9
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Di awal masuk poli psikiatri anak, para pembimbing bilang "90% kasus gangguan psikiatri pada anak itu salah orang tuanya". Awalnya saya mikir, gak mungkin ah sebegitunya Lewat 3 bulan di poli psikiatri anak cuma bisa geleng geleng.. ternyata bener yg dibilang pembimbing dulu
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian

Psychiatrist | National Hypnotherapy Instructor | NLP'er | Advisor of @ibunda_id | ✉️ DM ≠ Consultation

https://t.co/WYYh9tr15k
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Yang lagi ngetren banget akhir akhir ini adalah kasus batita kecanduan gadget. Iya... Batita... Kecanduan... Gadget Yang ngasi si batita gadget kan jelas orang tuanya, gak mungkin kan si batita beli gadget sendiri di Roxy
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Apa aja gangguan psikiatri pada batita yang kecanduan gadget? Bentuknya bisa macem macem Anak jadi rewel, ga bisa diatur, marah marah, susah tidur, lebih nyaman sama gadgetnya dibandingkan orang tuanya, gangguan belajar, terlambat bicara, terlambat jalan dsb
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Lho anak bisa terlambat bicara, terlambat jalan gara gara gadget? Lha iya bisa banget. Ada sebuah kasus yang miris banget. Ada anak usia 3 tahun belum bisa memanggil "Papa" atau "Mama" tapi bisa bilang "Hape" ketika dia minta gadgetnya. Gimana perasaanmu coba?
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Gadget itu menarik fokus dan perhatian anak. Iya benar anak jadi tenang, tapi tenang yang keliru Anak itu memang sewajarnya aktif, sewajarnya bawel, sewajarnya bereksplorasi dengan lingkungan sekitar Ga siap sama anak yang aktif seperti itu? Ya tunda dulu punya anak
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Jika proses pembelajaran lewat motorik anak ini dialihkan ke gadget, iya anak jadi tenang, tapi anak jadi ga belajar apa apa Orang tua tenang anaknya pegang gadget, tapi anak jadi mengalami penurunan kemampuan yang diakibatkan orang tua si anak sendiri Hayo mau gak?
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Kapan anak boleh megang gadget? Beberapa ahli mengatakan baiknya kita memberikan anak gadget di usia 12 tahun, ada pula yang mengatakan 14 tahun. Lama lho itu, jangan buru buru pengen ngasi gadget ke anak ya ayah bunda
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Masa iya baru bisa ngasi gadget ke anak usia segitu? Weinberger pernah menulis ttg keselamatan internet,dari 70.000 anak ditemukan bahwa rata-rata anak, melakukan sexting mulai kelas 5 SD, konsumsi pornografi pada usia 8 tahun, dan kecanduan pornografi di usia 11 tahun
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Dalam perkembangan otak, ada area yang bernama prefrontal cortex. Area ini bertugas untuk mengendalikan impuls dorongan, juga bertugas untuk berpikir. Area ini berkembang sampai usia 20an tahun. Gadget sendiri mengganggu perkembangan normal area ini...
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Jadi wajar jika anak menjadi kehilangan kemampuan mengendalikan impuls, jadi kurang mampu berpikir, ketika mulai diberikan gadget Ya karena kita sendiri sebagai orang tua yang menggangu perkembangan area otaknya
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Kalaupun mau diperkenalkan gadget di usia sekolah formal, berikan batasan pemakaian gadget. Misal, hanya boleh memakai gadget di weekend, masing masing maksimal 1 jam. Jangan berikan gadget seakan itu adalah hak anak sepenuhnya
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Anak lebih butuh bermain dengan tubuh orang tuanya, lingkungan sekitarnya, teman sebayanya, ketimbang gadget Sayangi anak, jauhkan gadget Mending hapenya buat saya karena hape saya udah sering error #lah #malahcurhat
UF★ @cupahul
Baca ini jadi merhatiin bener soal gadget ke anak2. Punya keponakan, cooy mau dipangku kalo gue pegang hp 😐 Akhirnya berusaha mengalihkan dengan nyanyi dan diperagain biar lupa sama hp. 😐😐😐😐😐😐
UF★ @cupahul
Kadang sampe bingung mau ngapain ama tu anak, pokoknya asal jgn main gadget aja. Untung follow mba @tikabanget di ig 😂 bnyk terinspirasi mainan Rana 😆
UF★ @cupahul
Gue emang belum jadi orang tua. Tp alhamdulillah dikasih keponakan buat belajar. 😄
Grace @peachypie2806
@jiemiardian -skrg yg jadi masalah kl buat sy itu gimana cara menangani anak yg model belajarnya aktif, tp kalo belajar males bgt. Padahal kl dia lg tenang sebenernya bisa jawab pertanyaan. Berarti problemnya masalah konsentrasi kan dok? Ni anak dulu kecanduan gadget krn ortu yg sibuk kerja
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
@peachy_pepi Pada anak yang pernah/sedang kecanduan gadget, bisa muncul gejala Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas/ADHD. Jika skala gangguan ringan bisa dilakukan terapi namanya remedial therapy, jika berat wajib dengan obat obatan Bu. Jika dibiarkan akan terus memberat
Grace @peachypie2806
@jiemiardian Kalo kemaein pernah konsul sama psikolog sekolah sy, utk tes gaya belajar audiotori dan kinestetik.. Trus katanya ga ada masalah utk gaya belajar.. Sekarang hp udah disita sama sekolah tp masih sama aja tuh kelakuannya, aktif bgt. Dia mulai berubah sejak kelas 5,apa krn hormon?
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
@peachy_pepi Hormonal bisa sekali berpengaruh, usia remaja pada beberapa anak mengalami kemunduran perilaku yang normal. Namun tetap perlu diatasi
Grace @peachypie2806
@jiemiardian Kalo dari cerita saya yg harus dilakukan apa ya dok? Soalnya dari tubuh si anak memang gendut dan cowok. Jd kayanya diet ga seimbang jadi perilaku berubah mulai kelas 5 dan katanya sering pusing jg, mungkin mata minus. Kl ortu memang dulu galak dan disiplin, tp skrg lebih sabar..
Andika Saputra @andikaganyong
@jiemiardian Kalo yg udh terlanjur kecanduan, cara buat mengurangi/menghentikan sama sekali gmn dok?
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
@andikaganyong Harus tegas menghentikan. Pada beberapa kasus yang berat mungkin perlu obat obatan. Konsultasikan ke psikiatri anak
sekar ayu dewati @ayudewati
@jiemiardian @glrhn Gmn kalau ayah ibunya nggak ngijinin tp sepupu2 atau tmn sebayanya mainan gadget, trus anaknya ngerengek2 minta. Br mau pnya anak tp udh mkrn ini bgt
Load Remaining (63)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.