1
Eunbi @eunbiekwon
📌 Bonus : Tips Agar Lamaran via Jobstreet Dilirik HRD
Eunbi @eunbiekwon
Waktu aku kecil, inget banget kalau mau cari lowongan kerja biasanya harus rajin beli koran gitu setiap hari. Sekarang alhamdulillah lebih gampang ya nyari lowongan tinggal rajin-rajin buka medsos aja atau searching di internet, dah beres pasti ketemu tuh lowongannya.
Eunbi @eunbiekwon
Di antara sekian banyak situs penyedia lowongan kerja, aku pribadi lebih suka jobstreet sih. Kenapa? Soalnya lowongan yang ada lebih banyak dibanding kalau aku nyari lewat situs lain. Terus waktu udah jadi orang HR pun aku baru sadar, nyari kandidat pun paling enak ya di sana.
Eunbi @eunbiekwon
Kenapa paling enak? Salah satu alasannya karena peminat dari situs itu lebih banyak dibanding situs lain. Aku pernah baca di kaskus, katanya ngelamar kerja di jobstreet itu kemungkinan besar diterima suatu perusahaan sekitar 1 : 1000.
Eunbi @eunbiekwon
Karena dari 50 lamaran aja yang diklik profilenya sama perusahaan paling banyak sampai setengahnya. Udah diklik pun belum tentu kita akan dipanggil interview oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Belum lagi lolos di interviewnya. Ya emang sepanjang ini prosesnya.
Eunbi @eunbiekwon
Sekarang aku mau sharing sedikit sesuai pengalaman aku sebagai job seeker dan sekarang sebagai recruiter apa aja ya yang harus kita lakukan supaya profile jobstreet kita bisa terlihat menarik? Ini dia semoga bermanfaat!
Eunbi @eunbiekwon
1. Mulai dari proses pendaftaran ya tetep sih tips yang pertama adalah isi semua informasi yang dibutuhkan, foto profile dari pas foto kamu juga jangan lupa. Soalnya aku sendiri kadang suka males manggil kandidat yang ga ada fotonya apalagi kalau infonya dia banyak yg bolong heu
Eunbi @eunbiekwon
2. Di bagian expected salary tulis nominal yang “tau diri”. Maksudnya harus disesuaikan sama pengalaman dan kemampuan diri kita. Di kolom “pelamar lain” (kalau ga salah ada di pojok bawah) biasanya kita bisa ngeliat juga saingan kita rata-ratanya gimana.
Eunbi @eunbiekwon
Biasanya disitu kita bisa liat rata-rata pendidikan terakhir pesaing kita yang lebih tinggi ada berapa, yang lebih rendah ada berapa terus yang setara juga berapa. Begitu juga expected salary nya. Nah darisitu biasanya bisa jadi tolak ukur sih. Oh iya selain itu bisa lewat UMR jg
Eunbi @eunbiekwon
3. Di jobstreet juga ada tes bahasa inggrisnya kan nah wajib dicoba tuh! Lumayan kan bisa jadi nilai plus juga buat kita sebagai kandidat.😊
Eunbi @eunbiekwon
Setelah informasi mengenai kamu di jobstreet sudah dilengkapi, tinggal apply deh ke perusahaan yang kamu inginkan. Saran aku sih apply sebanyak-banyaknya aja karena semakin banyak kamu apply semakin besar kesempatan kamu buat diundang tes atau interview oleh perusahaan tsb.
Eunbi @eunbiekwon
Oh iya setiap mau apply kan biasanya ada ini nah diisi aja. Siapa tau dengan begitu lamaran kamu di jobstreet akan terlihat lebih menarik, ya kan? pic.twitter.com/OnRAI2f8uU
Expand pic
Eunbi @eunbiekwon
Satu lagi hati-hati ya walaupun kita bisa apply sebanyak-banyaknya di jobstreet, tapi bukan berarti kita bisa asal-asalan. Karena kalau ga salah setiap kita ga datang interview dua kali abis itu kita gabakal bisa apply dijobstreet buat sebulan atau dua bulan ke depan (cmiiw).
Eunbi @eunbiekwon
Sekian dari saya dan bila ada yang mau ditanyakan atau kurang jelas bisa tanya-tanya di bawah ini ya! twitter.com/pufakuko/statu…

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.