0
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Kenapa akhir2 ini isu Agama selalu muncul sih ??? barusan baru baca postingan fesbuk lagi dari Afi Nihaya Faradisa. Tau kan kalian? Si gadis kritis asal Banyuwangi . Sekarang doi ngebahas ttg agama dan moralitas.. hmmm
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Sembari ku baca, ku sesekali mengernyitkan dahi (gatel soal e dahi ku). Banyak sekali kalimat2 yang sangat perlu dicerna dengan seksama..
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Awal ku membaca, tak ada kalimat yang kontroversial seperti postingan2 dia sebelumnya. Lalu sampailah ku di paragraph kedua.
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Dia menjelaskan “Saat orang melakukan kejahatan, ngebom tempat umum misalnya, orang akan bilang, "Itu bukan salah agamanya, bukan agamanya yang jelek, itu masalah orangnya". Kumulai berpikirr. Oh ini yang biasanya orang bilang nihh, gak salah agamanya sih emanggg.. 🤔
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Dia bertanyaa. "Lantas saat orang berbuat baik, yang dilihat duluan orangnya atau agamanya?"
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Dia menambahkan contoh lagi "Wah, org ini baik sekali, ikhlas nyumbang jutaan, terbukti kan kalau agama X itu penuh belas kasih!" "Kalau gitu, sebenarnya apa dong hubungan agama dg moralitas manusia? 😅" Tanyanya
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Belum ku jawab. Eh Lalu si afy menjawab dengan sendirinyaaa. Sedih akutuh padahal aku udah menyiapkan jawaban. 😢
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Jawabnya “Agama TIDAK berhubungan dengan moralitas. Mengapa? Karena yang menentukan orang bisa baik atau buruk, bermoral atau bejat, bukanlah keyakinannya, melainkan proses mental dalam dirinya yang berasal dr elemen-elemen kompleks, bkn cuma keyakinan saja. " Lah sek sek 😐
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Tulisan2 selanjutnya dia menjelaskan kalau. Agama tidak berhubungan dengan moralitas. Banyak orang beragama yang tidak bermoral dan banyak orang bermoral yang tidak beragama. 😐
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Dia menambahkan "Moral tidak berasal dari agama. Justru, agama lah yang mengambil nilai moral yang lebih dulu ada, untuk kemudian dikombinasi dengan aturan barunya sendiri" nahlooo 😐😐
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Belum sampai disituu. Dia juga menambahkan "Tidak perlu sebuah agama untuk membuatmu tahu bahwa fitnah itu menyakitkan, memperkosa itu kejahatan, dan membunuh itu dilarang atas dasar kemanusiaan." Disini kumulai agak gimana gituu 😅
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Ah pokoknya banyak deh tulisan yg gk sesuai hati nurani ku. #asiq
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Kubaca komentar dibawahnyaa. Berharap ada yang mewakili kejanggalan hati nurani ku. #sapatauadaygjodoh
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Wkwkw ku baru sadar sebenarnya kayak gini itu gak cocok buat ditulis panjang lebar di twitter. Tp gmana dongg udah terlanjurrr..
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Intinyaa yaa. Di kolom komentar itu banyak org yg kurang setuju ttg pendapat afy bahwa moral gak ada hub dg agama. Hm, ya kan secara kita diajarkan moral sejalan dg pembelajaran agama kan yaaa? Agama apapun ituuu 😇
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Agama apapun mengajarkan kebaikan. Lah kok si Afy bilang kalau moral gak ada hub dengan agama. Doi malah bilang kalau Moral tidak berasal dari agama. Justru, agama lah yang mengambil nilai moral yang lebih dulu ada, untuk kemudian dikombinasi dengan aturan barunya sendiri.
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Disalah satu komentar ada yg komen "moralitas dan agama sangat erat hubungannya...karena posisi agama sebagai penyempurna dasar moral pada setiap individu.." Tau gak jawabannya Afy gmana?
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Jwbnya "Moral itu landasannya bukan agama. Benar secara agama ≠ benar secara moral. Menurut Kristen, org bermoral itu org yang mengimani Yesus sebagai juru selamat. Berarti menurut Kristen, Anda tdk bermoral. Anda setuju dikatakan tidak bermoral?" wah dia mulai bwa agama guys
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Ada lagi komentar dari nitijen "Jadi kita gak perlu beragama dong kan kata kak afi nihaya faradisa agama gak ada hubungan nya sama moralitas ? Trusss buat apa ada agama?" Lalu jawabannya adalahhh
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
"Agama ada untuk menyempurnakan moral dan akal manusia yang akan selalu ada walaupun jika agama tidak ada. Berarti moral TIDAK berasal dari agama. " katanya
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Dia menambahkan "Ambil contoh paling kecil saja. Jawa. Jauuuh sebelum datangnya agama Hindu Buddha. Apakah semua orang di Jawa perilakunya jahat?? Saling bunuh, saling curi, saling rampas, memperkosa. Apakah tdk ada kebaikan disana ketika agama belum masuk di Jwa?? Jawabnya Ada."
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Sampai situ ku tak tahan ingin berkomentar. Aku sebenarnya paham poin dari postingan ini, hehe maksudnya mungkin menyadarkan bahwa orang bermoral atau tidak, tidak serta merta dinilai dari apa agama yang dianut. Tapi melainkan dari nilai moral yg sudah ada dlm dirinya
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Tapi jika menganggap agama tidak berperan dalam pembentukan moral, ya saya rasa juga kurang pas . Karna dalam agama dasar moralitas diajarkan.
Siska Anggraini Putri @Sanggputri
Jika ada sanggahan darinya "Dulu sebelum ada islam, ada budha ada hindu, Kristen, sebelum ada agama lah pokoknya. Masyarakat juga masih ttp bermoral kok" Ya memang, tapi takarannya banyak atau tidak? Gak sebanyak ketika ada agama bukan..
Load Remaining (4)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.