1
Eliya @eliya_mkom
jika apa yang dialami @PKSejahtera saat ini merupakan sebuah Krisis dalam organisasi, perlu diterapkan manajemen krisis yang baik agar masalah yang dihadapi dapat menemukan jalan terbaik, demi kepentingan yang lebih besar lagi, bukan hanya sekedar kepentingan orang perorang
Eliya @eliya_mkom
ada 3 elemen utama utk jelaskan dinamika krisis,etidakpastian, komunikasi krisis dan kepemimpinan. ketiga elemen tersebut menjadi pijakan untuk melihat krisis sebagai peluang bagi organisasi untuk mengurangi ketidakpastian melalui komunikasi krisis yang efektif dan kepemimpinan
Eliya @eliya_mkom
bagi kebanyakan partai ataupun organisasi lainnya, krisis sudah menjadi santapan keseharian, bedanya hanya ukuran dampaknya, krisis besar atai kecil, termasuk bagi @PKSejahtera sudah pernah mengalami krisis dan ternyata berhasil keluar dari krisis yang dihadapi.
Eliya @eliya_mkom
ini pidato @anismatta sebagai respon dari krisis yang terjadi saat LHI terkena kasus yang memiliki dampat bagi @PKSejahtera ada ketidakpastian, ada komunikasi krisis dan kepemimpin untuk keluar dari krisis. youtube.com/watch?v=DL_xGM…
Expand pic
Eliya @eliya_mkom
dalam pidato @anismata saat diangkat sebagai Presiden @PKSejahtera menyatakan ada 3 hal yang dapat dilakukan untuk keluar dari krisis. pertama memohon kepada ALLAH SWT yang kedua kebersamaan kitas semuanya ukhuwah persaudaraan soliditas yang harus dijaga, ketiga kerja keras
Eliya @eliya_mkom
simak orasi kobarkan semangat @anismatta setahun kemudian. dari sumur ke Istana ....... youtube.com/watch?v=2Q8BMz…
Expand pic
Eliya @eliya_mkom
Mau tanya tuips ada yang tau gak kalau berdusta di Pengadilan itu delik hukumnya apa ya ? Apakah perlu ada pihak yang melaporkan ? Cc @Yusrilihza_Mhd twitter.com/maspiyuuu/stat…
Eliya @eliya_mkom
@tifsembiring Loh emangnya pakai admin juga ya Pak ? Kirain dipegang sendiri akunnya 😁😁😁
Eliya @eliya_mkom
Krisis merupakan tantangan bagi organisasi utk memikirkan bagaimana jalan organisasi dijalankan lebih baik lagi. Masa depan partai dipengaruhi oleh bagaimana organisasi belajar dari krisis. Utk konflik internal partai banyak pelajaran dari partai lainnya.
Eliya @eliya_mkom
Walau kadang terlihat bahwa mekanisme yang ada diantara partai berbeda, budayanya berbeda, yang penting diperhatikan adalah bagaimana reaksi pimpinan tertinggi terhadap permasalahan yang ada. Apalagi yang menjadi krisis adalah pemimpin itu sendiri ataupun kursi kepemimpinannya.
Eliya @eliya_mkom
Belum lama ada kasus Golkar dan PPP, dimana terjadi perebutan kursi ketua Umum hingga ada dualisme kepemimpinan. Golkar selesai dengan melakukan rekonsialisasi total yang menggabungkan kedua versi kepengurusan yang ada dan menunjuk ketua Umum baru diluar kedua kubu.
Eliya @eliya_mkom
PPP proses melalui pengadilan, yg memenang legalitas yg diakui oleh keputusan pengadilan yang akhirnya memenangkan kursi ketua umum. Walaupun sebenarnya bisa saja masih ada kesempatan utk tindakan hukum selanjutnya, nampaknya pihak Djan Farid memilih tak melanjutkannya saat ini.
Eliya @eliya_mkom
Beda dengan kasus yang menimpa Golkar dan PPP, yang tampak dan mengemuka ke publik adalah terjadinya 2 kubu kepengurusan, masalah yang mengawalinya tertutup rapat diruang ruang tertentu dan tidak banyak yang tahu. PKS nampaknya persoalan yang mencuat adalah persoalan personal.
Eliya @eliya_mkom
Yang terlihat hanya persoalan @msi_sohibuliman vs @Fahrihamzah dan seakan hanya itu masalahnya. Tak ada dualisme kepengurusan, tak terlihat kubu kubuan, yang mengemuka hanyalah masalah MSI yang menyampaikan pemecatan Fahri dan Fahri yang melaporkan MSI karena fakta yg tak benar.
Eliya @eliya_mkom
Ada godaan utk membentuk PKS perjuangan atau pindah Partai, tapi dengan tegas @Fahrihamzah menepis semua kemungkinan, Fahri tak ingin menghancurkan PKS. Menuntut Keadilan tanpa merusak Partai. Ini adalah cerminan pemimpin yang perlu dijadikan rule model bagi Partai lain.
Eliya @eliya_mkom
Jika ada tikus, jangan lumbung yang dibakar, tikus tak mati padi dalam lumbungpun terbakar. Dengan sabar harus hati hati menyisir setiap permasalahan dan menemukan inti permasalahan dan menyelesaikannya. Tangkap tikusnya, selamatkan padi dalam lumbung. Butuh kesabaran extra.
Eliya @eliya_mkom
Perlu waktu dan kesabaran, dan yang sering dilupakan adalah menutup lubang masuk sang tikus. Artinya menutup kemungkinan terjadi hal yang sama dimasa yang akan datang. Evaluasi mengapa krisis tersebut terjadi dan buat aturan, mekanisme baku utk menyelesaikan dan memperbaikinya.
Eliya @eliya_mkom
Krisis serupa bisa terjadi lagi dimasa yang akan datang, seperti feysen, model jaman old biasanya akan berulang, semacam ada siklus tertentu, membuat mekanisme utk penyelesaian krisis yang baku akan mempermudah bagi penyelesaian krisis dimasa yang akan datang.
Eliya @eliya_mkom
Bandingkan penyelesaian yang dilakukan pada konflik Golkar dan PPP. Golkar terlihat lebih baik penyelesaiannya atas adanya dualisme kepengurusan. Rekonsialiasi total melalui Munaslub yang diselenggarakan oleh kedua kubu. Tentu ada budaya organisasi yang melatari solusi itu.
Eliya @eliya_mkom
Terlepas baik buruk dari sudut pandang lain, tetapi bagi mekanisme partai yang dibangun memberikan pelajaran jika dimasa yang akan datang terjadi krisis yang sama atau mirip. Pada PPP utk penyelesaiannya berbeda, disandarkan pada pengadilan dan legalistas. Bara dalam sekam.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.