0
D I T Y A @aditnamasaya
Mau tau kisah yg tersembunyi dari kemenangan JFK di US presiden election 1960? Kisahnya relevan lho dengan kisah-kisah tersembunyi di pilpres kita. Colek @M4ngU5il
D I T Y A @aditnamasaya
John Fizgerald Kennedy, Frank Sinatra dan Sam Giancana ( Untold story dibalik kemenangan Kennedy pada US Presidential Election 1960 )
D I T Y A @aditnamasaya
1. Siapa tdk kenal JFK? Presiden Amerika Serikat terpopuler. Dia lah icon demokrat, dan icon pejuang hak-hak sipil di era amerika modern. Tapi tau kah kawan, kisah dibalik kesuksesan JFK memenangkan pemilihan presiden 1960? Bagini kisahnya ....
D I T Y A @aditnamasaya
2. Cerita bermula pada 2 Januari 1960, saat konvensi partai demokrat untuk kandidat calon presiden. SenatorJFK salah satu nominasi, berhadapan dgn Hubert Humprey dari Minnesota dan Wayne Morse dari Oregon. Ini merupakan pertarungan awal JFK menuju Gedung Putih.
D I T Y A @aditnamasaya
3. JFK paling tidak harus memenangkan ballot di 3 wilayah negara bagian untuk memenang konvensi tersebut. Wisconsin & West Virginia untuk Hubert Humprey. Serta Maryland untuk Wayne Morse.
D I T Y A @aditnamasaya
4. Memenangkan ballot diwilayah lumbung suara Humprey bukanlah perkara mudah. Mayoritas penduduk yg beragama Protestan konservatif, tentu akan sulit menerima JFK yg beragama Katolik. Inilah wilayah yg akan menjadi sandungan bagi JFK. JFK butuh figur kuat yg bisa membantunya. pic.twitter.com/Kjt0ksPnCw
Expand pic
D I T Y A @aditnamasaya
5. Adalah Jack Kennedy yg memiliki inisiatif untuk menyertakan Sam Giancana dalam pertarungan ballot diwilayah Wisconsin & West Virginia. Siapakah Sam Giancana? dan bagaimana klan Kennedy yg dikenal keluarga mapan dan terhormay bisa bersentuhan dgn Sam Giancana?
D I T Y A @aditnamasaya
6. Salvatore "Sam" Giancana adalah Sicilia America mobster. Dikenal sebagai bos dari organisasi kriminal Chicago Outfit, era 1957 - 1966. Sam memulai karier sbg supir Al Capone. Pada Al capone lah, Sam belajar "berbisnis" penguasaan wilayah. Hingga saat-nya ia menjadi top mafia. pic.twitter.com/R3faba8Cx9
Expand pic
Expand pic
D I T Y A @aditnamasaya
7. Sebagai bos Chicago Outfit, Sam dekat dengan kaum the haves. Gaya hidupnya yg flamboyan dan royal, membuat Sam diterima kalangan dunia selebritis, salah satunya adalah Frank Sinatra. Hubungan Sam dan Frank Sinatra, tidak hanya sekedar teman biasa, melainkan teman dekat.
D I T Y A @aditnamasaya
8. Melalui Frank Sinatra inilah, Jack Kennedy meminta bantuan Sam Giancana, untuk membantu JFK memenangkan ballot diwilayah lumbung suara Humprey. Atas dasar pertemanan, Sam Giancana bersedia membantu pemenangan JFK diwilayah tersebut.
D I T Y A @aditnamasaya
9. Pertimbangan Sam Giancana membantu JFK saat iti adalah, ia mengharapkan bahwa pemerintahan US dibawah kepemimpinan JFK nanti-nya akan menjauhkan dirinya dari sasaran kejar FBI dan DEA. Aksi Sam Giancana dimulai.
D I T Y A @aditnamasaya
10. Beberapa saat menjelang jajak pendapat di West Virgina, Sam mengirim utusan utk menyebar USD 50.000 ke wilayah tsb. Sam jg mempercantik kantor politisi lokal dgn furnitur baru, serta membayar pemilik bar utk terus menerus memutar lagu High Hopes yg dinyanyikan Frank Sinatra. pic.twitter.com/MEiXfcbKO5
Expand pic
D I T Y A @aditnamasaya
11. Hal yang sama dilakukan Sam Giancana di wilayah Wisconsin. Berkat campur tangan Sam Giancana, JFK memenangkan konvensi kandidat presiden partai demokrat. JFK melewati rintangan pertama, dan mulai menatap Gedung Putih. John F Kennedy vs Richard M Nixon. pic.twitter.com/PPOLobgD7f
Expand pic
Expand pic
D I T Y A @aditnamasaya
12. JFK menghadapi lawan berat, karena Nixon dari partai Republik sebelum-nya adalah wakil presiden terpilih Dwight D Eisenhower. Nixon diuntungkan secara elektabilitas. Hanya dgn meningkatkan popularitasnya lah, JFK akan mampu menandingi Nixon. Dan ini tugas Frank Sinatra.
D I T Y A @aditnamasaya
13. Hasil jajak pendapat awal menyatakan bahwa hasil final hitungan akan berlangsung ketat. Popularitas JFK sebagai penantang, diluar dugaan mampu mengimbangi elektabilitas Nixon. Walaupun masih dibawah elektabilitas Nixon.
D I T Y A @aditnamasaya
14. Cendekiawan saat itu berpendapat, bahwa siapapun yg memenangkan suara di negara bagian Illinois akan memenangkan pemilihan presiden. Sam Giancana merasa tertatang utk menaklukan wilayah tersebut, karena Chicago yg merupakan bagian dari Illinois adalah wilayah kekuasaanya.
D I T Y A @aditnamasaya
15. Organisasi kriminal Chicago Outfit, sangat mengetahui seluk beluk kota tersebut, termasuk para politisi-nya. Chicago Outfit piawai memainkan suara pemilih, dan mrk telah melakukannya selama beberapa generasi. Dlm bahasa yg lebih simpel, mrk lah yg menentukan politisi2 lokal.
D I T Y A @aditnamasaya
16. Namun demikian, pemilu presiden bukanlah hajatan lokal. Disini kecerdikan dan kelicikan dari dua tim kandidat bertempur. Sedikit saja lengah, maka kesempatan akan hilang. Dan realitas yg ada saat itu utk wilayah Chicago, posisi Nixon unggul telak dari JFK
D I T Y A @aditnamasaya
17. Memastikan kalkulasi suara diawal adalah yang pertama terpikirkan oleh Sam Giancana. Ia harus memiliki trik yang mampu memenangkan kalkulasi, dengan tingkat kegagalan yg minim. Terhadap pemilihan suara di wilayah Chicago, Sam Giancana mempunyai trik jitu.
D I T Y A @aditnamasaya
18. Trik pertama adalah memberikan suara ilegal. Caranya adalah mengirim pemilih (yg sudah ia bayar) berpindah dari satu daerah pemilihan ke daerah pemilihan yg lain Untuk meloloskan trik ini, Sam juga menempatkan orangnya sebagai pengawas diseluruh daerah pemilihan.
D I T Y A @aditnamasaya
19. Trik kedua adalah ghost vote. Sam menggunakan identitas penduduk yg sudah meninggal, utk didaftarkan dan digunakan kembali utk memberi suara. Trik ketiga adalah dgn menempatkan anak buah-nya ditempat pengiriman hasil suara. Dengan kekuatan uangnya, tentub tdk sulit bagi Sam.
D I T Y A @aditnamasaya
20. Trik kotor yang digunakan Sam Giancana membuahkan hasil. JFK yg diprediksi tdk mampu mengungguli Nixon, mampu memenangkan suara. Dgn keunggulan yg sangat tipis 0.1%. Blm pernah sejak 1916, hasil kemenangan suara begitu tipis. Semua adalah berkat campur tangan Sam Giancana.
D I T Y A @aditnamasaya
21. Meski tim kampanye JFK terang-terangan menolak kabar keterkaitan Sam Giancana dlm kemenangan JFK, fakta mutakhir membuktikan bahwa Sam Giancana memang berperan dlm pemenangan JFK. Pemerintahan JFK minta nasihat Sam Giancana, untuk membantu US dlm menyelesaian "perang" Kuba.
D I T Y A @aditnamasaya
22. Malang bagi Sam Giancana. Seperti habis manis sepah dibuang. Setelah JFK memenangkan pemilihan presiden, JFK langsung mengangkat Robert Kennedy yang merupakan musuh abadi Sam Giancana, sbg Attorney General. ~ END ~

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.