Dijamin, Kamu Ga Bakal Ngomong Rasis Pake "gua pribumi elu cina-cina balik aja ke sono!" Jika Tahu @faktabahasa yang Kamu Ucapkan

Ngomong rasis pake bahasa ras yang dikatain, apa kata dunia?
0
Komunitas Faktabahasa @faktabahasa

Kata gaul "gua" dan "elu" berasal dari bahasa Cina dialek Hokkien 我 (góa) "aku" dan 汝 (lú) "kamu". Sekarang bayangkan, ada orang teriak-teriak, "gua pribumi, elu cina-cina balik aja ke cina sono!", apakah tidak terdengar lucu? :) #faktabahasa

22/01/2018 21:23:37 WIB
アジズ @seorangziz

@faktabahasa Padahal sekarang adanya Tiongkok bukan Cina😏😂😜

22/01/2018 22:08:02 WIB
Komunitas Faktabahasa @faktabahasa

@aziz21official Tiongkok atau Cina, sama saja. Onghokham, lebih menyukai sebutan "Cina" dalam buku-bukunya. Di UI, nama jurusannya Sastra Cina, bukan Sastra Tiongkok... :)

22/01/2018 22:11:59 WIB
cemonk pulang plis.... @rdnderi

@faktabahasa Emang ada yg ngomong gitu, ada bukti ? Imajinasi kamu aja kali min.

22/01/2018 22:33:32 WIB
king aquila was in love with a man @yarrayora

@rdnderi @faktabahasa walau kamu ngga pernah denger, bukan berarti rasisme terhadap minoritas keturunan cina itu ngga ada

22/01/2018 22:41:10 WIB
Bukan Siapa Siapa @frans_xiz

@faktabahasa @aziz21official Mandarin/cina = bahasa ibu, china = nama negara (d/h RRC atau RRT) Awal penyebutan negara tiongkok di ambil dari bahasa pendahulu dgn sebutan negara chungkwok.

22/01/2018 23:57:12 WIB
•hill's• uncle Iroh's daughter 🐣💐 @cokaycolaa

@cempakaimas @faktabahasa Wo (我) itu bahasa resminya. Gua/Guo itu dari dialek/bahasa suku Hokkian. Ibaratnya, kalau di bahasa Indonesia adanya "Saya", di bahasa Sunda jadinya "Abdi/Aing" atau "Beta" di beberapa suku Indonesia Timur.

23/01/2018 06:32:42 WIB
yudiwijayaa @yudiwijayaa

@cldiaxxx @cempakaimas @faktabahasa goa dan lu itu dialek hokkian.ada dialek Hakka,canton dan hokkian.di hongkong org pake dialek canton,di Taiwan pake dialek hokkian.dll.di luar jakarta aja kalo org hokkian ngomng goa dan lu udah biasa tuh.

23/01/2018 07:52:24 WIB
M. Fahmi Arsyad @MFArsyad

@cldiaxxx @cempakaimas @yudiwijayaa @faktabahasa dialek atau bahasa sih, beda ya, klw dialek itu bahasa nya sama tp cara ngomong nya aja beda... klw menurut ku tu berbeda bahasa, seperti sunda dan Jawa, kedua ini bukan beda dialek, tp emg beda bahasa, klw dialek tu mis. sunda dialek pandeglang, atau purwakarta. #CMIIW

23/01/2018 14:11:57 WIB
M. Fahmi Arsyad @MFArsyad

@kulanku @frans_xiz @faktabahasa @aziz21official mxd ny mandarin hokkien dan kanton itu kan bahasa yg berbeda beda, seperti klw di Indonesia, bahasa melayu (asal bhs indonesia), jawa dan sunda itu bahasa berbeda2 meski di satu negara

23/01/2018 14:19:57 WIB
Komunitas Faktabahasa @faktabahasa

@MFArsyad @cldiaxxx @cempakaimas @yudiwijayaa Akan tetapi, untuk kasus bahasa Cina agak berbeda. Ada ahli yg mengatakan itu hanya dialek2, ada juga yg mengatakan itu bahasa2 yg berbeda.

23/01/2018 14:30:49 WIB
Bukan Siapa Siapa @frans_xiz

@MFArsyad @kulanku @faktabahasa @aziz21official Mandarin itu bahasa ibu/bahasa nasionalnya, bahasa lokal/masing2 daerah ad bnyk (ex: kanton, hokkien, khek, dll).

23/01/2018 14:42:43 WIB
𝚊𝚖𝚎𝚕 @haymellia

@yarrayora @rdnderi @faktabahasa Diskriminasi ras itu sangat nyata . nyakitin . Im the victim

23/01/2018 09:01:25 WIB
𝚊𝚖𝚎𝚕 @haymellia

@geztue @christyo90 @yarrayora @rdnderi @faktabahasa Awalnya baper sakit ati,bingung mau marah ato sedih.Trus lama2 terbiasa,tapi emg ga bisa dipungkiri perbedaan etnis/suku masih kontras dikalangan2 tertentu

24/01/2018 09:02:34 WIB
Sɪɴʏᴏ @geztu

@mewmeel @christyo90 @yarrayora @rdnderi @faktabahasa bener sih, lama2 terbiasa dg seperti itu. Tp ttep aja agak gmn gtu, klo ada yg bilang

24/01/2018 09:07:00 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!