0
Lorraine Riva @yoyen
Boleh cerita budaya Belanda (baca: barat) dari sudut pandang orang Indonesia (baca: timur) yang tinggal di Belanda sejak 1995?
Lorraine Riva @yoyen
Sebetulnya apa norma dan nilai budaya barat itu ya? Kadang gw bingung sendiri padahal tinggal di sini udah lama ๐Ÿ˜€
Lorraine Riva @yoyen
Mohon koreksi ya twit ini. Kalau gw lihat pendapat/dengar orang Indonesia online/offline sepertinya budaya barat itu permisif, individualis dan apa aja boleh.
Lorraine Riva @yoyen
Bahas budaya barat pertama orang mungkin pikir ke hidup bersama tanpa nikah dan pernikahan sejenis. Walau sudah ada hukumnya di sini (hidup bersama posisi yuridis sama kuatnya dengan yang menikah) dan umum tapi masih ada yang menentang kok.
Lorraine Riva @yoyen
Orang barat individualis? Mungkin yang tinggal di kota dan daerah urban. Di sini di desa, orang hajatan masih dibantu tetangga. Ungkapan sini: beter een goede buur dan een verre vriend. Lebih baik tetangga yang baik daripada teman yang jauh.
Lorraine Riva @yoyen
Malam tahun baru kan tradisi petasan/kembang api, setelah itu kotor jalan. Gw dan tetangga ya langsung bareng sapu dan bersihin sampahnya. Mirip gotong - royong kan?
Lorraine Riva @yoyen
Kalau salju turun juga bersihin jalan dari salju supaya ngga licin.
Lorraine Riva @yoyen
Tergantung tinggal di mana sih menurut gw atau untung ngganya tinggal di daerah yang hubungan antar tetangga itu bagus. Waktu anak masih kecil, kadang bisa titip anak sebentar kalau kita ada keperluan musti pergi mendadak.
Lorraine Riva @yoyen
Tentang seks bebas? Ini definisi gw untuk yang gonta-ganti partner seks ya bukan yang tinggal bersama dengan orang yang sama. Yang promiscue itu tetep diomongin orang. Sama kan seperti di Indonesia? ๐Ÿ˜‰
Lorraine Riva @yoyen
Tentang orang asing mau tahu? Waktu gw hamil tua, usia kandungan 8 bulan gitu. Sering banget di tempat umum, di taman atau antri di kasir; ibu-ibu tanya โ€˜En?โ€™. Artinya dan tapi maksudnya kapan melahirkan? Kadang ada yang pegang perut gw, sebel ๐Ÿ˜€
Lorraine Riva @yoyen
Yang anti vaksinasi juga banyak di sini; baik dengan argumen agama mau pun sains. Di Belanda malah sepertinya tabu untuk ibu melahirkan dengan operasi Caesar. Loe musti mengejan mengeluarkan bayi karena itu kodrat perempuan. Musti memohon sampe melintir baru boleh Caesar atau epi
Lorraine Riva @yoyen
Banyak orang sini yang senang kumpul dengan keluarga. Mangan ra mangan ngumpul toh yo? Ada juga yang tahunan ngga kontak sama keluarga. Di Indonesia ada juga kan?
Lorraine Riva @yoyen
Gw kalau mau bikin acara undang orang di rumah, biasanya kasih tahu tetangga. Mereka juga. Jadi maklum lah kalau rada ribut sampai malam.
Lorraine Riva @yoyen
Tentang cipika-cipiki. Di Belanda normal menyapa kawan dengan cium pipi 3 kali. Kadang ada yang baru kenal cium pipi 3 kali. Yang ngga mau cium pipi ya boleh juga. Biasanya ketahuan sih non verbal, lengannya untuk salaman itu kaku sekali.
Lorraine Riva @yoyen
Perempuan berpakaian minim? Engg, kalau sampai topless di pantai biasa orang sini juga risih sih. Itโ€™s not chique anymore. Di pantai nudist ya ngga apa. Mau intim secara fisik di tempat umum? Ngga biasa juga. Paling cium sebentar, bukannya ciuman seru yang hap hap seperti PacMan.
Lorraine Riva @yoyen
Orang barat kebanyakan atheis? Orang Belanda banyak yang atheis dan agnostik. Walau begitu secara umum mereka masih mempraktekkan nilai universal seperti membantu sesama dan membantu orang yang kesusahan twitter.com/yoyen/status/7โ€ฆ
Lorraine Riva @yoyen
Tentang etik? Tahun 2006 ada peraturan namanya Balkenende norm, norma Balkenende. Balkenende ini PM Belanda waktu itu. Peraturannya: semua pejabat instansi non profit gajinya hanya boleh maksimal 130% dari gaji mentri.
Lorraine Riva @yoyen
Instansi non profit seperti NGO dan yayasan itu kan dananya sebagian dari dana pajak rakyat makanya dibuat peraturan begitu.
Lorraine Riva @yoyen
Semoga tercerahkan sedikit ya. Gw aja sekarang makin bingung juga akhirnya lihat/baca pernyataan budaya barat vs timur ๐Ÿ˜€
Lorraine Riva @yoyen
Di negara mana pun ada kota besar, daerah urban dan pedesaan. Itu beda dinamiknya, ngga bisa dipukul rata sama semua. Walau begitu gw ngga mengingkari bahwa ada beberapa karakter tertentu yang jadi stereotypikal juga.
Lorraine Riva @yoyen
Stereotype orang Belanda: pelit, perhitungan, direct bahkan kasar. Ini betul. Yang terakhir kalau ngga kuat, nangis deh ๐Ÿ˜€Mungkin ini tip yang berguna untuk yang niat sekolah/kerja/tinggal di sini. Sukses ya!
Agustina Rosaline @arosaline
@yoyen Cuman om ku orang Belanda yang aku tau sama sekali gak pelit dan perhitungan. Deviasi bgt dia mah ๐Ÿ˜‚
Lorraine Riva @yoyen
@arosaline Makin banyak yang rada malu sih dengan ini kalau aku lihat perkembangannya, jadi mereka lebih generous gitu. Yang pasti banyak yang masih perhitungan, enak juga ini daripada nanti ngedumel di belakang.๐Ÿ˜€
Ge @Gewibisonoo
@yoyen kakak perempuan aku belum ada 3bulan pindah kerja ke ams. pas vc tempo hari udah bisa bilang orang sana "medhit e ra njamak" ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Lorraine Riva @yoyen
@Gewibisonoo ๐Ÿ˜€ Lebih lama tinggal di sini mungkin dia akan maklum.
Load Remaining (9)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.