Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Membedah Hitungan Nishob Dan Haul Penarikan Zakat Dari Gaji PNS by Prof @mohmahfudmd dkk

Tarik zakat dari gaji PNS?
1
BERNAS @harianbernas

Zakat PNS, Mahfud MD: Sifatnya Sukarela Tak Perlu Ada Perpres bit.ly/2GXC8YL pic.twitter.com/F7bgBZw0AO

08/02/2018 16:00:00 WIB
Expand pic
Mahfud MD @mohmahfudmd

Niatnya Pak Menag mungkin baik. Utk berbuat baik kadang hrs setengah dipaksa, Tp zakat itu baru wajib jika sdh mencapai nishab & haul (tersimpan setahun). Bgmn kalau gaji PNS tak mencapai nishab & haul, msl, krn bayar hutang & keperluan lain? Pikir lg lah. viva.co.id/berita/nasiona…

06/02/2018 19:32:26 WIB
URL www.viva.co.id PNS Muslim Akan Dipotong Gajinya untuk Zakat – VIVA Mereka nantinya akan dipotong 2,5 persen, sesuai aturan zakat. – VIVA 7217
016 @MabadiurR

@mohmahfudmd Kalau gaji + tunjangan nya yg golongan 3A keatas kelihatan nya dah mencapai nishob deh prof

06/02/2018 19:36:15 WIB
Lamaddukelleng @omded_MU

@MabadiurR @mohmahfudmd belum tentu, tergantung kebutuhan/keperluan masing2

06/02/2018 19:40:30 WIB
016 @MabadiurR

@omded_MU @mohmahfudmd Kalau nishob dari p Misal gaji gol 3a, 3 jt an + tunjangan 3 jt an tiap bulan. . 1 thn 72 juta, sudah mencapai nishob yg sekitar <50 jt an

06/02/2018 19:49:01 WIB
016 @MabadiurR

@pramuliaa @mohmahfudmd Pernah dengar ini om, Zakat Profesi di Qiyas kan dari Zakat panen an, zakat bisa tiap gajian nishobnya 2,5 % dari pendapatan kotor. .?

06/02/2018 20:17:56 WIB
AisyahMa @AisyahMa

@MabadiurR @pramuliaa @mohmahfudmd Jika penghasilan setahun setara dengan sekitar 96,5 gram emas. Ada pendapat itu jumlah penghasilan kotor, namun ada juga pendapat itu penghasilan yg sdh dikurangi pengeluaran (yg wajar). Wallahu 'alam bi showab

07/02/2018 01:20:43 WIB
016 @MabadiurR

@AisyahMa @pramuliaa @mohmahfudmd Iya, setelah pengeluaran yg wajar, bagi yg punya tanggungan. .

07/02/2018 09:36:16 WIB
Kiy @miskiy28

@MabadiurR @pramuliaa @mohmahfudmd Pendapatan kotor? Bukannya (pendapatan-pengeluaran)×2,5% ya?

06/02/2018 22:11:16 WIB
016 @MabadiurR

@miskiy28 @pramuliaa @mohmahfudmd Utk yg tidak punya tanggungan.. Utk yg punya tanggungan setelah dipotong pengeluaran/kebutuhan yg pokok..

07/02/2018 10:27:23 WIB
Kiy @miskiy28

@MabadiurR @pramuliaa @mohmahfudmd Maksudnya tdk punya tanggungan apa? Belum berkeluarga? Kalo belum berkeluarga tp punya cicilan hutang misal kpr itu masuk punya tanggungan ga?

07/02/2018 12:04:32 WIB
016 @MabadiurR

@miskiy28 @pramuliaa @mohmahfudmd Iya, tanggungan termasuk keluarga, angsuran, hutang, dan hal2 yg wajib lain

07/02/2018 12:11:59 WIB
The Power Of Heart @DenkChalie

@MabadiurR @mohmahfudmd haul gmn ? Hitungannya sama dgn 83 gram emas dan tersimpa segahun, jdgaji kaliin 12 bln brp totalnya, klo sama 83gr.

06/02/2018 23:56:21 WIB
016 @MabadiurR

@DenkChalie @mohmahfudmd Kalau disini ya bro.. Utk gaji 3a + tpp= 5jt x 12= 60jt Nishob pake 85gr x 560= 49jt an.. Utk yg tdk pnya tnggungan nmpaknya udah mmenuhi

07/02/2018 09:50:19 WIB
The Power Of Heart @DenkChalie

@MabadiurR @mohmahfudmd meskifun demikian sy rutin keluarkan 100rb tuk mesjid dkt rmh, krn klo zakat ga dpt2 tuh, qiqiqi

07/02/2018 09:53:34 WIB
The Power Of Heart @DenkChalie

@MabadiurR @mohmahfudmd kadang malu jg ceh kita2 ini ummat islam, br mo ngebersihin harta az dah itung2an blm yg sedekahnya hahahah

07/02/2018 10:43:02 WIB
016 @MabadiurR

@DenkChalie @mohmahfudmd Tapi niatnya dah bagus mas.. Semoga kalau sudah terbiasa gak hanya cari amannya saja.. Hehe

07/02/2018 10:50:28 WIB
The Power Of Heart @DenkChalie

@MabadiurR @mohmahfudmd fadahal klo kita faham betul matematika Tuhan, itu hukum quantum.

07/02/2018 12:43:11 WIB
Budi Setiawan, SP @ibnusyukur79

@MabadiurR @mohmahfudmd Yg dihitung bukan pendapatan kotor tp pendapatan bersih yg jd saving dan telah satu tahun om. Kalo pendapatan numpang lewat ya walau totalnya setahun sampe nishab tdk wajib zakat.... Shadoqah lbh tepat dan itu tdk ada ketentuan takaran jumlahnya

06/02/2018 19:49:04 WIB
Agung Nurmajid @agungnurmajid

@ibnusyukur79 @MabadiurR @mohmahfudmd Di SMA diajarkan ini oleh guru agama saya. Menghitung zakat adalah sisa uang yang disimpan, bukan income kotor. Itu pun harus mencapai nishab (nilai setara 17 dinar atau 85 gram emas) dan haul (setahun). Jadi, indikatornya apakah seseorang wajib zakat yg tahu orang itu sendiri

07/02/2018 08:52:32 WIB
016 @MabadiurR

@agungnurmajid @ibnusyukur79 @mohmahfudmd Iya, sulit utk menyamaratakan, walaupun dlm ruang lingkup profesi yg sama..

07/02/2018 10:46:03 WIB
Agung Nurmajid @agungnurmajid

@MabadiurR @ibnusyukur79 @mohmahfudmd Nggih, Justru kalau benar2 minus seperti sebagian guru honorer, secara agama berhak menerima zakat.

07/02/2018 20:00:14 WIB
Load Remaining (47)

Comment

No comments yet. Write yours!