Indonesia. tapi juga di Inggris, Rusia, Jordan, Arab, dan beberapa blog kacrut di Jerman juga pernah membahas video ini
ZADA @ratuberhala
yg lebih menariknya lagi.. video ini viral di tahun yg sama 2006-2007. tapi narasinya berbeda-beda.
ZADA @ratuberhala
Di Arab dan Jordan yg negaranya cenderung islami, yg muncul hoaxnya adalah anak durhaka. Sedangkan di Inggris dan Rusia hoaxnya tentang alien yg ditemukan dan dimakan nelayan. Di Jerman yg muncul adalah teori konspirasi
ZADA @ratuberhala
ini membawa gw ke satu pemikiran bahwa tingkat relijius dimana kita tinggal mempengaruhi bagaimana kita melabeli suatu hal yg tidak familiar.
ZADA @ratuberhala
hari berganti hari, waktu gw diisi dengan lebih banyak research tentang ikan pari dan bagaimana kita melabeli sesuatu. Dan gw menemukan salah satu hal yg sangat menarik.
ZADA @ratuberhala
Ikan pari dan ketidakfamiliaran kita akan biota laut yang kemudian menggiring kita ke label alien atau anak durhaka berjalan sudah ratusan tahun lamanya
ZADA @ratuberhala
Meme Ikan Pari sebagai hoax itu sendiri pertama kali terjadi karena cara pengawetannya yang agak tidak biasa. Bagian kanan kiri badannya dibelah menyerupai tangan dan dikeringkan. bentuknya seram.
ZADA @ratuberhala
Disebutlah namanya kemudian Jenny Haniver. pic.twitter.com/lySMrdsd48
Expand pic
ZADA @ratuberhala
Gambar Jenny Haniver ini sendiri muncul pertama kali di Gesner's Historia Animalium vol. IV di tahun 1558. Jenny Haniver ini merupakan hoax klasik jaman Belanda dulu dan menjadi viral karena bentuknya seperti Bishop Fish atau Sea Monk pic.twitter.com/ErLlbxibcH
Expand pic
ZADA @ratuberhala
Ohya, Hoax ikan pari juga lumayan terkenal di Jepang. Sama seperti di Inggris dan Rusia, akar hoaxnya juga ikan pari itu alien. Dan ini juga berawal jauhnya dari si Jenny Haniver ini. karena bentuknya mirip duyung yang diawetkan di kuil2 jepang.
ZADA @ratuberhala
Banyaknya hoax seputar ikan pari ini bener-bener memperlihatkan betapa kita tidak familiarnya dengan biota laut. Sampai saat ini bahkan para ahli itu suka ribut2 karena jenis hiu, dan ikan pari banyak bgt yg mirip2 dan namanya dobel2.
ZADA @ratuberhala
tapi lebih jauh dari itu, budaya bercerita lisan, atau budaya menulis membaca dan mengarsip suatu negara/komunitas juga bisa terbaca dari meme/hoax yang tersebar.
ZADA @ratuberhala
tweet penutupnya apa ya. kok gantung gini. mbaknya kurang pinter kultwit. sekian. dan makasih
ZADA @ratuberhala
oh buat yang mau baca-baca tentang hiu dan pari dan ini semua bisa ke biodiversitylibrary.org/item/40715#pag…
ZADA @ratuberhala
Ohya, coba kalo search berita ditemukan alien di laut.. biasanya itu nelayan menemukan jenis ikan hiu atau pari yang ga familiar. Berita tentang Alien terakhir yg ditemukan itu saya liat di salah satu media Mexico. yg ternyata mereka menemukan ikan hiu -_-"
ZADA @ratuberhala
penutup kedua hehe. makasih udah dibaca.
Load Remaining (1)

Comment

No comments yet. Write yours!