"Disini, disini belum" Tiba2 Terdengar Suara Ibu2 Dari Ruang Isolasi Saat Akan Berikan Asi Dalam Botol ke Bayi-bayi Jam 2 Pagi by: @GiaPratamaMD

Banyak kejadian aneh saat jaga di ruang perina yang bikin merinding
bayi stase anak @GiaPratamaMD awesomes perina Suara ruang isolasi dr Gia Pratama
5
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Sore itu saya jalan menuju RuKo (rumah koas) bangunan tempat base camp seluruh koas garut, tempat pembagian stase, tempat ujian, dan tempat sekretaris pengurus administrasi perkoasan berkantor.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Inti dari bangunan ini adalah ruangan besar berisi meja2 yg disusun membentuk huruf O. Di dalam bangunan ini jg ada dua kamar lengkap dgn tempat tidur dan kamar mandinya. Utk koas laki2 dan perempuan.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Tanpa mengetuk saya langsung masuk RuKo lewat pintu utamanya. Tapi ketika saya masuk, saya terpaku, I froze, persis kyk T'chala waktu pertama kali ngeliat Nakia. Scarlett duduk disana.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Dia sm tmn2nya, dan dia lagi nangis. Temen2nya lg nenangin dia. Bayangin teman2! Lama ga ktmu, kangen yg selama ini diumpet2in, trus pas ketemu, dia lagi nangis, apa engga seluruh sel2 tubuh ini rasanya pengen meluk dia?
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Untung tiba2 Otak nyetrum bikin tubuh diem di tempat, sambil nyentil hati, pacar orang woii pacar org! 👹👹
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
"Hai scarlett" saya menyapa, mata berkaca2nya meliat saya, "aaaa, ka giaaa". Mata itu kyk menunjukkan klo dia jg mau meluk saya ((ngarep)).. "Kamu kenapa?" 😯😯 "pasiennya baru aja meninggal ka" jwb tmnnya. "Meninggal? Pasien yg mana?" 😯😯
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
scarlett jawab sambil masih sesegukan "pasien post partum (pasca melahirkan) kak". "Innalillahi knp meninggalnya?" "Atonia uteri ka"
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Saya terdiam, saya tau itu kondisi berat. Pembuluh2 darah rahim itu saling memilin bersilangan dengan otot2 rahim, posisinya seperti kedua jari2 di tangan kanan kita disatukan dengan jari2 di tangan kiri kita.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Pasca melahirkan, otot rahim harusnya berkontraksi, mengecil, mengeras sedemikian rupa smp pembuluh2 drh rahim terjepit sehingga tdk tjd pndarahan. Oleh krn itu setiap slesai mmbantu prsalinan,kita pegang perut ibu,bila rahim keras kita bahagia, bila lembek, Atonia Uteri terjadi.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
"Pendarahannya luar biasa kak, sangat amat deras, aku udh bimanual(google sendiri) pake tgn kanan, tgn kiriku menekan rahimnya dari perut. darah tetep mengucur deras dari siku aku" kata scarlett. "Tensinya turun terus,denyut jantungnya melemah trus meninggal" dia sesegukan lagi.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Temennya scarlett bilang, "iya ka usia ibunya udh 40 tahun, ini udh hamil ke 5, trus proses persalinannya memanjang, awalnya sama paraji, dibawa kesini karna tdk lahir2". Saya mikir, semua faktor resikonya lengkap, otot rahim diatas 35 tahun, multipara, dan kelelahan otot rahim.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
"Iya let, yg sabar yah, kamu udh berusaha maksimal, Allah menetapkan lain", saya coba ikut menenangkan, "udah let, jgn nangis, berat buat kk liat kamu nangis". Krik krik krik. Tiba2 Hening. ((Gi lu kok goblok sih, itu kata2 apaan?))
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
"oke kk pamit dulu ya semua, dadah" trus saya keluar lagi dari RuKo ninggalin mereka bertiga. padahal saya baru aja masuk. Otak konslet beneran.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Saya kembali ke bangsal anak dengan perasaan campur aduk, antara seneng dia kembali, dan perasaan 'ngapain dia mesti balik sih??'. Saya mikir, yaudahlah ga satu stase ini. tiba2 ada pesan masuk di hp "dimana lo gi? Gw tungguin di kamar ruko lo ga nongol2".
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Astagfirullah tujuan saya ke RuKo kan mau ngasihin contoh refrat saya ke tmn saya. "Sorry bro,ada kenangan pedih di ruko, lo ke bangsal anak aja ya" Temen saya bales "haha paham gw. ok, jgn lupa lu jaga perina ya ntar malem" iya, saya bnr2 lupa.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Saya jaga perina yg penuh aura mistis itu bersama seorang koas cewe. Adek kelas. Seangkatan sm scarlett. Sepanjang jaga dia ceritaa terus ga berhenti, tentang kk kelas yg dia taksir, tentang kucingnya, tentang keluarganya, semua deh. Saya asik mendengarkan saja.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Saya cuma kedapetan 1 kalimat "kita jam 12 gantian ya, kamu tdr duluan, kk mo ngerjain refrat" dan bener jam 12 dia sudah tidur pulas di sofa panjang sebelah saya. Mungkin karena kecapean ngomong. Saya duduk di sofa sebelahnya dgn laptop di atas meja di dpn saya.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Perina itu setiap lbh dari jam 12 malam selalu berubah suhunya jadi jauh lebih dingin. Entah kenapa. Padahal ga ada ac sm sekali. Semua yg pernah jaga di perina sana pasti merasakan juga. Bukan cuma suhu. Tapi jg suasana senyap yg terlalu senyap.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Saya fokus ke laptop saya, adek kelas saya itu tidur memanjang di sebelah saya dengan kepala di sisi jauh sofa dan kaki di sebelah saya duduk. Jd bila saya nengok ke kanan sedikit dari layar laptop, saya bisa ngeliat wajahnya dengan jelas. Saya liat jam tgn. '01.00’
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Cerita ruang perina itu aneh2, tapi saya ga percaya. ada perawat pernah liat pocong tidur di lantai di antara bayi2. Trus dia lgs kesurupan. Saya pikir mungkin dia epilepsi. Ada anak akbid liat sundel bolong di jendela luar perina trus dia pingsan. Saya pikir paling halusinasi.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Jam 2 pagi tiba2 kedua tgn saya untuk ngetik laptop terasa dingin. Saya sampe tarik tgn saya utk digosok2 ke badan. "Ini kenapa sih tangan". Saya minum teh anget yg saya seduh trus coba untuk ngetik lagi.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Lagi saya ngetik laptop tiba2 adek kelas saya mengerang2 lembut. Saya senyum2 aja, saya ga tau di perempuan, saya cuma berharap dia ga kyk laki2 lagi mimpi basah aja. Saya lanjut lagi ngetik.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Makin lama erangannya makin memberat, saya berhenti ngetik, saya liatin mukanya baik2, kerut di dahinya ketara sekali, bulir2 keringet muncul di wajahnya, she looks like in pain. Ini lagi mimpi buruk apa dia?
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Sekarang tangannya meremes2 sofa,dia tmpak kesulitan bernafas. Saya mulai duduk tegak. Tiba2 tangan kanannya naik mengarah ke wajah saya, trus dia berusaha sekuat tenaga menoleh ke saya, matanya terbuka pelan2, lalu suara berat bergetar kluar dari mulutnya "Ka..Gi..A..To..Long."
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Saya loncat berdiri untuk bangunin dia. "Istigfar de. Istigfar" kedua tangan saya di bahu dia, badannya dingin. What should I do? Saya keinget film jacky chan. Saya lgs tekan titik diantara kedua alisnya dengan jempol sekuat tenaga.
Load Remaining (18)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.