3
SELVIANA @selphieusagi
Iman itu ga bisa dibohongin sama formalitas. Bokap gue Muslim, tapi dibaptis Kristen tahun lalu (alasannya nanti gue jelasin). Tapi tiap adzan Maghrib, beliau tetap ngikutin adzannya lewat TV. I always know, deep in his heart, he is a Moslem.
SELVIANA @selphieusagi
Mungkin bbrp udah tau kl bokap nyokap gue dulu nikah beda agama. Bokap Muslim, nyokap Kong Hu Chu. Atau Buddha. Sampe skrg gue bs bedain 😂 Nikah secara Islam, jd nyokap ikut bokap. Tp stlh nikah, tetep nyokap sembahyang ke vihara. Again. Iman ga bs dibohongin sm formalitas.
SELVIANA @selphieusagi
Semua anak2nya disekolahin di sekolah Kristen, makanya gue dan koko (abang) gue yg cowok jd Kristen. Cici (kakak) agnostic, she lives abroad. Ortu sih bebasin anaknya mau agama apa. Yg penting jd org baik aja.
SELVIANA @selphieusagi
Waktu bokap masih sehat, dia baca Alkitab juga. Sholat juga. Baca buku Zen gitu jg. Baca sejarah Hindu juga. Pernah jg ngukir kayu, ada yg diukir gambar Salib, tulisan Allah dlm bahasa Arab, dan patung Buddha. Dia juga yg beli pajangan The Last Supper, walau dia bukan Kristen.
SELVIANA @selphieusagi
Gue inget pandangan beliau terhadap anjing dan babi yg diharamkan. Menurut beliau, semua ciptaan Tuhan baik. Yg haram adlh sifat anjing yg penjilat dan sifat babi yg malas & rakus, sifat-sifat itulah yg harus dijauhi manusia. Bukan fisiknya yg dijauhi.
SELVIANA @selphieusagi
Waktu gue kecil, gue merasa keluarga gue itu aneh pd beda agama. Sedih jg tiap Natal liat temen2 rayain bareng keluarga, gue enggak. Gue baru punya Pohon Natal pas gue umur 23 thn, saat gue udah bs beli sendiri. Kakak2 gue pun br punya Christmas Tree pas udah punya rumah sendiri.
SELVIANA @selphieusagi
Waktu SMA, ada orang gereja ngomong ke gue intinya bokap nyokap gue itu lost, ga akan bs masuk surga, krn ga mempercayai Tuhan Yesus. Halah. Semua agama merasa paling bener. Ya lo boleh merasa agama lo plg bener (makanya lo percaya kan), tp jgn nuduh kepercayaan org lain salah.
SELVIANA @selphieusagi
Intinya gue sekeluarga ga pernah berantem SEKALI PUN krn agama. Seatap, sedarah, beda agama tu emg ga masalah kalo lo ga permasalahin. Justru gue seneng dan bangga punya keluarga yg interfaith di saat gue liat bbrp org di sekitar gue bs usir anaknya kl ada yg pindah agama.
SELVIANA @selphieusagi
Seiring berjalannya waktu, nyokap mulai mikir kl dia meninggal gmn. Semua anak2nya ga ada yg ngerti cara meninggal Buddha/Islam. Gue udah blg, pasti ada yg bantu urusin. Ga usah khawatir. Terus dia blg, kl beda agama nanti doa gue ga nyampe ke dia di akhirat. Gue sih ga percaya.
SELVIANA @selphieusagi
Akhirnya nyokap mau pindah Kristen dan beliau ngajak bokap. Bokap sih ngikut aja. Pas dibaptis, muka bokap gue pun terlihat welcome. Tapi 1 jam lalu, gue baru aja mendengar bokap gue ikutin adzan Maghrib. I'm touched and sad at the same time.
SELVIANA @selphieusagi
Agama yg di KTP cm buat formalitas yaudahlah. Gue jg tercatat Islam di KK & KTP walau gue tidak mengimankan agama tsb. Tp kl mslh meninggal, perlakukanlah sesuai dgn keyakinan org tsb. Bukan sesuai dgn apa yg kita mengerti. Karena ini perjalanan dia, bukan perjalanan kita.
centik cecen cantik makasi @nikenmawar
@selphieusagi Keluargaku smua muslim, om ku bbrp tahun lalu mmtuskn pndh kristen, 2 bln lalu dia bru meninggal&ketika meninggal dia di islamkan lg sm keluarga. Aku ga dtg pas pmkmn nya sih, tp lgsg tanya 'knp dimasukin islam lg, kan semasa hidup dia ud memutuskan pndh agama hrsnya dihargai'😹
Bintang @McKurik
@selphieusagi Hi kak, i'm very touched with your thread. Aku jg berasal dr keluarga yg berada di lingkungan 2 agama. Keluarga Papaku Muslim dan Mamaku Kristen, skrg aku tinggal brg Opa Oma ku yg notabene mrk Kristen tp mereka open bgt am gw yg seorang muslim.
L @lindaeldhany
@selphieusagi Saudaranya nenekku kristen, anak pertamanya (tanteku) masuk islam, udah jadi hajah, anaknya pilih kristen, jadi pendeta. Yaaa adem-adem aja ga pernah ada masalah.
L @lindaeldhany
@selphieusagi Sementara itu, seseorang yang kukenal memutuskan pindah kristen, ketahuan sama bapaknya, bapaknya ga terima dong, diusir dari rumah dan ga diakui sebagai anak. Sampai putus kuliah dan harus kerja sendiri karna ga dibiayai lagi sama bapaknya.
ther @ladythrs
@selphieusagi Papa katholik nikah sama mama yg muslim. Mama masuk katholik. Pas pisah, mama ku balik muslim. Kakak ku masih katholik. Aku dan adik ku masuk islam. Banyak yg bilang, kok bisa ya begitu blablabla. Aku gak mikir omongan org yang penting keluarga aman damai dgn keyakinan masing2
ther @ladythrs
@selphieusagi Dan papa nikah lagi sama wanita muslim. Papa disuruh masuk islam sampai ganti nama di KTP dan stiap lebaran disuruh solat ied. Tapi gue tau di dalam hati papa gue masih di keyakinan yg lama. Kadang gue sedih, kenapa harus serumit ini. Padahal semua agama itu indah
Adi @adiprast04
@LadyTM_ @selphieusagi Alhamdulillah.. Semoga mbak diberi kemudahan dan dibuka kan pintu keridhoan allah swt.. Sesungguhnya islam mengimani nabi dan rosul tak terkecuali musa as. Isa as.. Tapi di sempurnakan oleh muhammad saw. Sehat selalu mbak

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.