Sekilas Profil Dokter Terawan Agus Putranto, Dokter yang Dikenal dengan Metode "Cuci Otak" dan Dipecat Oleh IDI

Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Mayjen TNI dokter Terawan Agus Putranto diberhentikan dari keanggotaan IDI karena dianggap dianggap melakukan pelanggaran kode etik kedokteran.
idi dokter terawan cuci otak Famous People Profil
4
Afif Fuad Saidi @AfifFuadS
INDONESIA MAUNYA GIMANA? Mayjen TNI Dr.dr.Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K), metode terapi cuci otak nya telah menyembuhkan atau meringankan 40 ribu penderita stroke. Metode pengobatannya diterapkan di Jerman dengan nama paten ‘Terawan Theory’. DAN DIPECAT IDI pic.twitter.com/z5ZZqvczDP
Expand pic
dian widiyanarko @duniadian
Kepala RSPAD Mayjen TNI DR dr Terawan Agus Putranto yang terkenal dengan metode “cuci otak” yang banyak menolong penderita stroke, dipecat IDI. #SaveDokterTerawan pic.twitter.com/bQzTg5K3o2
Expand pic
Hidayat Nur Wahid @hnurwahid
#SaveDokterTerawan. Saya prihatin, mengapa Dokter yg baik, helpfull, reputasinya mendunia,terbukti sembuhkn banyak pasien -termasuk Mertua saya-,malah diberikn sanksi pemecatan.Smoga sanksi itu bisa dipertimbangkn kembali, unt kepentingan banyak pasien yg membutuhkan.
Mahfud MD @mohmahfudmd
Saya bukan dokter. Mungkin saja pemecatan dokter Terawan oleh IDI benar. Tetapi saya dan isteri pernah betobat kpd dr. Terawan dan hasilnya terasa baik. Mudah2an semua berakhir baik.
Ayesha Ur Rehman Khan @ashikhan000786
@hnurwahid Saya mantan pasien dokter Terawan , melakukan operasi DSA bulan Mei thn 2015 karena ada penyempitan pembuluh darah yg mengakibatkan saya sering sakit kepala hebat dan Alhamdulullah hingga saat ini saya tidak pernah lagi merasakan sakit kepala hebat#save dokter Terawan#

Lulus dari Fakultas Kedokteran UGM, Terawan Agus Putranto langsung mengabdi sebagai dokter TNI Angkatan Darat. Ia menghabiskan kariernya di dunia medis dengan menemukan metode baru, terapi cuci otak, untuk pengobatan stroke.

Nama Mayjen TNI Dr.dr.Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) RI mulai dikenal setelah mempraktikkan metode cuci otak untuk menyembuhkan penderita stroke. Kegigihannya sebagai dokter tak kenal lelah. Di tengah kesibukannya sebagai dokter, ia juga menempuh pendidikan hingga doktor dengan melahirkan karya ilmiah yang luar biasa.

Pria kelahiran, Yogyakarta, 5 Agustus 1964 ini setelah lulus sekolah menengah atas, ia melanjutkan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Ia berhasil lulus sebagai dokter pada 1990 saat usianya menginjak 26 tahun.

Lulus sebagai dokter, ia mengabdikan dirinya ke di intansi militer Angkatan Darat.Ia kemudian ditugaskan ke beberapa daerah, di antaranya Bali, Lombok, dan Jakarta.

Untuk memperdalam ilmu kedokterannya, ia mengambil Spesialis Radiologi di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. Ia merasa bahwa ilmu Radiologi di Indonesia belum banyak berkembang, sehingga ia pun terketuk hatinya untuk memperdalam radiologi intervensi. Terawan lulus pada usia 40 tahun.

Pentingnya ilmu yang dimilikinya tentu untuk membantu pasien agar lebih cepat sembuh dari penyakitnya. Tak cukup di sana, Terawan lagi-lagi untuk menunjang pelayanan dan menambah keilmuannya, ia menempuh program doktor di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar dan lulus pada 2013.

Dalam pergumulannya dengan dunia medis, Terawan terbilang cerdas. Ia menemukan metode baru untuk penderita stroke. Metode yang biasa disebut brain flushing itu juga tertuang dalam disertasinya bertajuk “Efek Intra Arterial Heparin Flushing Terhadap Regional Cerebral Blood Flow, Motor Evoked Potentials, dan Fungsi Motorik pada Pasien dengan Stroke Iskemik Kronis".

Disertasi tersebut ia sertakan dalam studi doktoratnya di Universitas Hassanuddin. Tentu saja, metode ini mengundang pro dan kontra di kalangan praktisi dan akademisi kedokteran. Namun, Terawan Agus Putranto mampu membuktikannya.

Dalam pengalamannya, pasien bisa sembuh dari stroke selang 4-5 jam pasca operasi. Metode pengobatan tersebut bahkan telah diterapkan di Jerman dengan nama paten ‘Terawan Theory’.

Kualitas sosok Terawan makin sempurna setelah diangkat menjadi Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada 2015. Ia tak hanya bergelut untuk ego pribadinya sebagai dokter, tapi ia juga mampu mengelola rumah sakit secara profesional.

Atas pengabdiannya, Terawan mendapatkan sejumlah penghargaan. Di antaranya penghargaan Hendropriyono Strategic Consulting (HSC) dan dua rekor MURI sekaligus sebagai penemu terapi cuci otak dan penerapan program Digital Substraction Angiogram (DSA) terbanyak.

Terawan membuktikan kepada dunia medis, meski menjadi dokter militer, ia tetap bisa memberikan penemuan metode baru dan pelayanan cepat kepada pasien stroke agar cepat sembuh. (AC/DN)

URL www.viva.co.id 106 Profil Terawan Agus Putranto - VIVA VIVA - Profil Terawan Agus Putranto
89.6 I-Radio Jakarta @Iradiojakarta
Terawan Agus Putranto penemu terapi cuci otak asal Indonesia meraih gelar dokter dari UNHAS. #IndonesiaKerenBanget pic.twitter.com/RN8z9qFoxt
Expand pic
Avocado Juice™ MouMU @jetsilvers
Kiprah dokter Terawan. Ilmunya diterapkan di German dgn nama Terawan Theory. Dihargai diluar negeri dipecat IDI. Menggunakan heparin obat penghancur plak lemak di pembuluh darah. pic.twitter.com/4Bxm5cHisF
Expand pic
Expand pic
Iman Brotoseno @imanbr
Dokter Agus Terawan memang jago untuk urusan stroke. Pengobatan flushnya katanya tokcer
Mahyudanil Lubis @MahyudanilLubis
@sellystefana coba dokter Terawan. Dulu dpt referensi dr teman di ktr, browsing google biar yakin, smg bs membantu :) pic.twitter.com/MAeJUBzEqz
Expand pic
Mahyudanil Lubis @MahyudanilLubis
@sellystefana coba dokter Terawan. Dulu dpt referensi dr teman di ktr, browsing google biar yakin, smg bs membantu :) pic.twitter.com/MAeJUBzEqz
Expand pic
selly stefana @sellystefana
Ada yang tau dokter syaraf yang bagus u/ rumah sakit di jakarta? Need this info… (at RS Mitra Keluarga Depok) — path.com/p/2gbgJh
Fakta Absurd @faktaabsurd
Dokter terkaya di Indonesia adalah dr. Terawan, penyembuh stroke, utk konsul harus antri 1 tahun, 1 x terapi 40-80juta. #absurd

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.