. @jokowi Gagal Wujudkan Kedaulatan Pangan, Petani Indonesia Jauh Dari Sejahtera.

Indonesia masih di bawah tekanan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), yang mendesakkan liberalisasi perdagangan, termasuk di sektor pangan.
Jokowi kedaulatan pangan publicpolicy beras Indonesia nawacita impor petani
681 View 0 comments
1
Partai Gerindra @Gerindra
1. Kita mengetahui bahwa beberapa kalangan berdebat tentang ketersediaan beras di Bulog, juga kenaikan harga beras di berbagai daerah yang menjadi alasan melegalkan impor beras.
Partai Gerindra @Gerindra
2. Namun yang harus kita sadari saat ini adalah, Indonesia masih di bawah tekanan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), yang mendesak liberalisasi perdagangan, termasuk di sektor pangan.
Partai Gerindra @Gerindra
3. Menurut Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), sebanyak 80 persen beras petani di serap para kartel, dan hanya 20 persen oleh Bulog. pic.twitter.com/tLLlqbBylP
 Expand pic
Partai Gerindra @Gerindra
4. Penyebabnya adalah harga beli kartel jauh lebih tinggi dari Bulog yang dibatasi oleh harga pembelian pemerintah (HPP) Rp 3.700/kg untuk Gabah Kering Panen (GKP). Jadi wajar jika cadangan beras di Bulog selalu tipis.
Partai Gerindra @Gerindra
5. Kartel-kartel ini melakukan permainan harga, dengan menahan beras yang diserap dari petani. Inilah penyebab kelangkaan beras dan kenaikan harga baru-baru ini. pic.twitter.com/hGcz0HqKQN
 Expand pic
Partai Gerindra @Gerindra
6. Lalu yang menjadi pertanyaan apa peran Satgas Pangan yang terdiri dari unsur Polri, Bulog, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam menstabilkan harga pangan?
Partai Gerindra @Gerindra
7. Mewujudkan kedaulatan pangan adalah bagian dari apa yang di sampaikan oleh bung karno, bahwa soal pangan adalah soal hidup-matinya bangsa, bahwa bahwa kemerdekaan itu hanya jembatan emas untuk mencapai Indonesia yang adil makmur sentosa.
Partai Gerindra @Gerindra
8. Kita semakin jauh dari jembatan emas kemerdekaan, terbukti dengan semakin jauhnya bangsa ini dari keadilan sosial.
Partai Gerindra @Gerindra
9. Dan semakin jauhnya bangsa ini dari kedaulatan pangan, terbukti dengan kebijakan impor beras mencapai 500 ribu ton yang mulai tiba pada akhir Januari dan Februari 2018 di saat petani kita sedang panen raya padi. pic.twitter.com/x12VyMVXY9
 Expand pic
Partai Gerindra @Gerindra
10. Petani kita di berbagai daerah sedang panen padi, berharap: mendapat harga jual yang bisa menutupi biaya produksi, sehingga bisa membiayai kebutuhan rumah tangga, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain.
Partai Gerindra @Gerindra
11. Tetapi semua itu terganjal akibat impor beras. layaknya hukum pasar: bila barang sejenis melimpah, maka konsekwensinya harga turun.
Partai Gerindra @Gerindra
12. BPS menyiarkan Nilai Tukar Petani [NTP] turun di Januari 2018: 102,92 atau 0,14 persen dari NTP Desember 2017. Penyebab NTP turun adalah kenaikan harga kebutuhan dasar petani yang berimbas pada indeks harga yang diterima petani cuma 0,92 persen.
Partai Gerindra @Gerindra
13. Sementara kenaikan harga mencapai 1,05 persen. Artinya, petani mengalami defisit, karena harga produksinya turun, sementara harga barang yang dibutuhkan petani atau yang dibayarkan petani mengalami kenaikan cukup tinggi.
Partai Gerindra @Gerindra
14. Tidak heran bila semakin banyak saudara kita yang berasal dari keluarga petani, lebih memilih menjadi Tenaga Kerja di luar negeri (TKI). Sebab, penghidupan sebagai petani belum membaik. Ekonomi pertanian tidak membuat kebutuhan hidup mereka terpenuhi. @jokowi
Partai Gerindra @Gerindra
15. Februari 2016-Februari 2017, ada beberapa sektor yg mengalami peningkatan persentase penduduk yang bekerja, yaitu sektor Jasa Kemasyarakatan (0,42 persen), Transportasi, Pergudangan dan Komunikasi (0,27 persen), pertanian (0,12 persen), dan Industri (0,07 persen).
Partai Gerindra @Gerindra
16. Tapi anehnya, di tengah peningkatan sektor pertanian yang mencapai 0,12 persen, kita masih mendengar kebijakan yang justru membunuh petani, seperti impor beras. Mimpi @jokowi -JK mewujudkan Trisakti akan percuma jika gagal mewujudkan Kedaulatan Pangan.
Partai Gerindra @Gerindra
17. Kenaikan harga beras, yang kemudian berusaha diatasi dengan kebijakan impor beras, menandakan kita masih sangat jauh dari cita-cita mewujudkan Kedaulatan Pangan. @jokowi
Login and hide ads.