0
Komunitas Faktabahasa @faktabahasa
Kata gaul "gua" dan "elu" berasal dari bahasa Cina dialek Hokkien 我 (góa) "aku" dan 汝 (lú) "kamu". Sekarang bayangkan, ada orang teriak-teriak, "gua pribumi, elu cina-cina balik aja ke cina sono!", apakah tidak terdengar lucu? :) #faktabahasa
アジズ @seorangziz
@faktabahasa Padahal sekarang adanya Tiongkok bukan Cina😏😂😜
Komunitas Faktabahasa @faktabahasa
@aziz21official Tiongkok atau Cina, sama saja. Onghokham, lebih menyukai sebutan "Cina" dalam buku-bukunya. Di UI, nama jurusannya Sastra Cina, bukan Sastra Tiongkok... :)
Cari Cemonk @rdnderi
@faktabahasa Emang ada yg ngomong gitu, ada bukti ? Imajinasi kamu aja kali min.
[unzip my pants] akira ur so fkn awful xoxo @yarrayora
@rdnderi @faktabahasa walau kamu ngga pernah denger, bukan berarti rasisme terhadap minoritas keturunan cina itu ngga ada
Bukan Siapa Siapa @frans_xiz
@faktabahasa @aziz21official Mandarin/cina = bahasa ibu, china = nama negara (d/h RRC atau RRT) Awal penyebutan negara tiongkok di ambil dari bahasa pendahulu dgn sebutan negara chungkwok.
玉•包• clouds above the hill @siera_myrs
@cempakaimas @faktabahasa Wo (我) itu bahasa resminya. Gua/Guo itu dari dialek/bahasa suku Hokkian. Ibaratnya, kalau di bahasa Indonesia adanya "Saya", di bahasa Sunda jadinya "Abdi/Aing" atau "Beta" di beberapa suku Indonesia Timur.
yudiwijayaa @yudiwijayaa
@cldiaxxx @cempakaimas @faktabahasa goa dan lu itu dialek hokkian.ada dialek Hakka,canton dan hokkian.di hongkong org pake dialek canton,di Taiwan pake dialek hokkian.dll.di luar jakarta aja kalo org hokkian ngomng goa dan lu udah biasa tuh.
玉•包• clouds above the hill @siera_myrs
@cempakaimas @yudiwijayaa @faktabahasa Yesss. Mereka emang diverse juga suku dan bahasanya seperti disini 😁
M. Fahmi Arsyad @MFArsyad
@cldiaxxx @cempakaimas @yudiwijayaa @faktabahasa dialek atau bahasa sih, beda ya, klw dialek itu bahasa nya sama tp cara ngomong nya aja beda... klw menurut ku tu berbeda bahasa, seperti sunda dan Jawa, kedua ini bukan beda dialek, tp emg beda bahasa, klw dialek tu mis. sunda dialek pandeglang, atau purwakarta. #CMIIW
M. Fahmi Arsyad @MFArsyad
@kulanku @frans_xiz @faktabahasa @aziz21official mxd ny mandarin hokkien dan kanton itu kan bahasa yg berbeda beda, seperti klw di Indonesia, bahasa melayu (asal bhs indonesia), jawa dan sunda itu bahasa berbeda2 meski di satu negara
Komunitas Faktabahasa @faktabahasa
@MFArsyad @cldiaxxx @cempakaimas @yudiwijayaa Akan tetapi, untuk kasus bahasa Cina agak berbeda. Ada ahli yg mengatakan itu hanya dialek2, ada juga yg mengatakan itu bahasa2 yg berbeda.
Bukan Siapa Siapa @frans_xiz
@MFArsyad @kulanku @faktabahasa @aziz21official Mandarin itu bahasa ibu/bahasa nasionalnya, bahasa lokal/masing2 daerah ad bnyk (ex: kanton, hokkien, khek, dll).
share tea cocoa @rocksalt_cheese
@yarrayora @rdnderi @faktabahasa Diskriminasi ras itu sangat nyata . nyakitin . Im the victim
share tea cocoa @rocksalt_cheese
@geztue @christyo90 @yarrayora @rdnderi @faktabahasa Awalnya baper sakit ati,bingung mau marah ato sedih.Trus lama2 terbiasa,tapi emg ga bisa dipungkiri perbedaan etnis/suku masih kontras dikalangan2 tertentu
Sɪɴʏᴏ @geztue
@mewmeel @christyo90 @yarrayora @rdnderi @faktabahasa bener sih, lama2 terbiasa dg seperti itu. Tp ttep aja agak gmn gtu, klo ada yg bilang

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.