Add to Favorite
0
Login and hide ads.
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 21:45:48 WIB
Ada teman sempat bertanya gara-gara twit saya beberapa waktu yg lalu bahwa setidaksempurna apapun sistem asuransi BPJS masih lebih mending drpd asuransi di Amerika. Sbg yg duitnya mepet kayak saya, jawabannya sih iya banget. Saya ceritain sedikit ya knp begitu.. (bersambung)
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 21:50:48 WIB
Sistem asuransi BPJS itu program pemerintah, jd ya kalaupun cari untung, sifatnya bukan mencari keuntungan sebesar-besarnya. Sdgkan sistem asuransi di Amerika adlh program milik perusahaan swasta. Secara sifatnya, pasti lah cari untung sebesar-besarnya. Dr sini saja sdh beda.
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 21:52:58 WIB
Apakah semua org yg tinggal di AS wajib punya asuransi kesehatan? Jawabannya: tergantung. Utk warga negara AS, tdk wajib. Utk non warga negara AS yg tinggal di AS, wajib ikut asuransi kesehatan sebagai syarat keimigrasian utk tinggal di AS.
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 21:56:25 WIB
Apakah penyedia asuransinya ditentukan? Jawabannya: tergantung. Sebagian besarnya tidak ditentukan. Jd bebas saja mau ambil asuransi dari perusahaan X atau Y. Tp ada yg ditentukan. Seperti saya, hrs ikut yg dr asuransi yg kerja sama dgn kampus suami. Krn sepaket gitu.
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 21:59:02 WIB
Seberapa besar sih biaya asuransi yg dibayar? Jgn dibandingkan sama BPJS ya, berat. Biar aku aja... #pret Besarannya macam-macam, tergantung juga. Klo saya, diwajibkan bayar $3000 pertahun. Itu kalau buat bayar kontrakan apartemen, bisa buat bayar 6 bln gitu deh. 😌
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 22:01:15 WIB
Apakah kemudian kalau saya sakit, jadi tidak bayar alias gratisan kayak program BPJS? Enggak! Setiap saya ke RS, ada beban bayar 20% tagihan, kecuali utk layanan kesehatan yg digratiskan pemerintah. Jd udah bayar $3000 setahun, msh hrs bayar 20% klo berobat? Yoih. Puyeng kan?
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 22:04:46 WIB
Seberapa mahal sih layanan kesehatan di AS? Buat gambaran ya, saya pernah keracunan makanan. Di RS diperiksa dokter 5 mnt, dikasih obat satu biji, tidur 2 jam, lalu disuruh pulang. Tagihannya $500 😰 Tp saya cuma bayar 20% alias $100, cumaaaa...😭😭😭
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 22:08:06 WIB
Lain waktu, saya pernah jatuh kepleset waktu musim dingin thn lalu. Kali ini saya ke RS kampus yg tentu lebih murah. Tangan saya diperiksa dokter, lalu x-ray, lalu dikasih hand cast. Tagihannya $250, lagi-lagi saya hrs bayar 20% alias $50. Mahal yak?
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 22:09:40 WIB
Knp layanan kesehatan di AS mahal banget? Video ini cukup menjelaskan, dan cukup menyebalkan 😓 Adam Ruins Everything - The Real Reason Hospitals Are So Expensive | truTV youtu.be/CeDOQpfaUc8 via @YouTube
 Expand pic
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 22:12:32 WIB
Saya msh beruntung krn aturan asuransi kesehatan di Minnesota ‘deductible 0’ artinya dgn asuransi saya berapapun tagihannya, saya ditanggung 80%. Gmn klo deductible tdk 0, misal $1000? Maka klo tagihan msh di bwh $1000, saya tdk ditanggung, alias bayar full.
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 22:13:55 WIB
Kan edyan ya? Udah byr asuransi, masih blm tentu ditanggung. Ya gitu, namanya jg perusahaan swasta, mana mau lah rugi 😨😨😨 Gmn kalau gak ikut program asuransi? Bayar full semua tagihan dunk? Teorinya sih gitu, tapi...
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 22:16:02 WIB
Tapi setiap pekerja wajib diikutkan program asuransi oleh pemberi kerja. Ada yg cuma pekerjanya aja yg ditanggung, ada yg keluarganya juga. Klo pengangguran? Klo pekerja tdk tetap? Nah itu yg kasihan. Pokoknya org miskin jgn sakit deh. Puyeng bayar tagihannya.
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 22:17:41 WIB
Apakah ada program dr pemerintah utk org miskin? Ya ada, tapi terbatas. Apalagi zaman presiden Trump. Beuh! Banyak dipotong sana-sini. Kasihan bgt org miskin di sini, terutama yg tuna wisma, dan itu jumlahnya bnyk bgt. 😥
Terry Perdanawati @tey_saja 17/02/2018 22:19:31 WIB
Jadi gitu ya, nggak semua-semua yg di luar negeri itu selalu lebih baik dari di negeri sendiri. Gak semua kok. Pasti ada kurang dan ada lebihnya. Jangan terlalu lama berkubang dlm ‘inferiority complex’ ya. Nggak semua-semua yg londo punya selalu lebih baik 😅
Terry Perdanawati @tey_saja 18/02/2018 12:30:35 WIB
Teman saya ada yg kirim pesan, dia kasih saran saya buka kesempatan orang tanya ttg Amerika Serikat atau ttg pengalaman di AS, krn mungkin akan bermanfaat infonya. Boleh juga kali ya. Klo ada yg mau tanya silakan. Saya akan coba jawab sejauh pengetahuan/pengalaman saya 😊
gN @outNspoken 19/02/2018 07:57:01 WIB
@tey_saja Sebetulnya agak kurang sepadan ya perbandingannya, karena yang satu disediakan pemerintah sementara yang satu dipaksa punya oleh pemerintah. Tapi menurut gue kesadaran masyarakat sih yg utama. Hari gini ga punya asuransi wasalam sih bayar RS.
Terry Perdanawati @tey_saja 19/02/2018 08:04:31 WIB
@outNspoken Di AS, pemerintah tidak menyediakan asuransi—tidak ada program seperti BPJS. Semua lewat perusahaan swasta. Jd klo mau perbandingan sepadan, tidak ada yg bs dibandingkan. Yg ada adlh pemerintah memberi subsidi utk org miskin/veteran, tp ttp lwt perusahaan swasta.
gN @outNspoken 19/02/2018 08:06:37 WIB
@tey_saja Yang bikin heran… pendukungnya Trump gak pada KZL ya manfaat asuransi mereka banyak dipotong sana sini??
Terry Perdanawati @tey_saja 19/02/2018 08:15:23 WIB
@outNspoken Nah itu juga yg mengherankan. Tapi mungkin ya, zaman skrg kan kalau sudah mendukung seringnya tutup mata dgn fakta, bahkan fakta yg merugikan dirinya sendiri. 😅
Annisa Zakiroh @annisazakiroh 18/02/2018 21:53:03 WIB
@tey_saja Mbak, saya penasaran. Izin tanya, ya. Sbg org yg tinggal di US dan sudah merasakan pelayanan kesehatan disana, mnrt mbak apa sih kelebihan US dibanding Indo utk lingkup kebijakan kesehatan? Makasih mbak :)
Terry Perdanawati @tey_saja 19/02/2018 00:04:02 WIB
@annisazakiroh Yg saya rasakan, kelebihannya adlh RS di sini gak boleh nolak pasien. Waktu saya keracunan makanan (berdua sama suami keracunan semua) kami ke RS tanpa bawa dompet sama sekali. Cuma kasih nama dan alamat saja. Langsung ditangani.
Terry Perdanawati @tey_saja 19/02/2018 00:07:06 WIB
@annisazakiroh Krn di sini data terintegrasi secara nasional, jd ngasih nama dan alamat, plus nomor hp sudah cukup. Bahkan tanpa ksh tunjuk identitas. Jd kapan pun, dlm keadaan apapun, bisa lgsng ke RS jk perlu. Tagihan dtg baru sebulan kemudian. Nah baru deh kaget tagihannya kok banyak 😝
Arif Saadilah @arifsaad28 19/02/2018 20:41:23 WIB
@tey_saja @annisazakiroh Bukannya tujuan akhir e-ktp gitu ya? Tapi belum sampe ajaa
Load Remaining (47)

All Categories

Category related to General knowledge

Login and hide ads.