0
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Banyak yang sering nanya soal mencari kerja di luar negri. Aku bahas sedikit deh mumpung ada waktu. Kalau mau disederhanakan, mencari kerja ya gak ada bedanya dengan transaksi jual beli :
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Apa yang kamu tawarkan dan harapkan sebagai pekerja, idealnya memenuhi harapan dan tawaran dari si pemberi kerja. Ketika semua itu matching, ya kamu diterima kerja, itu aja kan sebetulnya.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Nah cari kerja di luar negri, prinsipnya ya sama. Hanya kamu mesti ingat, daya jualmu gak seperti di negara sendiri.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Kenapa gak sama? ya karena ada hal2 lain yang mesti dipertimbangkan si pemberi kerja, contoh paling valid : working permit. Tiap negara punya aturan sendiri ya soal working permit. Aku batasin bahas soal Swedia aja.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Posisikan kamu jadi si pemberi kerja. Kenapa kamu harus cape2 jadi sponsor dan ngurusin working permit calon pegawai ? Kalau kamu bisa dengan gampang pekerjakan orang lokal. Kenapa harus orang yg domisilinya di seberang benua?
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Apa daya jual yang kamu punya sebagai calon pekerja? Background pengalaman kerja kamu baik? Kerja kamu rajin? Apa bedanya dibanding dengan ratusan orang lokal yang juga lagi cari kerjaan?
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Ini lho yang kamu harus nyadar dulu. Nilaimu semana ? Harsh ? but it’s the truth. What can you offer ? Why do they need to do extra work just to get you ?
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Kalau kamu udah sadar ini, nah buatlah usaha agar kesenjangan kamu dan orang lokal ini menyempit. Menangnya orang lokal di mana ? Oh bahasa. Ya belajarlah bahasa yg intensif, aku gak bicara soal bahasa Inggris ya,bahasa Inggris mutlak harus bisa-tapi bahasa lokal.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Kerja di Eropa, bahasa Inggrismu udah termasuk paket normal. Gak ada nilai lebihnya. ”Oh you speak English, who doesn’t ?”
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Nah tentunya soal bahasa ini case per case ya. Kamu kalau nyarinya kerja di restaurant, jaga toko, jadi nanny, jadi janitor, dll pastinya level bahasamu gak diharapkan secanggih kalau kerja di bidang media, bidang hukum, misalnya.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Atau mo ngotot gak pengen belajar bahasa ? Ya bisa juga tapi semenarik apa daya jualmu sampai faktor bahasa bisa dipinggirkan? Nih contoh: aku ada temen yg hanya bisa bahasa Inggris, tapi fieldnya dia super spesifik, tentang offshore plumbing.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
dan dia ambil lagi Phd yang lebih spesifik lagi tentang itu. Bahasa? Ya hanya bahasa Inggris. Lolos gak? Ya lolos, dia sekarang kerja di oil company di Norway. Keahliannya dia lebih dibutuhkan.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Semakin spesifik field ini bisa jadi pedang bermata dua. Di satu sisi, keahlianmu langka, valuable banget. Tapi di sisi lain, pangsa pemberi kerjamu bisa jadi juga langka. Ini juga faktor yang perlu kamu pertimbangkan.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Ada temen di bidang biology yg lagi research sehub dgn cancer. Dia gak cocok ma temen kerjanya, pengen pindah. Di satu Swedia ini pilihannya ya tempat kerja dia itu, dan 1 univ di Swiss. Saking spesifiknya dia punya research.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Pusing kan, dia padahal dah pindah dari Swiss ke Swedia karena dah ogah tinggal di sana. Ya hidup gak pernah bisa ideal, harus compromise ganti topik, atau ya usaha perbaiki kondisi kerjanya yg skr.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Ini makanya balik lagi, nilai jualmu semana. Temenku yg research itu ya gak bisa bahasa Swedia juga, tapi bahasa Perancisnya lancar jaya dong. Nah selain bahasa, apa lagi usaha yg bisa dilakuin...
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Mari berasumsi kita bisa bahasanya, faktor lain yang biasanya pemberi kerja pertimbangin itu ya etika dan budaya kerja. Mereka mana tau kita kerjanya kaya apa. Interview, test, focus group discussion, dll mana cukup buat bisa tau kamu cocok gak sama budaya kerja mereka?
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Cara perkecil kesenjangan kamu sama orang lokal soal budaya kerja ini gimana? Ada beberapa cara, salah satunya ya dengan sekolah di negara tersebut. Kamu udah menang point saat di CV kamu tertera bahwa kamu lulusan universitas lokal dengan reputasi yang baik.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Kamu mgkn gak familiar buat mereka walau kamu lulusan mana deh di Ind,tapi mereka jelas familiar dengan mutu universitas di negara mereka sendiri. Kualitas lulusan univ tertentu selalu terjamin? Subjektif pastinya,tapi ini salah satu yg kamu bisa perjuangkan utk menambah nilaimu
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Udah cape duluan baca sampe sini? Ya memang kerja di luar negri butuh diperjuangkan. Jangan cuma bisa bilang: mau kerja di luar negri tapi gak mau usaha. Dikira kerja di luar negri hanya enak2 sambil ngopi di kafe cantik.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Dengan sekolah di negara tsb ya sedikit banyak pemberi kerja bakal berasumsi kamu udah lebih familiar berinteraksi & bekerja sama dengan orang lokal. Kuliah di sini buaanyak banget tantangannya, you gotta working smart, not working hard.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Selain sekolah, apa lagi? Cara yang menurutku juga ampuh, ya kerjaan di Ind yang harus kamu pertimbangkan. Mo kerja di Eropa, ya cari kerja di perusahaan yang namanya juga dikenal di sini.Atau yang keahliannya bakal gampang dijual,misalnya super user utk international software.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Perusahaan begini juga yang bisa membuka kesempatan buat kamu, misalnya ya dapet employment abroad by internal recruitment. Ini juga salah satu jalan kan.
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Dan pasti banyak lagi jalan lainnya yang bisa kamu pikir untuk menambah nilaimu. Ingat, kita bicara soal kompetisi di sini. Jangan merasa pongah dengan status di negaramu sendiri. Di negara lain ? Sainganmu internasional. Pintar aja blum tentu cukup :)
Aubrey✨ @MoniqueAubrey
Bahasan ini betul2 aku coba generalisasi ya, yang penting kamu dapet idenya, karena gak mungkin juga aku buat spesifik. Pada akhirnya yang begini kan case per case. Pasti ada juga yang simply just being the right person at the right time. Could be, we never know.
Load Remaining (7)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.