7
sezi @paperxkites
📋📃 thread berisi website-website untuk melamar kerja yang recommended catatan: sebagian besar berdasarkan pengalaman, kalo ada yg mau nambahin silahkan🌼
sezi @paperxkites
catatan lagi: setiap website ini bisa dipakai setelah kalian register dan set up profile kalian, jadi istilahnya you build your digital Resume! what you need: CV/Resume in PDF Pass photo formal another documents: TOEFL, certificates, etc.
sezi @paperxkites
1. linkedin.com Ini yang paling penting. Begitu kalian lulus atau malah pas udah masuk semester atas2 perkuliahan, bikin akun untuk bangun koneksi disini. Bikin profile, masukin pengalaman organisasi, magang, kerja, pendidikan, dan skill!
sezi @paperxkites
Skill yg kamu masukin jg bisa diendorse (bukan endorse IG ya, tp lebih seperti pengakuan dr teman yg udah connected sama kamu). Disini juga kalian bisa cari kerjaan, dan cenderung lebih mudah, tinggal klik *easy apply* lalu selesai deh! Dan ada fitur Save Job kalau km masih ragu
sezi @paperxkites
2. Jobstreet.com Yang ini juga jadi andalan orang2, terbesar dan terpercaya. Fiturnya lengkap, mudah dipakai, bisa cari lowongan sesuai kerjaan yg kamu mau. Contoh, lokasi, company, jenis pekerjaan, atau search pakai keyword juga bisa.
sezi @paperxkites
Setelah apply lowongan, biasanya otomatis akan masuk rekomendasi2 pekerjaan sejenis ke home kamu. (-) ketika dpt panggilan dari sini, harus pastiin kalian ngasih kepastian untuk hadir atau enggak. Kalo udh setuju tp ga dateng, dan terjadi 2x, kalian dibanned selama 180hari.
sezi @paperxkites
3. Kalibrr.id Ini situs favorit, kenapa? Tampilannya enak, lebih interaktif karena kita bisa chat sm staff mereka selama jam kerja di weekdays. Prosesnya jg termasuk lebih cepet dibanding situs lain. Biasanya aku pake kalo fokus cari lowongan dari perusahaan tertentu.
sezi @paperxkites
Di kalibrr juga ada banyak skills tests yang bisa kamu ikutin dan memperkaya digital resumes kamu. Semakin banyak & semakin bagus hasilnya, semakin besar kemungkinan kamu dilirik sama perusahaan.
sezi @paperxkites
4. Urbanhire.com Urbanhire ini tampilannya mirip2 kalibrr, ada fitur chat. Except they have wider connection and more companies here. Lebih enak lagi, kalo mau apply ada fitur Cover Letter yg bisa kamu isi untuk meyakinkan company untuk melirik kamu.
sezi @paperxkites
Lebih enaknya di urbanhire, ada blog/tips karir yg bisa kamu baca2. Btw kalo lagi cari kerja harus rajin baca2 ya. Entah itu tips kerja, cara bikin CV yg baik dan menarik, dan tips bikin Cover Letter.
sezi @paperxkites
5. Glints.id Glints juga sama kayak situs2 yang udah disebutin tadi, ada fitur chat, tampilannya menarik, di bagian profile kamu jg bisa nambahin portfolio untuk memperkaya resume kamu. Bar skills juga ada dan cukup lengkap.
sezi @paperxkites
Kalau kamu apply lewat glints, mereka juga menyediakan fitur Cover Letter yg bisa kamu isi untuk menarik perhatian pihak perusahaannya. Kalo tiba2 stuck nulis Cover Letternya? Bisa kamu simpen jadi draft dulu! Jadi jangan khawatir bakal ilang2an.
sezi @paperxkites
6. Karir.com Lumayan lengkap, ada fitur tes minat, tes gaya komunikasi dan tes inggris sebelum kamu apply ke berbagai perusahaan. Disini juga ada info program khusus & Management Trainee perhsahaan2 besar.
sezi @paperxkites
Walaupun disini lowongan yang tersedia nggak selengkap situs2 lain, menurut aku. Tapi tetep worth to try kok.
sezi @paperxkites
7. Jobs.id Jobs id ini salah satu website yg pertama kali aku bikin profilenya setelah lulus. Tampilannya simple, mudah diakses dan mereka bekerjasama dengan Kementrian Ketenagakerjaan RI.
sezi @paperxkites
8. Studentjob.co.id I guess many of you already knew about this site right? Yang pasti sesuai sama namanya, website ini khusus buat mahasiswa/i yg lagi cari kerjaan. Pilihannya beragam kok, magang/part time/freelance sampe full time untuk fresh graduates juga ada.
sezi @paperxkites
Social media studentjob, twitter/IG/Line: @.idstudentjob
sezi @paperxkites
📍 sebenarnya, dalam banyak website melamar kerja ini juga ada banyak lowongan magang, tapi biasanya dikategorikan dengan nama Internship. 📍 pengalaman: kalau mau cari lowongan magang, apalagi perusahan besar, lebih baik jauh2 hari ya guys! Kisaran 1-2 bulan.
sezi @paperxkites
9. id.jobsdb.com JobsDB ini sering direkomendasiin orang2, termasuk bokap sendiri. Mereka juga biasa berpartisipasi untuk event Job Fair/Bursa Kerja Nasional, biasanya untuk memudahkan jobseeker ketika apply.
sezi @paperxkites
Tampilan JobsDB cukup nyaman, kalo mau cari lowongan juga bisa disortir sesuai kebutuhan, berdasarkan level/pengalaman/tanggal posting. Dan tampilan daftar lowongan jg bisa disesuaikan kok.
sezi @paperxkites
10. Indeed.com Aku pribadi blm pernah apply lewat sini, tapi pernah direkomendasikan beberapa orang so i guess it wont hurt to try applying through this site! Simple, tampilan sederhana jadi lumayan cepet proses loadingnya.
sezi @paperxkites
Beberapa perusahaan juga ada opsi ratings&reviews, jadi bisa kamu baca-baca opini dan pengalaman orang2 sebelum kamu apply di perusahaan tersebut.
sezi @paperxkites
11. Loker.id This one is pretty famous too, tapi aku biasanya cari kerjaan disini lewat social media mereka. Dan seperti website loker lainnya, mereka juga memberikan Tips2 loker yang bisa kamu baca.
sezi @paperxkites
{📍} Note: mayoritas dari website yg udah disebutin biasanya menyediakan opsi "Log in/Sign Up with LinkedIn". Ini lebih mudah, karena kalian ngga perlu repot2 regist&confirm email lagi, cukup daftar melalui akun LinkedIn kalian.
sezi @paperxkites
Untuk sementara segini dulu ya, kalau semisal ada yang mau ditanyain, tolong lewat kolom ini biar nggak bikin thread berantakan. Thanks♡ twitter.com/paperxkites/st…
Load Remaining (2)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.