0
Eliya @eliya_mkom
Kondisi politik jelang pemilu serentak tahun 2019 penuh dengan ketidakpastian, sedikit manuver saja bisa merubah keseimbangan yang ada. bisa 2 poros., bisa 3 poros, bisa 4 poros. nanti habis Isya kita bahas soal kemungkinan 4 poros dalam Pilpres 2019. yuk RT dan Like yuk pic.twitter.com/PrxxYHAcOF
Expand pic
Eliya @eliya_mkom
Yuk tuips bahas soal kemugkinan pilpres dengan 4 pasang capres dan cawapres. twitter.com/eliya_mkom/sta…
Eliya @eliya_mkom
Pilpres 2019 dilaksanakan serentak bersamaan dengan pemilu legislatif, partai yang memiliki kader yang menjadi capres atau cawapres akan mendapatkan keuntungan elektabilitas dalam pemilu legislatif. Yang akan mendominasi kursi @DPR_RI dan DPRD kota/kabupaten, Propinsi.
Eliya @eliya_mkom
Menyadari hal tersebut semua partai akan berusaha agar kadernya menjadi capres atau cawapres. Bukan semata hanya utk memenangkan Pilpres, tapi mengharapkan efek mendongkrak perolehan kursi di legislatif. Kursi legislatif se Indonesia itu Investasi politik yang besar.
Eliya @eliya_mkom
Pahami keinginan capres dan menjadi cawapres itu merupakan strategi untuk investasi politik, perbanyak kursi legislatif diseluruh tingkatan. Eh. Kiltuitnya Pending dulu ya. Mau Nyimak @ILC_tvOnenews ada @Fahrihamzah Nanti lanjut ya tuips.👍
Eliya @eliya_mkom
Lanjut yuk tuips bahas soal pentingnya menempatkan kader partai sebagai capres atau cawapres. Maksimal Ada 4 poros koalisi dan 4 pasang kandidat yang artinya ada 8 partai dari 15 partai yang kepentingannya terakomodasi.
Eliya @eliya_mkom
Artinya ada 7 partai yang tidak mendapatkan kesempatan itu. Yaitu 4 partai baru dan 3 partai lama. Hilangnya kesempatan ini berarti dapat diprediksi ke 7 partai ini akan mempereoleh kursi legislatif yang sedikit, yang bakal menyebabkan tak lolos Parliementary threshold 4 %.
Eliya @eliya_mkom
Syarat utk mengusung capres adalah berdasarkan hasil pemilu 2014, yaitu 20% kursi DPR atau 25% suara sah nasional. Dari komposisi hasil pemilu 2014 diketahui ada 4 partai yg memiliki suara tertinggi. Yaitu @PDI_Perjuangan @DPP_Golkar @Gerindra @PDemokrat Bisa menyusun 4 koalisi.
Eliya @eliya_mkom
@PDI_Perjuangan sudah mendeklarasikan Pakde @jokowi sebagai capresnya. Dan ada 4 partai yang sudah mendeklarasikan dukungan juga. Yaitu @DPP_PPP @NasDem @PartaiHANURA dan @DPP_Golkar Walaupun sudah mendeklarasikan dukung JKW tentu masih mungkin berubah krn banyak alasan.
Eliya @eliya_mkom
Salah satu alasan yang paling logis yang dapat diterima oleh semua pihak adalah kepentingan menjaga elektoral partai dalam pemilu legislatif. @PDI_Perjuangan tentu dapat menerima jika @DPP_Golkar membentuk koalisi sendiri yang mengusung kadernya sebagai capres.
Eliya @eliya_mkom
Tentu dengan komitmen jika salah satu dari mereka tersingkir diputaran pertama akan memberikan dukungan di putaran kedua. Jika pakde @jokowi tersingkir diputaran pertama, maka diputaran kedua akan memberikan dukungan capres yang diusung @DPP_Golkar
Eliya @eliya_mkom
Total 5 partai pendukung Jokowi memiliki 52 % suara yang berarti dapat dipecah menjadi 2 koalisi pengusung 2 pasang capres. Diasumsikan saja koalisi yg tetap dukung pakde adalah @PDI_Perjuangan @NasDem dan @PartaiHANURA sedangkan @DPP_Golkar dan @DPP_PPP berkoalisi dipilpres.
Eliya @eliya_mkom
Koalisi 3 partai @PDI_Perjuangan @NasDem dan @PartaiHANURA akan usung @jokowi sebagai capres dan Surya Paloh sebagai cawapres. Sementara @DPP_Golkar dan @DPP_PPP akan usung @Pak_JK capresnya dan @MRomahurmuziy sebagai cawapresnya. Siapa yang tersingkir diputaran pertama ?
Eliya @eliya_mkom
Kondisi ini agak riskan bagi pakde @jokowi karena bisa jadi yang akan menang pasangan @Pak_JK dan @MRomahurmuziy Tentu perlu komunikasi yang baik agar @PDI_Perjuangan dapat menerima kondisi dipecah menjadi 2 koalisi pengusung ini. Demi suara partai di pemilu legislatif.
Eliya @eliya_mkom
Pasangan koalisi yang sudah aman yaitu @Gerindra dan @PKSejahtera Dua partai ini sudah hampir pasti menjadi koalisi pilpres yang akan mengusung @prabowo sebagai capres dan salah satu dari 9 nama kader PKS. Siapa yang akan dipasang sebagai cawapres prabowo ?
Eliya @eliya_mkom
Kalau pendapat aku yang paling kuat dan memiliki potensi elektabilitas paling tinggi adalah @anismatta Kalau Mas @arwidodo maunya dukung @aheryawan tapi yg paling mungkin akan mendampingi @prabowo adalah @msi_sohibuliman itu juga kalau belum jadi TSK atas laporan @Fahrihamzah
Eliya @eliya_mkom
Koalisi lain yang masih riskan adalah koalisi yang dipimpin @PDemokrat karena membutuhkan dukungan 3 partai utk dapat mengusung capres dan cawapres karena adanya President Threshold 20%. Diantara 4 partai terbesar perolehan suara di Pemilu 2014. Demokrat yang paling gak nyaman.
Eliya @eliya_mkom
Butuh dukungan 3 partai agar dapat memenuhi PT 20% padahal posisi yang tersedia cuma ada 2. Katanya poros 3 partai yang belum jelas itu adalah @PDemokrat @Official_PAN dan @DPP_PKB PAN relatif mau mengalah, dibandingkan PKB yang sudah deklarasikan @cakimiNOW
Eliya @eliya_mkom
Tentu @Official_PAN harus benar benar mempertimbangkan dengan matang dampak yang akan diterima di pemilu legislatif karena kadernya tidak menjadi capres atau cawapres 2019. Yaitu perolehan suara di pemilu legislatif akan merosot, bisa terancam tak lolos Parliementary Threshold
Eliya @eliya_mkom
Utk mempermudah saja, diasumsikan @Official_PAN bersedia berkorban, koalisi 3 partai PAN @PDemokrat dan @DPP_PKB akan mengusung @AgusYudhoyono sebagai capres dan @cakimiNOW sebagai cawapres. Kesimpulan diperoleh 4 pasang kandidat capres dan cawapres.
Eliya @eliya_mkom
Koalisi pertama @PDI_Perjuangan @NasDem dan @PartaiHANURA akan usung @jokowi sebagai Capres dan Surya Paloh sebagai Cawapres. Koalisi kedua @DPP_Golkar dan @DPP_PPP akan mengusung @Pak_JK sebagai capres dan @MRomahurmuziy sebagai Cawapres. Bersatu diputaran kedua.
Eliya @eliya_mkom
Koalisi ketiga poros tiga partai @PDemokrat @Official_PAN dan @DPP_PKB dengan mengusung @AgusYudhoyono sebagai capres dan @cakimiNOW sebagai Cawapres. Koalisi ke empat, koalisi @Gerindra dan @PKSejahtera yang akan mengusung @prabowo sebagai capres dan @msi_sohibuliman cawapres.
Eliya @eliya_mkom
Koalisi 3 dan 4 bisa bekerja sama di putaran kedua jika salah satu dari mereka tersingkir di putaran pertama. Jika @AgusYudhoyono @cakimiNOW lolos keputaran kedua, @Gerindra @PKSejahtera akan dukung. Jika @prabowo @msi_sohibuliman lolos ke putaran kedua gimana peta dukungan?
Eliya @eliya_mkom
Jika @prabowo @msi_sohibuliman lolos keputaran kedua kemungkinan peta dukungannya adalah. @DPP_PKB akan dukung koalisi 1 @jokowi -SP atau koalisi 2 @Pak_JK @MRomahurmuziy Mana yang lolos @Official_PAN akan dukung Prabowo-Msi.@PDemokrat kembali akan netral tak memihak manapun.
Load Remaining (27)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.