Sejarah dan Transformasi IPDN Sebagai Kampus Penggerak Revolusi Mental

Rektor IPDN Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS menjelaskan bagaimana sejarah dan transformasi IPDN dalam kaitannya dengan pendidikan karakter bangsa dan revolusi mental yang saat ini menjadi jargon utama pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.
ipdn Famous People revolusi MENTAL
0
KEUANGAN.CO @KeuanganNegara
keuangan.co/sejarah-dan-tr… Sejarah dan Transformasi IPDN Sebagai Kampus Penggerak Revolusi Mental
KEUANGAN.CO @KeuanganNegara
1. Rektor IPDN Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS menjelaskan bagaimana sejarah dan transformasi IPDN dalam kaitannya dengan pendidikan karakter bangsa dan revolusi mental yang saat ini menjadi jargon utama pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.
KEUANGAN.CO @KeuanganNegara
2. Berikut petikan wawancaranya: Bagaimana ceritanya sehingga IPDN didaulat sebagai kampus pelopor penggerak revolusi mental?
KEUANGAN.CO @KeuanganNegara
3. Awalnya dulu bernama Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN), sekarang Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah institusi yang didirikan oleh Presiden Soekarno pada 17 Maret 1956.
KEUANGAN.CO @KeuanganNegara
4. Presiden, saat itu, dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam mengisi kemerdekaan dibutuhkan Pamong Praja dalam menyelenggarakan kemerdekaan. Tahun 1957, Bung Karno mendeklarasikan pertama kali perlunya revolusi mental.
KEUANGAN.CO @KeuanganNegara
5. Jadi, revolusi mental itu lahir setelah APDN berdiri. Di mana Presiden menyatakan untuk memberikan pelayanan, sudah harus ada pelayan-pelayan masyarakat.
KEUANGAN.CO @KeuanganNegara
6. Nah, dari pelayan-pelayan masyarakat ini kemudian diisi oleh Pamong Praja. Jadi, Bung Karno memiliki komitmen tinggi untuk mengisi revolusi mental dari aparatur negaranya.
KEUANGAN.CO @KeuanganNegara
7. Kemudian, proses itu bergulir. Banyak otokritik pula bahwa sejak lama mental pelayan negara kita masih bergaya kolonial. Untuk itu, revolusi mental adalah momentum untuk mengingat kembali apa yang dikembangkan oleh Bung Karno.
KEUANGAN.CO @KeuanganNegara
8. Sebelum masuk IPDN, saya sudah mendirikan kampus Revolusi Mental Pembangunan Karakter Bangsa di Subang. Itu sebelum saya menjadi rektor. Dan pada saat itu saya menjadi Gubenur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas).

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.