1
Login and hide ads.
Irvan Kartawiria @IrvanKarta
@YooshuaCooperJ Artinya benar "aku". Konteksnya ga tepat. "Aing" itu bentuk paling kasar. Biasanya buat temen akrab banget, atau kalau emosi rada tinggi. Ga pernah dipake buat ngomong sama orang tua, yg dihormati, atau orang yg ga gitu kenal.. Nah, sekarang udah tau ๐Ÿ˜
Positive vibes only~ @Damnnyoshua
@IrvanKarta Siaap pak makasih sudah diingatkan ๐Ÿ™๐Ÿ˜
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
Seperti yg pernah saya bahas kemaren ini, apa yang dinasehatkan kang @IrvanKarta ini benar. Jangan asal pake kata "AING" kalo ngobrol. Karena kata "aing" itu kasar. Mungkin keliatan gaya, tapi salah pemakaian, bisa fatal akibatnya. Kalian gak usah ikut2an ya. pic.twitter.com/c09RYOyhDf
 Expand pic
 Expand pic
Mikan @MikanDoang
Iya guys. Aing itu kasar pangkasar-kasarnya. Tiap gue pake di twit/ngomong langsung pun justru karena tahu aing itu kasar dan konteks seluruh twit memang buat ngomong kasar/misuh2 twitter.com/rasjawa/statusโ€ฆ
Mikan @MikanDoang
Ga sih, gue ga risih atau apa kalo ada orang non sunda ngomong pake aing. Cuma suka kasian aja. Liatnya jadi kayak orang bule diajarin kata makian bahasa indo terus dengan bangga pamer tanpa tahu itu makian kasar. Kan jadi mempermalukan diri sendiri...
Mikan @MikanDoang
Kecuali kalo yang pake udah paham aing itu kata kasar dan pake sesuai yang menurutnya pas ya itu wisdom masing2. Resiko ditanggung masing2.
Akun Anonim @puanmainhujan
@MikanDoang @rasjawa Tapi skrg "Aing" dipake jd bahasa pergaulan trus seringnya dicampur sama bahasa Indonesia kaya "sini sama aing aja", atau "yaudah aing aja yg ngerjain", dan yg ngucapin rata2 juga ga bermaksud kasar. Kayanya ada semacam fenomena baru jg seputar Aing ini ๐Ÿ˜…
Mikan @MikanDoang
@puanmainhujan @rasjawa Memang jadi ada perluasan penggunaan sih, kira2 jadi setara 'gue' yang jadi masuk ke bahasa sehari2 di luar orang2 betawi/cina. Tapi dalam konteks bahasa Indonesia juga gue tuh bukan bahasa yg dipake untuk setting formal, kan. Buat slang di antara temen akrab aja. Aing juga sama
Mikan @MikanDoang
@puanmainhujan @rasjawa Sayangnya masih banyak yg pake aing buat ikut2an aja tanpa tahu itu prokem ga formal dan ga pantes dipake buat ngomong ke yang ga akrab/lebih tua/setting formal.
Akun Anonim @puanmainhujan
@MikanDoang @rasjawa Hmm iya juga ya...buat kami yg orang sunda dan paham penempatan kata aing bisa gunain ini secara proporsional, cuman gimana dengan org luar? ๐Ÿ˜•๐Ÿ˜•
Amy @amyjatnika
@rasjawa @IrvanKarta Kalau bilang "aing" untuk diri sendiri gimana? Bukan lagi dalam percakapan dengan orang lain maksudnya.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
@amyjatnika @IrvanKarta Maksudnya sambil ngomong sendiri gitu? Kade ah, ulah seueur nyarios nyalira neng... Bisi pajarkeun... ๐Ÿ˜‚ ๐Ÿ˜‚ ๐Ÿ˜‚
Lorraine Riva @yoyen
@rasjawa Mantap mas ๐Ÿ‘๐Ÿฝ. Aku sendiri sebagai orang Jawa risih dipanggil jeng oleh orang yang jauh lebih muda dari aku. Sepertinya dia ngga tahu arti sebetulnya jeng itu apa ๐Ÿ˜€
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
@yoyen Ada yang manggil gitu? Kenapa nggak panggil mbak aja ya? Kan lebih netral... ๐Ÿ˜‚ i
Lorraine Riva @yoyen
@rasjawa Aku saking risihnya akhirnya jelaskan bahwa jeng itu singkatan dari diajeng. Panggilan untuk perempuan yang lebih muda. Terus dia minta maaf. Dan aku pesan: sebaiknya cari tahu makna kata sebelum pakai, jangan hanya ikutan karena lagi trend ๐Ÿ˜€
Irvan Kartawiria @IrvanKarta
@rasjawa Saya pernah bahas ini di thread lumayan panjang, terus ada yg nyamber dg argumen "tingkatan bahasa halus-kasar" itu nggak baku dan bikin-bikinan. Ya terserah we.. da saya mah bahas bahasa Sunda yg umum sajah ๐Ÿ˜๐Ÿ˜
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
@IrvanKarta Bener kang. Banyak yg sotoy, dikasih tau malah ngeyel, kalo pemakaian Aing itu gak bisa dipake buat semua situasi. Saya juga pernah mengalami. Habis ngasih tau malah dibantah dengan argumen yg gak masuk akal. Hak Asasi Manusia!! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
darth pleatherโ„ข @ejjamrttp
@rasjawa @IrvanKarta imho, sepertinya di beberapa tatar sunda memang (sudah) tidak ada/tidak terbiasa (?) dengan basa sunda lemes, saya di sini suka diajak ngobrol ama orang yg lebih tua pake sunda kasar, langsung merasa canggung kalo ngebalesnya pake kasar juga, jadi jawabnya pake bhs indo.
Vegan @Vevegantara
@rasjawa @LaeEnrich @IrvanKarta sebenarnya basa sunda yang asli itu emng menggunakan bahasa aing mneh alias basa yang kita anggap kasar dan itu masih terjaga di banten tepatnya baduy nah knapa skrng ada bahasa halus dsb bermulai dari masuknya mataram ke tanah pasundan
Anisa Nur Adnin @anisanuradnin
@rasjawa @IrvanKarta Betul! Waktu itu sempet belajar bahasa sunda sama bapak, katanya kalau mau ngomong 'saya' pakenya abdi bukan aing. Aing itu kasar dan tidak sopan kalau ngomong sama orang lain begitu.
irra ๐Ÿณ @irraOCTAVIA
@rasjawa @IrvanKarta Iya, paling sebel kalo liat orang cerita/bikin thread ngomongnya aing-aing. Hadeh.... yasih bukan orang asli sunda, cuma numpang kuliah juga. Tapi 3-5 tahun itu waktu yg cukup lama buat belajar bahasa daerah. Seperti pepatah, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.
nova openg @opengs
@rasjawa @IrvanKarta ya itu.. dulu2 awal bgt br pada pake aku bingung.. anak2 muda, asalnya jg kayanya bukan org sunda ngomong aing2 tp kata2 berikutnya bahasa indonesia gaul. pertama geli bgt dan pgn benerin.. tapiii.. ternyata semuanya gitu. aing cape. eh. punten, kang..
#JalurUsil @ji_saka007
@rasjawa @IrvanKarta saya cukup lama di bandung tp klo ngomong bahasa sunda sama yg lebih tua.. saya gunakan bahasa indonesia kren tkut tersinggung.. soalnya klo di bandung sering nya di ajarin bhs yg kasar.. ๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘
Load Remaining (1)
Login and hide ads.