8
Ines 🥕 @keinesasih
Bad job applications really annoy me, but at the same time I sympathize because I know school and university don't prepare kids for the real world. I know many people have already done this, but do you want some tips on applying for jobs from yours truly?
Ines 🥕 @keinesasih
Disclaimer: W bukan orang HRD, tapi w mayan sering ngerekrut atau bantu proses rekrutmen (tentunya bareng orang HR juga). Jadi, tips ini sebenernya common sense aja, tapi sayangnya tiap w buka lowongan ±70% gak lolos karena kurang menerapkan common sense.
Ines 🥕 @keinesasih
Kurang menerapkan common sense yang gimana tuh? Contoh: CV dan surat lamaran ga di-customize. Satu CV dan (apalagi) surat buat semua lowongan, diganti "kepada"-nya doang. Padahal fungsinya CV sama surat lamaran ya ngeliat kecocokan pelamar sama kebutuhan *spesifik* saat itu.
Ines 🥕 @keinesasih
Coba sekarang liat iklan lowongan *di mana aja*. Satu jabatan yang sama (misalnya "Junior Designer") pasti punya detail lowongan yang berbeda (skills, experience, dll) di tiap perusahaan. Itu karena tiap kantor punya kebutuhan yang berbeda.
Ines 🥕 @keinesasih
Terus CV dan surat lamaran harus di-custom kayak gimana? Ya di dalemnya harus ada informasi, kenapa kita adalah kandidat paling pas untuk memenuhi kebutuhan perusahaan tersebut. So I strongly recommend to customize both your CV and cover letter, not just one of them.
Ines 🥕 @keinesasih
Di surat lamaran, selain ngenalin diri, jelaskan why u minat ngelamar di situ dan why u cocok untuk posisi tsb. Di CV, taro aja satu paragraf di atas, isinya basically rangkuman seluruh CV, tapi dibikin relevan sama lowongan yang lagi dilamar.
Ines 🥕 @keinesasih
Contohnya, u ngelamar di 2 tempat. Satu cari PR consultant, satunya socmed marketing planner. Di CV/surat lamaran PR, bisa tulis punya network jurnalis, strong interpersonal skill, jago nulis rilis pers, etc. Yang socmed, strong analytical skill, kreatif, data-oriented, apalah~
Ines 🥕 @keinesasih
Kalo lowongannya gak mendetail gimana dunk? Googling soal perusahaannya, jadi di surat/CV bisa sepik why u cocok untuk perusahaan tsb. Pokoknya, lamaran template itu selain ga ngebantu menonjolkan kelebihan kita, juga berisiko ngasih kesan bahwa kita kurang usaha.
Ines 🥕 @keinesasih
Rangkuman poin 1: Setiap perusahaan mencari kandidat yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik. Jadi dokumen lamaran kita juga harus menunjukkan bahwa kita dapat memenuhi kebutuhan yang spesifik, bukan hanya yang umum.
Ines 🥕 @keinesasih
Selanjutnya, tolong di CV masukin informasi yang relevan aja. Tinggi/berat, agama, dsb ga perlu, kecuali kalo diminta perusahaannya (for whatever reason). Nama kudu keliatan, tapi personal info (alamat, email, dsb) kecil aja, jadiin 1 ama header. Sama sekali bukan prioritas.
Ines 🥕 @keinesasih
Intinya, yang pertama kebaca di CV harusnya experience dan skills. Experience mulai dari yang terbaru, bukan dari yang pertama. Skills cukup yang relevan sama lowongan aja. (Dan ga perlu kegiatan karang taruna atau menang lomba menulis puisi sekelurahan dimasukin juga.)
Ines 🥕 @keinesasih
Berkas (CV + surat) yang ga kepanjangan dan relevan nunjukin kemampuan mengelola informasi (mana yang kudu dimasukin, mana yang primer dan sekunder, mana yang gak usah dimasukin sama sekali). Keliatan BANGET lho mana berkas yang disusun dengan thoughtful dan yang nggak.
Ines 🥕 @keinesasih
Berkas lamaran yang meyakinkan itu yang helpful, bukan yang ✨fancy✨ atau penuh dengan ✨prestasy✨. Jadi mesti usaha biar antara "jual diri" dan kebutuhan lowongan bisa seimbang.
Ines 🥕 @keinesasih
Rangkuman poin 2: Hanya masukkan informasi yang relevan ke berkas lamaran dan tonjolkan hal-hal yang paling penting diketahui oleh perekrut. Inget yang ngelamar ngga cuma 1-2 orang, u don't want to be "accidentally" rejected karena CV kepenuhan dan jadi gak jelas.
Ines 🥕 @keinesasih
Pertanyaan titipan: bener ngga sih perekrut bakal stalking akun medsos kita? Jawabannya bervariasi untuk tiap orang/perusahaan. Tapi umumnya kandidat cuma akan di-google kalo perekrut udah tertarik sama berkas lamaran aja.
Ines 🥕 @keinesasih
Apanya sih sebenernya yang diliat kalo perekrut stalking akun medsos kandidat? Tenang, kita juga tau, semua orang tuh punya minat dan hobi. Ga usah malu ketauan fangirl/fanboy. Mereka cuma pengen tau si kandidat asshole apa ngga.
Ines 🥕 @keinesasih
Asshole gimana maksudnya? - Rasis - Seksis - Disrespectful - dll Atau menunjukkan inkompetensi, kayak suka RT hoax. 😳 Atau pernah berkonflik serius dengan perusahaan dan relasinya, misal ngelamar di PR tapi ketauan pernah berantem ama media besar. 😳
Telo goreng @imdbarracuda
@keinesasih Selamat sore..kak mau nanya dong. Kalau CV itu sebaiknya pake foto atau enggak ya? Terimakasih sebelumnya..
Ines 🥕 @keinesasih
Ini agak rumit. Soalnya gini: cakep/jelek ga ngaruh di penilaian, karena perekrut emang ga boleh bias ke situ. Tapi kalo foto kasi kesan jelek (baju/rambut ga rapi, FOTO DI MOBIL, dll), itu akan mempengaruhi penilaian. Jadi kalo w mending ga usah :') twitter.com/imdbarracuda/s…
a n g g i e @anqgier
@keinesasih Kak, gimana kalo kita pengen ngelamar di divisi yang beda dari pengalaman kerja kita sebelumnya? Jadi terlihat nggak relevan kan pengalaman dan sertifikasi2 yg kita tulis, apakah itu berpengaruh pada penilaian? Apakah kita jadi nggak punya kesempatan buat ngelamar di divisi tsb?
Ines 🥕 @keinesasih
Bisa banget kok (dengan catatan pasti entry atau maksimal mid level). Bilang aja kenapa pengen pindah ke bidang tersebut (di cover letter) dan skills hard & soft apa (di cover letter & CV) yang bisa mendukung buat posisi itu. twitter.com/anggieoxtv/sta…
Pangemanann @Khal_Dodo
@keinesasih Selamat malam Kak, bagaimana dengan body email? Ada saran do's and don'ts nya gak? Sebelumnya makasih ya Kak
Ines 🥕 @keinesasih
@Khal_Dodo Body email sama surat lamaran sebenernya sama sih :">
Emil @ecwx48
@keinesasih I feel you, sistah. rasanya kzl, ini orang2 bikin surat lamaran aja ga niat, gimana nanti pas kerja. basically, proses melamar kerja kan seperti proses pdkt utk pacaran, saat di mana kita selayaknya berusaha menampilkan sisi terbaik kita.
Load Remaining (2)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.