Fakta di Balik Kicauan Yusril Ihza Mahendra Soal 500 Gereja yang Ditutup di London

Menurut analisa Snopes, informasi yang dimuat di Yournewswire.com didasarkan pada unggahan Gatestone Institute pada April 2017.
politician lodon hoax gereja yusrilihzamahendra
0
The Samin @iwannez
@imanbr Ini uda diamankan. Biar ngga dihapus .. 😁 pic.twitter.com/Pc8hb5P3U7
Expand pic
Geeks Inside @GeeksInside_
Ada kabar di London gereja ditutup dan masjid dibuka sekian banyak. Sepertinya hoax menurut Snopes. Basis postingan itu adalah blog teori konspirasi Your News Wire #lawanhoaxdengancinta pic.twitter.com/Ez1SbZvYKE
Expand pic
Expand pic
Geeks Inside @GeeksInside_
Snopes ini merupakan situs fact checking yang memiliki reputasi bagus. Analisis yang mereka lakukan dapat dipercaya dan dijadikan pegangan melawan disinformasi dan hoax.
Geeks Inside @GeeksInside_
Prinsip mengonsumsi informasi di internet yang penting adalah skeptis untuk informasi yang too good to be true dan membawa unsur faith seperti agama karena isu ini sering diselewengkan untuk tujuan tertentu.
Geeks Inside @GeeksInside_
Era post truth di mana fakta objektif kurang berpengaruh untuk menarik opini publik dibandingkan emosi dan personal beliefs dijadikan banyak pihak untuk menyebarkan hoax dan disinformasi yang selalu dibumbui isu agama dan emosi.
Geeks Inside @GeeksInside_
Plus khususnya di Indonesia di mana pengguna memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap informasi yang beredar di internet, membuat hoax dan disinformasi ini lebih leluasa dan sangat populer dalam membentuk opini publik. Terlebih ada tokoh terkenal yang menyebarkannya.
Geeks Inside @GeeksInside_
Mengapa hoax atau disinformasi harus cepat di-counter? Agar mereka yang belum terjebak hoax atau disinformasi tersebut bisa diselamatkan. Yang sudah terbiasa mengonsumsi berita hoax atau disinformasi counter hoax/disinformasi ini justru tak memiliki pengaruh kepada mereka.
Geeks Inside @GeeksInside_
Yuk kita tingkatkan literasi. Cek dan ricek fakta dengan berbagai situs fact checking. Baca secara keseluruhan artikel, bandingkan, jangan langsung percaya segala sesuatu yang diposting di internet. Tandai situs yang sering posting hoax dan disinformasi.
MAFINDO @TurnBackHoax
@abrahamthelion [SALAH] @Yusrilihza_Mhd: "London Menutup 500 Gereja dan Membuka 423 Mesjid Baru" facebook.com/MafindoID/post… #LawanHoax pic.twitter.com/knSKzWU9wv
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Dede88🌔 @dede318a
@imanbr Hmmm seorang Profesor Doktor percaya hoax...
KowarKawer @eko2471
@imanbr @Small_Stuff_ Satu lagi raja yang berjaya melalui hoax, pbb, pks satu bidan
pejalan @pendekarmalu
@imanbr kl tdk salah yg pertama menulis ttg ini .. Londonistan adl Jaya Suprana forum.rumahilmu.or.id/discussion/103…
Van der Sliut @BPribas
@InsideErick lucu masak prof sekelas Yusril diyan tebar berita hoax juga ? Benar2 terinspirasi ajaran Abu Nawas.
Mas Him @PoetrantoNh
@BPribas @InsideErick Strategy politik bhw di Inggris Islam bangkit sbg propaganda dan framing politik Parpol Islam utk meraup simpati Dan suara Muslim. Selevel Yusril pun tdk meminta maaf sbg bentuk tg jwb intelektualitas dia. Begitulah kualitas nya
idkraf @idkraf
@apathoni itu ambil dari sumber berita dimana2 mas. cek aja literaturnya contoh saja penulisnya sebut daily di artikelnya dan link kesini dailymail.co.uk/news/article-2… dan kesini mosques.muslimsinbritain.org/maps.php#/town… jadi bukan 1sumber berita
Shaffira Gayatri @firagayatri
@idkraf @apathoni Aduh rujukannya daily mail 😅😅 mas info aja nih, daily mail itu ibaratnya koran tabloid yg banyak nyebarin propaganda anti-Islam & anti-imigran, kredibilitasnya dipertanyalan. Muslim2 di UK ga akan ada yg mau baca daily mail, lha kok anda malah mengutip mereka 😂
idkraf @idkraf
@firahermana @apathoni bukan gitu mba ee. maksud saya itu yang nulis artikelnya merujuk juga ke daily mail. dan diartikel itu juga banyak rujukannya.

Menurut analisa Snopes, informasi yang dimuat di Yournewswire.com didasarkan pada unggahan Gatestone Institute pada April 2017. Gatestone merupakan sebuah kelompok sayap kanan yang kerap menggunakan bahasa ekstremis untuk menggambarkan kemungkinan adanya kudeta muslim di London.

Menurut Snopee, klaim 500 gereja telah ditutup sejak 2001 didasarkan pada riset yang keliru. Angka itu sebetulnya berasal dari artikel media papan atas Amerika Serikat, Wall Street Journal pada 2012. Saat itu Wall Street Journal membahas mengenai kecenderungan Inggris untuk mengubah gereja-gereja tua menjadi rumah pribadi.

Snopee memaparkan Gatestone menggunakan peta masjid di London dari MuslimInBritain.org, sebuah blog yang didedikasikan untuk membuat katalog masjid-masjid Inggris. Namun peta itu sebetulnya tak pernah mengklaim sebagai katalog masjid baru. Peta itu justru tengah menunjukkan sejumlah masjid yang dibangun bahkan sebelum 2000.

Load Remaining (1)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.