Created on App

Dari Uang Akhirat Hingga Pemanggilan Arwah, Begini Upacara Kematian Seseorang Jika Beragama Kong Hu Chu

Setiap agama memiliki upacara kematian yang berbeda termasuk Kong Hu Chu
0
SELVIANA @selphieusagi
Ngomongin almarhum Kungkung (grandpa from my mom), gue mau cerita waktu beliau meninggal thn 2009. Bokap gue saat itu baru kena stroke. It was the lowest point of my mom, I guess. Kungkung gue Kong Hu Chu. Jd banyak kepercayaan Kong Hu Chu yg gue pelajari saat beliau meninggal.
SELVIANA @selphieusagi
Petinya dipilih yg jati dgn ukiran naga sesuai shio beliau. Dibelikan rumah-rumahan, tempat tidur, mobil, handphone, dsb dr kertas utk dibakar supaya di alam baka sana, beliau punya itu semua.
SELVIANA @selphieusagi
Tentunya jg bakar uang-uangan yg dr kertas kuning. Gue pikir cuma biar beliau dipercaya punya banyak uang di alam sana. Tp anehnya, kita ga boleh berhenti bakar uang2an tsb selama 3 hari di rumah duka. Ga boleh berhenti 1 menit pun. Jd ganti-gantian "shift" utk bakar kertas.
SELVIANA @selphieusagi
Ternyata, menurut kepercayaan Kong Hu Chu, Kungkung gue sdg dlm perjalanan menuju alam baka dan akan banyak setan yg mengganggu selama perjalanan. Cara supaya setannya pergi adlh dgn dikasih duit, makanya duitnya ga boleh berhenti dibakar sampai hari penguburan. Setan pun matre.
SELVIANA @selphieusagi
Oiya. Sebelumnya, saat Kungkung dibawa dari ruang jenazah menuju ruang duka dan dimasukkan dlm peti, ga ada yg boleh liat. Semua harus sujud hormat di kanan kiri peti dgn dahi menempel ke lantai. Baru boleh bangun saat beliau sudah di dlm peti. Ga tau knp. Sujud begini pic.twitter.com/9kPubU8zr6
Expand pic
SELVIANA @selphieusagi
Kita jg harus pake baju putih, bukan hitam. Kecuali hari ketiga, pakai baju merah dan masak bubur. Katanya sbg tanda bahwa kita sudah bahagia merelakan Kungkung yg sudah di alam baka. Sblm tutup peti pun, petinya diisi penuh oleh uang akhirat sehingga hanya wajah yg tersisa.
SELVIANA @selphieusagi
Pas hari terakhir, keluarga menggunakan jasa cai ma. Semacam biarawati gt kayaknya, cmiiw. Harganya mahal btw, 2009 aja itu ratusan juta. Buat apa pakai jasa cai ma? Utk pemanggilan arwah almarhum. I shit you not, it's like jailangkung versi Tionghoa. I can't believe this.
SELVIANA @selphieusagi
Gue inget semua kerabat keluarga harus berdiri melingkar. 2 cai ma berada di tengah, masing-masing menyalakan 2 obor api, lalu semacam membaca doa sambil mendekatkan obor api ke wajah kami bergantian. Ga ngerti jg gue maksudnya apa.
SELVIANA @selphieusagi
Lalu semua kerabat keluarga duduk bersimpu di sekitar peti (look at picture). Cai ma di depan (sebelah kaki peti) melempar dua koin. Kalo 2 koin jatuh dgn sisi yg sama, maka arwah Kungkung mau dtg. Kl beda, ya ga dtg. Atau kebalikannya lah gt, lupa. pic.twitter.com/42mbYn9xJ9
Expand pic
SELVIANA @selphieusagi
Oh iya. Cai ma memanggil keluarga laki-laki termuda yg msh beragama Kong Hu Chu, yaitu kakak sepupu gue, utk maju ke depan dan memegang botol. Menurut pengakuan kakak sepupu gue, ya botol biasa aja. But theeeen, arwahnya dateng. Sepupu gue keringetan. pic.twitter.com/JJAhyWwFwD
Expand pic
SELVIANA @selphieusagi
Keringetannya krn dia blg (keesokan harinya) botolnya jd berat bgt kyk lg ngangkat 1 org. Trs gue menyaksikan, lidi di botol itu muter2 sendiri makin lama makin kenceng. Intinya alm. Kungkung gue ini hny bs menjawab pertanyaan dgn mengangguk dan menggeleng menggunakan lidi tsb.
SELVIANA @selphieusagi
Stlh muter2, lidi tsb berhenti di atas kepala om gue dan ujungnya bergerak secara cepat. Ky org marah2. Dan om gue nangis2 minta maaf. Kata nyokap gue, semasa hidupnya kungkung gue memang menyimpan kekesalan krn om gue pernah menjual perhiasaan mendiang Popo (nenek).
SELVIANA @selphieusagi
Lalu lidi tsb muter2 lg tp pelan. Kayak lg nyari orang. Satu2nya yg ga ada di rumah duka saat itu adalah bokap gue krn bokap gue baru kena stroke. Semua pd nanya, "Nyari Madi, Pak?" I can't forget the way that thing "nodded". I cried a lot atm. Gue ngetik ini aja sedih.
SELVIANA @selphieusagi
Bokap gue awalnya menantu yg dibenci & ditentang oleh kungkung gue krn beda agama dan ras dgn nyokap. But as time goes by, bokap gue jd menantu yg disayang. 9th terakhir hidupnya, kungkung tinggal bareng keluarga gue dan bokap guelah yg nemenin kungkung gue tiap malem selama 9th
SELVIANA @selphieusagi
Waktu bokap gue stroke, I can't forget the way kung2 saw my dad. Kung2 blg, "Harusnya ngai (saya) aja yg sakit. Ngai udah tua." (Beliau meninggal di umur 94th, itupun bukan krn tua. Beliau sehat, ga pikun, msh jalan pagi. Tp krn minum obat setelah minum arak, trs keracunan 😢)
SELVIANA @selphieusagi
Intinya saat pemanggilan arwah itu, banyak yg nanya ini-itu tp gue ga inget pertanyaannya. Saat itu gue nangis sih. Tp di sisi lain, how do you know that it's really him? Gue ga percaya sih. Tp saat itu berhubungan dgn org yg meaningful, lo akan berharap it's really him.
SELVIANA @selphieusagi
Oh iya. Seminggu setelah penguburan kan ada kayak tujuh harian tuh. Krn nyari "jam" yg baik, kita semua ke kuburan jam 1 malam. Itu kuburan Cina yg ada di gunung, daerah Bogor. Satu tempat dgn kuburan Popo. Yg kuburannya gede-gede semua ada altarnya. Nothing strange happened sih
SELVIANA @selphieusagi
Oh iya. Barang2 kesayangan almarhum jg ditaruh di dlm peti ky pakaian, hp, dll. Baru diisi uang akhirat. Bbrp org di keluarga mimpi, kung2 nyari jam tangan. Sampe skrg jamnya ga ketemu :( Ada yg nanya uang akhirat gmn. Yg kuning yg dibakar, yg grey yg di peti. Pics from google. pic.twitter.com/CKkvdULYfS
Expand pic
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!